Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai menerima kunjungan dari salah satu wajib pajak perwakilan PT AMJ untuk meminta penjelasan kepada Petugas di Loket Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KP2KP Sinjai (Selasa, 8/10). Ia bermaksud untuk meminta penjelasan terkait kecurigaannya terhadap seseorang yang mengaku sebagai Account Representative (AR) melalui komunikasi telepon.

“Saya datang ke sini karena kemarin malam saya dihubungi melalui telepon oleh AR saya katanya saya punya tunggakan pajak yang harus ditransfer segera. Namun saya belum transfer karena curiga ini penipuan. Boleh saya minta tolong dicek apakah saya benar memiliki tunggakan pajak Pak?” ungkap JS perwakilan PT AMJ.

Dalam kunjungan ini, Kepala KP2KP, Sinjai Hendrawan memberikan penjelasan dan klarifikasi bahwa Pegawai Kantor Pajak seperti AR boleh saja menghubungi wajib pajaknya, namun tidak sampai meminta pelunasan pajak melalui transfer rekening. Oleh karena itu, ia sangat mengapresiasi kunjungan wajib pajak perwakilan PT AMJ tersebut dan tidak langsung percaya terhadap modus penipuan seperti itu. Dalam kesempatan itu pun salah satu petugas TPT, Bima mengecek data tunggakan dan pelaporan SPT atas nama PT AMJ dan Direktur PT AMJ di sistem administrasi DJP.

“Tidak terdapat tunggakan untuk kedua NPWP Bapak. SPT Masa dan Tahunan juga sudah rutin dan tepat waktu dilaporkan. Dengan demikian, sudah jelas bahwa seseorang yang mengaku AR kemarin itu adalah penipu yang mengatasnamakan DJP,” jelas Bima.

JS pun merasa aman setelah mendapatkan penjelasan dari kantor pajak. Ia beruntung masih merasa curiga dan ingin konfirmasi terlebih dahulu ke kantor pajak.

Kepala KP2KP Sinjai Hendrawan mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap segala bentuk modus penipuan. Ia menekankan bahwa pembayaran pajak hanya dilakukan melalui kantor pos atau bank dengan menggunakan 15 digit kode billing pajak.

Ia juga menginformasikan bahwa nomor Whatsapp (WA) layanan KP2KP Sinjai adalah 0812-2018-2008 dan email pajak resmi hanya menggunakan domain @pajak.go.id. Untuk informasi nomor WA AR juga bisa diminta melalui layanan WA tersebut. Setiap wajib pajak dapat berkonsultasi langsung dengan AR-nya.

“Apabila mendapatkan informasi yang mengatasnamakan DJP, silakan dikonfirmasi terlebih dahulu melalui layanan WA KP2KP Sinjai. Silakan juga untuk mengikuti media sosial instagram @pajaksinjai untuk mendapatkan update informasi terbaru perihal perpajakan,” tambah Hendrawan.

 

Pewarta: Hikmah Shabriani Jamaluddin
Kontributor Foto: Tim Dokumentasi KP2KP Sinjai
Editor: Sumin, Affan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.