Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu meluncurkan layanan contact center via whatsapp messenger untuk melayani wajib pajak (Kamis, 6/9. Peluncurkan layanan contact center ini bertujuan untuk membantu para wajib pajak yang mengalami kesulitan dalam pembayaran pajak. Selain itu layanan contact center juga bertujuan melayani tindak lanjut permohonan perpajakan dan konsultasi persyaratan pengajuan permohonan perpajakan. Nomor 0877-8938-8445 dipilih sebagai saluran khusus karena telah disosialisasikan kepada wajib pajak. Layanan ini diberikan selama hari kerja mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Fakta di lapangan membuktikan bahwa banyak banyak wajib pajak di KPP Pratama Bengkulu yang mengaku mengalami kesulitan pada saat akan melakukan pembayaran pajak sejak berlakunya pembayaran pajak menggunakan e-billing  atau secara online. Tidak semua wajib pajak di KPP Pratama Bengkulu tanggap teknologi, hal ini dapat dimaklumi karena peta wilayah kerja yang luas dan mayoritas pedesaan serta tingkat pengetahuan yang belum maksimal seperti di kota besar lainnya.

Selain itu, ada beberapa wajib pajak yang mengeluhkan jarak rumah mereka yang jauh dengan lokasi KPP Pratama Bengkulu, serta kebiasaan mereka untuk membayar pajak di Kantor Pos terdekat sangat perlu ditandaklanjuti. Kemudian, ditambah lagi dengan persoalan sebagian wajib pajak dengan usia yang berumur menjadi kendala untuk melakukan pembayaran pajak secara mandiri merupakan kendala yang harus dicari solusinya. Hal inilah yang menjadi dasar diluncurkannya nomor khusus layanan contact center agar para wajib pajak dengan mudah melakukan konsultasi persyaratan permohonan perpajakan dan mendapatkan kode pembayaran pajak. Untuk mendapatkan kode pembayaran pajak, wajib pajak dapat mengirimkan sms/whatsapp untuk mendapatkan kode pembayaran pajaknya dengan mencantumkan NPWP, jenis pajak, masa pajak, tahun, dan nominal. Apabila wajib pajak belum mengetahui jenis pajak, dapat menanyakan terlebih dahulu ke nomor tersebut. Nomor tersebut bersifat interaktif meskipun dibatasi untuk pelayanan pembuatan id_billing.

Layanan contact center ini dikhususkan hanya kepada wajib pajak yang terdaftar di wilayah KPP Pratama Bengkulu dan diberikan pada hari Senin-Jumat pukul 08.00 - 17.00 sesuai dengan jam kerja. Pengiriman nomor kode pembayaran dilakukan secepat mungkin dengan batas waktu 24 jam sejak permohonan diterima. Setelah mendapat kode pembayaran, wajib pajak dapat melakukan pembayaran di Kantor Pos, Bank, atau menggunakan layanan SMS dan internet banking. Dengan diluncurkannya layanan ini, KPP Pratama Bengkulu berharap para wajib pajak dapat lebih nyaman dan lebih mudah dalam melakukan pembayaran pajak, sehingga penerimaan pajak dan tingkat kepatuhan wajib pajak dapat meningkat.