Mukhammad Jirjiys Khabibie berhasil membawa logo yang dibuatnya terpilih sebagai pemenang dalam sayembara logo Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP) yang pengumumannya dilakukan di Jakarta (Jumat, 20/11). Setelah melalui tahapan seleksi, dewan juri menetapkan logo yang dibuat oleh perwakilan dari KPP Pratama Natar tersebut sebagai logo pemenang dalam sayembara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). 

Menurut Jirjiys, ketertarikannya dalam dunia desain dan editing mendorongnya untuk ikut serta dalam kegiatan ini. "Saya memang pada dasarnya tertarik dalam bidang desain dan editing, jadi saya sangat menikmati lomba ini," ujar Jirjiys.

Sayembara logo dan tagline Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP) diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka pelaksanaan proyek Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP). PSIAP merupakan pembaharauan sistem inti DJP melalui pengadaan sistem yang tersedia secara komersial. Untuk mendukung PSIAP,  dibutuhkan logo dan tagline yang melambangkan identitas organisasi agar mudah dikenal dan diingat oleh para pemangku kepentingan.

Sayembara dimulai pada tanggal 22 September 2020 dan diumumkan pemenangnya pada tanggal 20 November 2020. Sayembara ini dilaksanakan secara terbuka untuk seluruh pegawai DJP dan dengan  beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Adapun penilaiannya dilakukan oleh juri yang berasal dari internal maupun eksternal DJP. Desain logo ini dibuat dengan mempertimbangkan kesesuain antara logo dan tagline dengan visi Sistem Inti dan Administrasi Perpajakan (Core Tax Administration System).

Core Tax Administration System adalah sistem teknologi informasi yang menyediakan dukungan terpadu bagi pelaksanaan tugas DJP, termasuk automasi proses bisnis. Proyek PSIAP pada dasarnya merupakan upaya pemerintah dalam melakukan modernisasi sistem informasi DJP sebagai administrator perpajakan.