Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Rengat melaksanakan kegiatan Pajak Bertutur 2021 secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting di Rengat, Indragiri Hulu dengan menggandeng 36 siswa dari SMAN 1 Rengat sebagai peserta (Rabu, 25/8).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengangkat tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara”. Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Rengat Tulus Hadi Utomo. Dalam sambutannya, Tulus menyampaikan kepada para peserta Pajak Bertutur agar menanamkan kesadaran pajak sejak dini. "Kepada para peserta, kami berharap nanti dapat memahami materi yang disampaikan dan menghayati dengan seksama arti pentingnya pajak serta dapat menanamkan semangat sadar pajak mulai dari sekarang," ucap Tulus.

Beliau juga berpesan bahwa sebagai seorang pelajar hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan untuk berkontribusi kepada negara adalah dengan cara belajar dengan tekun. "Sebagai siswa, tentu belum ada kewajiban membayar pajak. Namun, adik-adik dapat berkontribusi dengan cara belajar dengan tekun” pungkas Tulus.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari perwakilan sekolah yang menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan sehingga melibatkan mereka dalam kegiatan Pajak Bertutur ini.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang kesadaran pajak. Materi diberikan oleh Ichsan Hadisaputro dan Utari selaku Penyuluh Pajak dari KPP Pratama Rengat dengan diselingi berbagai games seperti lomba pantun, find the treasure, cerdas cermat dan tebak tokoh. Pada kesempatan yang sama mereka juga mengajak para peserta untuk belajar betapa pentingnya pajak dalam kehidupan sehari-hari. "Adik-adik, pajak ini ibarat darah dalam tubuh, tanpa pajak negara tidak bisa menjalankan fungsinya, karena sebagian besar penerimaan negara ditopang dari penerimaan pajak," ujar Ichsan.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang permainan yang akan mendapatkan hadiah serta sesi foto bersama secara viritual.