Menutup tahun 2024, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Pusat mencatatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 86,23 (Selasa, 31/12). Capaian ini diperoleh melalui survei terhadap wajib pajak yang telah menerima layanan perpajakan secara langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) maupun yang berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan. Hasil survei menunjukkan peningkatan kepuasan di tiga aspek utama, yaitu pelayanan, penyuluhan, dan kehumasan.

Kesesuaian dan kualitas layanan tatap muka, serta kemudahan akses melalui aplikasi online menjadi faktor utama dalam penilaian. Berdasarkan indikator yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Pelayanan tercatat sebesar 89,14. Selain itu, wajib pajak menilai efektivitas materi penyuluhan serta kemampuan petugas dalam memberikan pemahaman yang komprehensif sehingga menghasilkan Indeks Efektivitas Penyuluhan mencapai 85,68 yang mencerminkan keberhasilan Kanwil dalam menyosialisasikan kebijakan perpajakan.

Dalam hal penyampaian informasi melalui media luar ruang, aspek efektivitas komunikasi publik dan efektivitas saluran komunikasi dinilai oleh responden dan menghasilkan nilai sebesar 83,88. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi komunikasi publik yang diterapkan telah berjalan dengan baik.

"Keberhasilan ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik, dan meningkatkan edukasi agar pemahaman dan kesadaran akan pajak semakin meluas. Kami berharap wajib pajak dapat menjadikannya sebagai langkah nyata dalam mendukung pembangunan negara yang lebih baik dan berkelanjutan.” ujar Eddi Wahyudi, Kepala Kanwil DJP Jakarta Pusat.

Dengan capaian ini, Kanwil DJP Jakarta Pusat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan perpajakan yang berintegritas, profesional, dan berbasis kebutuhan masyarakat. Langkah-langkah strategis akan terus dilakukan guna memastikan bahwa setiap wajib pajak mendapatkan pelayanan yang optimal.

 

Pewarta: Nisrina Hanin
Kontributor Foto: Misbakhul Ulum
Editor: Fatah Yasin

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.