Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Marisa memenuhi undangan dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo (Rabu, 26/6).

Undangan ini berisi mengenai kesediaan kantor pajak untuk dapat menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Akuntansi Koperasi yang bertempat di Hotel Irene, Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30 WITA dan diikuti oleh lebih dari tiga puluh perwakilan dari berbagai koperasi yang berada di Kabuparen Pohuwato.

Rohmatika Arfiyana sebagai narasumber menjelaskan mengenai aspek-aspek perpajakan yang berkaitan dengan koperasi, mulai dari pembuatan NPWP, objek-objek yang dikenakan pajak, sampai dengan kewajiban pembayaran, penyetoran, dan pelaporan pajak. Setelah selesai memberikan materi, Rohmatika mempersilakan kepada para audien agar dapat menyampaikan beberapa pertanyaan.

Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh audien, salah satunya adalah mengenai pelaporan SPT Badan Koperasi.

“Jika koperasi tidak berjalan atau misalnya tidak ada uang masuk bagaimana itu, kan tidak ada uangnya, apa yang bisa dilaporkan?” tanya salah satu audien.

Tentu saja hal tersebut sangat wajar dikhawatirkan oleh para pengurus koperasi yang masih belum mengerti mengenai kewajibannya.

“Apabila koperasi tidak berjalan atau tidak memiliki uang masuk, berarti kan tidak ada dasar pengenaan pajaknya, otomatis tidak ada yang perlu dibayarkan. Namun, untuk pelaporan silakan tetap dilakukan ya, sekalian dengan laporan keuangannya.” jawab Rohmatika. Rohmatika menambahkan bahwa hal ini dilakukan agar koperasi tidak dikenai sanksi.

Selepas acara, Rohmatika berpendapat pemberian materi perpajakan kepada para perwakilan dari pengurus koperasi ini tentu saja sangat diperlukan agar para pengurus koperasi juga paham mengenai kewajiban perpajakan yang melekat pada koperasi, agar nantinya tidak terdapat sanksi-sanksi perpajakan yang timbul akibat ketidaktahuan para pengurus.

 

Pewarta: Fista Aulia
Kontributor Foto: Fista Aulia
Editor: Syafa'at Sidiq Ramadhan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.