Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu memberikan pelayanan kepada wajib pajak tuna netra yang mengajukan permohonan pendaftaran NPWP Orang Pribadi. Wajib pajak tersebut bermohon di Loket Prioritas KPP Pratama Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Rabu, 27/8).
Sebagai kantor pelayanan publik penyedia sarana prasarana ramah kelompok rentan, KPP Pratama Palu sangat memperhatikan kepuasan wajib pajak yang akan mendapatkan layanan perpajakan. Salah satunya dengan menyediakan loket prioritas yang bertujuan memberikan kemudahan terhadap kelompok rentan. Loket ini diperuntukkan bagi wajib pajak khusus, seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, wanita hamil, anak-anak, korban bencana alam, dan korban bencana sosial.
“Wajib pajak prioritas tidak perlu mengantre untuk mendapatkan pelayanan di loket prioritas baik itu mengajukan permohonan maupun konsultasi perpajakan,” ujar Edi, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Palu.
Ridha, Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) khususnya loket prioritas dengan ramah menanyakan keperluan wajib pajak prioritas, Syaiful.
Syaiful menyampaikan keperluannya mengajukan permohonan pendaftaran NPWP untuk keperluan membuat rekening di bank. Kemudian Ridha memberikan penjelasan tata cara pendaftaran NPWP, mulai dari mempersiapkan berkas persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
Setelah menyerahkan berkas persyaratannya, Ridha memroses permohonan pendaftaran NPWP tersebut. “Bapak, untuk NPWP sudah selesai didaftarkan. Berikut kartu NPWP saya cetakkan dengan menggunakan huruf braille sehingga memudahkan Bapak untuk mencari Kartu NPWP tersebut di dalam dompet ataupun saku pakaian. NPWP dengan menggunakan huruf Braille (B-NPWP) sendiri merupakan inovasi dari KPP Pratama Palu,” jelas Ridha.
Setelah mendengarkan penjelasan dari petugas, Syaiful mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas pelayanan yang telah diberikan petugas.
“Saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan KPP Pratama Palu untuk wajib pajak prioritas seperti saya. B-NPWP keren dan sangat bermanfaat untuk saya. Petugasnya pun melayani saya dengan sabar dan ramah,” ujar Syaiful memberikan kesan setelah mendapat layanan.
Loket prioritas ini disediakan oleh KPP Pratama Palu sudah sejak lama dan merupakan bentuk pelayanan prima terhadap wajib pajak. Selain menyediakan loket khusus untuk wajib pajak prioritas dan disabilitas, KPP Pratama Palu juga menyediakan fasilitas ramah wajib pajak lainnya, seperti parkir khusus pengemudi wanita, lansia, dan ibu hamil, toilet khusus dengan pintu geser yang dilengkapi dengan handrail, jalur kursi roda, dan ruang laktasi khusus wajib pajak.
Edi berharap adanya loket prioritas ini dapat meningkatkan kualitas layanan kepada wajib pajak sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada wajib pajak yang berusaha taat memenuhi kewajiban perpajakan di balik keterbatasan yang dimiliki.
#PajakUntukIndonesiaMaju
#PajakTumbuhIndonesiaTangguh
| Pewarta: Ridha Arum Sholechah |
| Kontributor Foto: Dika Prasetyo |
| Editor: |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 3 kali dilihat
