Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang jatuh pada tanggal 30 Oktober, KPP Pratama Magelang menggelar serangkaian kegiatan. Diawali dengan kegiatan donor darah oleh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non-ASN di Magelang (Kamis, 22/10). Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB diikuti 38 orang pegawai dilaksanakan di aula KPP Pratama Magelang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang.

Proses pengambilan darah dilakukan sesuai standar protokol kesehatan Covid-19 mengingat kegiatan ini dilaksanakan di tengah pandemi. Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) selaku pihak yang melakukan pengambilan darah, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) selama kegiatan berlangsung, serta bagi para pegawai menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum memasuki aula, tetap menggunakan masker, serta menjaga jarak dari pegawai lain.

Terdapat beberapa prasayarat kesehatan yang harus dipenuhi para pegawai sebelum dilakukan pengambilan darah. Sebelum dilakukan pengambilan darah, dilakukan beberapa pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan tersebut di antaranya berat badan, tekanan darah, hemoglobin serta riwayat perjalanan pegawai. Berat badan ideal untuk dapat melakukan donor darah tidak boleh kurang dari 45 kg. Tekanan darah dengan kondisi baik atau normal yaitu dengan sistole berkisar 110-160mmHg dan diastole 70-100mmHg. Untuk batasan hemogoblin yang diperbolehkan adalah tidak boleh melebihi 17 gr/dL%. Selain prasyarat kesehatan tersebut, bagi pegawai yang melakukan perjalanan maupun memiliki riwayat perjalanan ke luar kota tidak diperbolehkan mengikuti donor darah.

Dalam kegiatan donor darah ini, KPP Pratama Magelang berhasil mengumpulkan sebanyak 14 kantong untuk kemudian diserahkan kepada PMI. Dengan kegiatan donor darah di masa pandemi ini, diharapkan dapat memberikan informasi lebih luas kepada masyarakat bahwa donor darah selama pandemi Covid-19 aman dan tetap bisa dilakukan. Sebab PMI telah melakukan langkah preventif dengan mengeluarkan protokol kesehatan. Setetes darah dari kita adalah nyawa bagi sesama.