KPP Karawang Utara menerapkan sistem antrean daring untuk menghindari terjadinya kerumunan saat pemberian pelayanan perpajakan secara tatap muka di Tempat Pelayanan Terpadu. Antrean yang dapat diakses melalui pranala linktr.ee/pajakkarawangutara ini diresmikan di KPP Karawang Utara (Kamis, 25/6).

Pemesanan antrean daring ini sangat mudah dan dapat diakses diseluruh smartphone. Setelah membuka pranala tersebut pilih menu Pemesanan Nomor Antrean Tatap Muka atau TPT, kemudian pilih layanan perpajakan yang diinginkan, langkah berikutnya memilih tanggal dan waktu kedatangan untuk mendapatkan pelayanan tatap muka, sebelum mendapatkan antrean daring wajib pajak harus mengisi data diri terlebih dahulu. Wajib pajak cukup memperlihatkan bukti pemesanan antrean daring pada petugas saat memasuki ruangan Tempat Pelayanan Terpadu (TPT), kemudian wajib pajak akan dipanggil sesuai dengan urutan antrean online yang telah didapatkan.

“Kami berusaha mencegah kerumunan dengan memecah kedatangan wajib pajak agar tidak datang dalam satu waktu yang bersamaan,” tutur Herry Kepala Seksi Pelayanan KPP Karawang Utara. Untuk wajib pajak yang datang dibatasi sebanyak 144 wajib pajak, setiap loket TPT dan Helpdesk sebanyak 48 wajib pajak per hari, skenario ini dilakukan untuk menerapkan physical distancing sekaligus memberikan kenyamanan untuk wajib pajak.

Herry juga menyampaikan agar wajib pajak dapat memaksimalkan pelayanan perpajakan secara daring terlebih dahulu karena tidak semua pelayanan pajak dapat dilakukan secara tatap muka, ada lima pelayanan yang dikecualikan yaitu pendaftaran NPWP, pelaporan SPT Tahunan dan SPT Masa yang sudah wajib e-Filing, surat keterangan fiskal (SKF), validasi SSP PPhTB, aktivasi dan lupa EFIN. Untuk layanan yang dikecualikan tersebut dilakukan secara daring.

Dengan adanya antrean daring ini juga memberikan kenyamanan dan kecepatan pelayanan pada wajib pajak, wajib pajak tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan. Deden wajib pajak yang mengajukan surat keterangan bebas (SKB) menceritakan pengalamannya yang telah memesan antrean daring satu hari sebelumnya. "Alhamdullilah lebih praktis saya datang dan tidak lama langsung dipanggil, jadi lebih cepet pake antrean online ini,” ujar Deden.