Dalam melaksanakan kegiatan tahunan yang diberikan oleh Kantor Pusat, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) mengadakan penganugerahan kantor pelayanan terbaik (KPT) di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar (Kamis, 22/10). Kegiatan ini hanya dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Bali, Pejabat Eselon 3 di Kanwil DJP Bali, para Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP), dan Kepala Seksi Pelayanan di lingkungan Kanwil DJP Bali.

Acara dibuka dengan penampilan tarian Sekar Jagat. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil DJP Bali.

“Sebagai institusi penyelenggara pelayanan publik, DJP dalam hal ini KPP memiliki tugas untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan administrasi perpajakan. Wajib pajak yaitu masyarakat selaku stakeholder, haruslah mendapatkan pelayanan yang optimal sebagaimana janji dan maklumat pelayanan yang telah disepakati Bersama,” ujar Goro

Pada tahun ini, lomba KPT diikuti oleh 7 KPP di lingkungan Kanwil DJP Bali antara lain KPP Pratama Denpasar Barat, KPP Pratama Singaraja, KPP Pratama Denpasar Timur, KPP Madya Denpasar, KPP Pratama Badung Selatan, KPP Pratama Badung Utara, KPP Pratama Gianyar.

Setelah sambutan Kepala Kanwil, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang, Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarkat (Kabid P2Humas).

“Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tingkat Kanwil DJP Bali Tahun 2020 dilaksanakan untuk menilai kesiapan, kemampuan, dan kinerja unit dalam menyelenggarakan fungsi pelayanan publiknya. Mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-515/PJ/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, ada beberapa kriteria yang dinilai dalam kegiatan, antara lain Penilaian Kinerja, Penilaian Inovasi dan Prestasi,” ujar Dhida sapaan akrab Kabid P2Humas.

Dhida menjelaskan bahwa ada beberapa komponen yang dinilai dalam aspek Penilaian Kinerja, antara lain Komponen Integritas, Komponen Pelayanan, dan Komponen Survei serta Komponen Integritas yang meliputi mananajemen perubahan, yaitu perubahan secara sistematis dan konsistensi Unit Kerja dalam pembangunan ZI (Zona Intergritas) menuju WBK (Wilayah Bebas Dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani) yang mendukung keberhasilan dalam peningkatan pelayanan publik.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman juara KPT Tahun 2020 tingkat Kanwil DJP Bali. Pada tahun ini KPT dimenangkan oleh KPP Pratama Singaraja, diikuti KPP Madya Denpasar sebagai peringkat 2, dan KPP Pratama Denpasar Barat di peringkat ketiga.

Goro menyerahkan langsung piala juara kepada para pemenang.

“Tahun lalu saya baru masuk KPP Singaraja mendapatkan juara 2, tahun ini, Alhamdulillah bisa mendapatkan peringkat 1. Terima kasih amanah juara yang diberikan kepada kami, semoga kami meneruskan ke tingkat nasional hingga menjadi KPT Tingkat Nasional,’’ ujar Andri Puspo Heriyanto selaku Kepala KPP Pratama Singaraja sekaligus menutup acara penganugerahan KPT Tingkat Kanwil DJP Bali.