Mengantisipasi era pelaporan CBCR dengan segala potensi permasalahannya, KPP Wajib Pajak Besar Tiga (LTO III) melalui Forum Account Rrepresentatives (AR)  menyelenggarakan In House Training (IHT) e-CBCR pada hari Selasa, 24 April 2018. IHT ini bertempat di aula KPP LTO III yaitu di lantai 13 IHT ini diikuti oleh seluruh anggota Seksi Pengawasan dan Konsultasi serta segenap punggawa Seksi Pelayanan dan bertujuan agar para pegawai mendapatkan pemahaman terkini tentang tata cara pelaporan CBCR sehingga dapat melayani Wajib Pajak, terutama yang memiliki kewajiban pelaporan CBCR dengan baik. Dalam suasana yang santai tapi serius, Presiden Forum AR KPP LTO III, Supardi dalam sambutannya menekankan bahwa acara pelatihan mandiri semacam ini penting untuk terus meng-update informasi dan mengasah kemampuan dalam melayani dan menghadapi Wajib Pajak.

John R. Simamora, AR yang mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi pada IHT ini memberikan penegasan kepada peserta yang hadir bahwa dengan berfungsinya aplikasi menyangkut CBCR pada DJP Online, maka konsekuensinya baik penyampaian notifikasi maupun pelaporan CBCR  dilakukan secara online. Diulas kembali juga bahwa kewajiban pelaporan  CBCR hanya berlaku bagi wajib pajak berstatus Ultimate Parent Entity (UPE) yang memenuhi syarat-syarat tertentu.

Terdapat usulan yang menarik dari salah satu peserta pelatihan yang menyarankan agar untuk setiap bentuk pelaksanaan kewajiban wajib pajak secara online dibuatkan dummy yang bisa digunakan terutama oleh jajaran DJP untuk mempelajari aplikasi terkait secara praktis dan efektif. Usul yang sangat masuk akal. Tidak susah untuk membayangkan bahwa petugas pajak yang tidak memiliki akses terhadap aplikasi yang dipergunakan untuk melaporkan kewajiban Wajib Pajak secara online akan mengalami kesulitan bila harus memberikan panduan kepada Wajib Pajak.

Diskusi yang terjadi sepanjang acara pelatihan berlangsung dengan cair dan seru. Semua dalam rangka memberikan layanan yang terbaik bagi wajib pajak, khususnya dalam pelaporan terkait CBCR. Di penghujung acara, Bekti Lestari, Kepala Seksi Pelayanan KPP LTO III kembali memompa semangat seluruh peserta agar dapat melaksanakan hajatan penerimaan pelaporan SPT Tahunan kali ini dengan baik. Satu semboyan Bekti yang tertanam di peserta pelatihan: “Tak ada yang tak bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik”.