Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melakukan agenda penyisiran lapangan kepada para nelayan yang sedang singgah di Pelabuhan Rakyat Cappa Ujung yang terletak di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai (Selasa, 28/9).

Tim KP2KP Sinjai yang ditugaskan dalam agenda penyisiran lapangan kali ini berjumlah dua orang yakni Ilham Aksar dan Firmansyah Surya. Ketika melaksanakan tugasnya, dua pegawai tersebut selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah yakni dengan rutin mencuci tangan memakai sabun, menggunakan masker ganda, menjaga jarak, dan memeriksa suhu tubuh.

Lewat agenda penyisiran lapangan ini, tim KP2KP Sinjai berharap dapat meningkatkan basis data perpajakan sekaligus memberikan edukasi kepada para nelayan tentang kewajiban perpajakan. Hal ini dilakukan karena para nelayan hidup berpindah-pindah tempat sehingga tim KP2KP Sinjai harus mendatangi mereka secara langsung untuk dapat memberikan edukasi perpajakan.

Tim KP2KP Sinjai mengajak nelayan yang belum memiliki NPWP supaya segera mendaftar NPWP secara daring melalui situs https://ereg.pajak.go.id/ menggunakan e-mail masing-masing. Sedangkan bagi nelayan yang telah memiliki NPWP, tim KP2KP Sinjai mengajak supaya lebih disiplin memenuhi kewajiban pelaporan SPT Tahunan dan penyetoran PPh Final untuk UMKM setiap bulan sebesar setengah persen dari peredaran bruto sesuai dengan PP 23 Tahun 2018.

Sul Ikram salah satu nelayan yang sudah memiliki NPWP menyampaikan apresiasi atas pemberian edukasi oleh tim KP2KP Sinjai. “Kepada bapak-bapak Kantor Pajak Sinjai, saya menyampaikan terima kasih banyak karena sudah datang langsung ke pelabuhan dimana saya singgah. Dengan didatangi seperti ini saya mulai terpikir untuk rajin bayar dan lapor pajak. Ya, meskipun saya lahir dan tumbuh besar di Sinjai tetapi karena tuntutan profesi jadi hidup saya berpindah-pindah setiap tiga atau empat bulan. Kadang tinggal di Sinjai, Surabaya, Lombok, bahkan Kupang sehingga saya harus sering diingatkan agar tidak lupa dengan kewajiban saya sebagai seorang wajib pajak,” tuturnya.

“Terima kasih juga karena sudah memberikan brosur yang berisi nomor WA Billing Center dan nama akun sosial media milik Kantor Pajak Sinjai, saluran komunikasi ini akan saya manfaatkan untuk berkonsultasi dengan pegawai pajak dan membuat kode billing PPh Final,” lanjut Sul.

Salah satu anggota tim KP2KP Sinjai Firmansyah Surya menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar edukasi perpajakan dapat diterima semua lapisan masyarakat. “Pihak KP2KP Sinjai ingin agar edukasi perpajakan ini dapat diterima semua lapisan masyarakat Kabupaten Sinjai tak terkecuali para usahawan yang bergerak di bidang perikanan dan kelautan. Dalam penyisiran lapangan kali ini, kami menemui satu per satu para nelayan agar lebih nyaman dalam memberikan edukasi perpajakan dan tentu saja ada timbal balik informasi yang mereka berikan,” jelasnya.

“Kami berharap kegiatan ini berdampak nyata pada peningkatan kepatuhan pajak sehingga nantinya berimbas positif pada penerimaan pajak terutama penerimaan yang berasal dari usahawan. Apalagi Kabupaten Sinjai ini sudah terkenal dengan industri perikanan dan kelautannya. Dua sektor ini telah menjadi penggerak perekonomian Kabupaten Sinjai sehingga setiap rupiah yang berputar pada dua sektor ini ada pajak yang harus disetor sebagai wujud kontribusi kepada Indonesia,” imbuh Firmansyah.