
KPP Pratama Tegal bekerja sama dengan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Tegal menyelenggarakan Business Development Services (BDS) dengan mengambil tema “Belajar Bareng: Jago Jualan di Instagram Omzet Jutaan dan Memanfaatkan Insentif Pajak untuk UMKM di Masa Pandemi”. Berbeda dengan BDS sebelumnya, kali ini BDS diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom yang dilangsungkan di KPP Pratama Tegal (Kamis, 25/6).
Bertindak sebagai moderator acara BDS, Murtiningsih yang merupakan Ketua RKB Tegal membuka acara dengan menayangkan video arahan Dirjen Pajak terkait Penguatan Integritas. "Kegiatan BDS ini bermaksud untuk membantu UMKM dengan memberikan trik dan sharing ilmu yang nantinya akan diuraikan oleh narasumber yang sudah berpengalaman dalam melihat peluang-peluang yang mungkin bisa dilakukan agar usaha Bapak Ibu bisa survive dalam menghadapi wabah Covid-19 ini," ujar Taryani Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Tegal dalam sambutannya.
Sebanyak 33 peserta UMKM Tegal dan Brebes antusias menyimak paparan materi yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Darus Tri Setiadi Account Representative KPP Pratama Tegal. Pada kesempatan ini Darus menyampaikan paparan terkait fasilitas insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada wajib pajak terdampaik Covid-19 khususnya UMKM.
"Dengan suasana pandemi corona ini, diperlukan penyelamatan serta stimulus yang menyentuh sektor-sektor yang paling terdampak. Hal inilah yang melatarbelakangi pemerintah dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan insentif baik wajib pajak yang besar atau UMKM yang terdampak adanya pandemi ini. Insentif pajak untuk UMKM ini berupa PPh final ditanggung Pemerintah yang diberikan sejak Masa Pajak April 2020 sampai dengan Masa Pajak September 2020," ujar Darus dalam materi pertama.
Seusai paparan mengenai insentif pajak untuk UMKM, acara dilanjutkan dengan materi kedua yakni "Jago Jualan di Instagram Omzet Jutaan" yang disampaikan oleh Zaenal Nurohman yang merupakan Founder CreActiva Cipta. Ia merupakan pelaku UMKM yang telah sukses dalam memasarkan produknya melalui platform digital Instagram. Zaenal menyampaikan bahwa platform sosial media pada hakikatnya adalah alat, cara dan sarana untuk marketing, atau yang sering kita dengar dengan digital marketing.
Saat ini ada empat platform terbesar di Indonesia, yakni Youtube, Whatsapp, Facebook dan Instagram. Pengguna Instagram sudah mencapai satu miliar se-Dunia, 500 juta lebih penggunanya aktif melalui IG stories. Di Indonesia sendiri pengguna Instagram sampai dengan April 2020 mencapai lebih dari 65 juta pengguna. Hal ini yang mendasari bahwa pemasaran melalui Instagram sangatlah berdampak besar terhadap keberlangsungan usaha terutama ditengah masa pandemi saat ini.
Di akhir webinar diadakan sesi tanya jawab dari peserta kepada narasumber. KPP Pratama Tegal berharap atas kerja sama dengan Rumah Kreatif BUMN Tegal dalam acara BDS ini, kerja sama antarkedua belah pihak dapat berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya serta dengan ide-ide acara yang lain yang bisa membantu pihak RKB dan para pelaku UMKM untuk terus maju dan lebih berkembang nantinya.
- 116 kali dilihat