Acara puncak The 2nd Kartini HUMAS INDONESIA (KaHI) tahun 2024 berlangsung meriah di Graha Pos Indonesia, Bandung (Jumat, 30/8). Ajang ini merupakan bentuk penghargaan bagi para "Kartini" lintas generasi di berbagai sektor, termasuk badan publik, swasta, hingga Organisasi Non-Pemerintah (Non Governmental Organization/NGO).

Mengusung tema “Suara Kartini untuk Indonesia Masa Depan”, HUMAS INDONESIA, yang merupakan bagian dari PR INDONESIA Group, mengajak para perempuan untuk berani menyuarakan opini, aspirasi, dan kontribusi mereka dalam berbagai isu penting seperti diversity, equity, inclusion (DEI), environmental, social, governance (ESG), pendidikan, UKM, teknologi, keberlanjutan, dan kepemimpinan.

“KaHI tidak hanya menjadi ajang pengakuan atas prestasi, tetapi juga untuk membangkitkan semangat Kartini masa kini,” ujar pendiri sekaligus CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan dalam sambutannya.

Asmono menambahkan, “Melalui ajang ini, kami mengajak para perempuan untuk menunjukkan bahwa perjuangan mereka tidak hanya terbatas pada tugas kantor, tetapi juga dalam kontribusi aktif di masyarakat, sebagai bagian integral dari ekosistem sosial kita.”

Melalui KaHI, ia berharap semangat Kartini yang inovatif, kolaboratif, dan inspiratif dapat menjadi motor penggerak untuk kemajuan bangsa menuju Indonesia yang lebih adil, sejahtera, dan berkelanjutan.

Kompetisi KaHI 2024 terdiri atas kategori Gen X, Gen Milenial, dan Gen Z. Ajang yang berlangsung sejak tahun 2023 ini bisa diikuti praktisi PR perempuan dari sektor kementerian, lembaga, korporasi negara (BUMN, anak usaha BUMN, BUMD dan perusahaan daerah layanan), korporasi swasta, pemerintah daerah (pemerintah provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten), dan perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Tahun ini, setelah melalui proses seleksi ketat, terpilih 55 peserta perempuan dari 32 instansi yang lolos melaju ke babak final. Proses penjurian dilakukan secara hibrida selama dua hari, pada tanggal 24-25 April 2024. Lima juri berkompeten dihadirkan untuk menilai karya para peserta. Mereka adalah Asmono Wikan (CEO PR INDONESIA Group), Elvera N. Makki (Presiden IABC Indonesia), Dian Amintapratiwi Purwandini (Ketua Tim Strategi Komunikasi LMAN), Fardila Astari (Communications Strategist Reputasia Strategic Communications Consulting), dan Sari Soegondo (Ketua Umum APPRI).

Dari hasil penjurian, 35 peserta dinobatkan sebagai pemenang KaHI 2024, sementara 4 peserta lainnya terpilih sebagai Kartini Favorit versi Sobat HUMAS INDONESIA 2024. Dari 35 pemenang, empat diantaranya mewakili Direktorat Jenderal Pajak yang terpilih dalam kategori Kementerian. Empat diantara adalah:

  1. Dwi Astuti, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat – Kategori Gen X
  2. Dian Anggraeni, Fungsional Penyuluh Pajak – Kategori Gen X
  3. Rice Wandansari, Kepala Seksi Hubungan Internal – Kategori Gen X
  4. Rima Budiarti, Pelaksana Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan – Kategori Gen Milenial

 

Pewarta: Rima Budiarti
Kontributor Foto: Dokumentasi DJP dan PR Indonesia
Editor: Arif Miftahur Rozaq

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.