Dalam rangka memperingati Hari Pajak 14 Juli 2020, Direktorat Jenderal Pajak mengadakan Lomba Hari Pajak 2020 yang diperuntukkan bagi umum. Lomba yang diselenggarakan meliputi Lomba Penulisan Artikel dan Lomba Poster. Syarat dan ketentuan lomba adalah sebagai berikut:

 


Lomba Penulisan Artikel Hari Pajak

 

Lomba Penulisan Artikel Pajak (LPAHP) 2020 mengambil tema:

“PAJAK: GOTONG ROYONG UNTUK INDONESIA”

 

Kriteria Peserta:

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia tidak kurang dari 18 tahun.
  2. Peserta harus memiliki kartu identitas resmi yang masih berlaku. 

 

Persyaratan:

  1. Artikel adalah karya tulis berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris;
  2. Artikel harus orisinal bukan terjemahan,saduran, atau rangkuman;
  3. Artikel telah dipublikasikan di media massa cetak atau online antara 1 April 2020 s.d. 30 Juni 2020;
  4. Artikel belum pernah diikutsertakan pada lomba sejenis yang diselenggarakan Kementerian Keuangan maupun pihak lain.
  5. Artikel bersifat positif dan informatif, tidak bermuatan SARA, dan/atau politik, serta mengacu pada tema yang telah ditentukan.
  6. Peserta mengatasnamakan pribadi, bukan kelompok, tim, atau organisasi;
  7. Peserta hanya dapat mengirimkan 1 (satu) artikel yang dilombakan;
  8. Peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui situs www.pajak.go.id;
  9. Batas akhir pendaftaran dan pengunggahan artikel adalah 9 Juli 2020;
  10. Melampirkan hasil pindai/ foto kartu identitas (KTP/SIM) yang masih berlaku;
  11. Melampirkan hasil pindai/ foto bukti pemuatan artikel di media massa;
  12. Mengisi formulir pendaftaran dan pernyataan yang telah disediakan panitia;
  13. Lomba tidak berlaku bagi pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan;
  14. Tidak ada korespondensi dengan panitia selama masa pendaftaran dan penilaian;
  15. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

 

Ketentuan Khusus:

  1. Artikel berbentuk opini dengan format Microsoft Word;
  2. Ukuran masing-masing file hasil pindai/ foto kartu identitas dan bukti pemuatan artikel tidak melebihi 1 MB;
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi keikutsertaan peserta dan/atau membatalkan peserta yang terpilih sebagai pemenang apabila diketahui memberikan data yang keliru dan/atau tidak benar.

 

Hadiah:

Juara I  - Rp14.000.000,00
Juara II - Rp10.000.000,00
Juara III - Rp8.000.000,00
Juara IV - Rp5.000.000,00
Juara V - Rp3.000.000,00

 

Pengiriman Artikel:

  1. Peserta mengisi formulir elektronik pada situs www.pajak.go.id dan mengunggah file artikel berserta dokumen yang dipersyaratkan,
  2. Artikel dengan format Microsoft Word (softcopy) diunggah di situs www.pajak.go.id, dengan menyertakan keterangan tanggal pemuatan dan nama media massa;
  3. Dokumen yang diunggah adalah:
    1. Bukti pemuatan berupa hasil pindai/ foto artikel opini di media massa;
    2. Hasil pindai/ foto KTP/SIM yang masih berlaku;

 

Informasi Lain:

  1. Periode Lomba :
    1. Pengumuman Nominasi Pemenang: 11 Juli 2020;
    2. Pengumuman Pemenang: 14 Juli 2020.
  2. Kontak Panitia :
    1. Telepon : 021.5250208 ext 51633 (hari kerja – Senin sd Jumat | jam kerja 08.00 WIB sd 17.00 WIB)
    2. e-mail : humas@pajak.go.id
  3. Jadwal pengumuman di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diberitahukan kemudian

 



Pendaftaran telah ditutup. Terima kasih kepada seluruh Kawan Pajak yang telah berpartisipasi.

 

 
 

Lomba Poster Hari Pajak

 

Tema-tema yang diusung dalam Lomba Poster Hari Pajak 2020 (pilih salah satu):

  • Gotong Royong Wajib Pajak untuk Pemulihan Ekonomi Nasional
  • Manfaat Pajak untuk Indonesia Maju
  • Fasilitas Pajak dalam Masa Pandemi

 

Kriteria Peserta:

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta harus memiliki kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar). 
  3. Pegawai dan keluarga pegawai Kementerian Keuangan tidak diperkenankan mengikuti lomba ini

 

Persyaratan:

  • Peserta harus membuat desain poster dengan salah satu tema sebagaimana disebutkan di atas.
  • Seorang peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya untuk diikutkan dalam lomba.
  • Karya poster harus orisinal dan belum pernah diikutkan pada lomba sejenis.
  • Karya poster bersifat positif dan informatif, tidak bermuatan SARA, dan/atau politik, serta mengacu pada tema yang telah ditentukan.
  • Peserta wajib menyertakan identitas berupa scan KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar
  • Peserta wajib posting karyanya ke instagram, tulis caption menarik, dan berikan hastag #LombaPosterHariPajak2020 dan #PajakKitaUntukKita dan mention @ditjenpajakri
  • Peserta wajib follow akun instagram resmi @ditjenpajakri
  • Akun instagram peserta tidak dalam keadaan private selama pelaksanaan lomba
  • DJP berhak menggunakan seluruh karya untuk ditampilkan pada media sosial DJP dengan mencantumkan kredit nama atau akun media sosial pembuat karya
  • Poster dikirim melalui www.pajak.go.id
  • Batas akhir pengiriman poster adalah tanggal : 9 Juli 2020
  • Keputusan panita dan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Ketentuan Khusus:

  1. Poster dikirim dalam format JPG dengan ukuran A3 portrait, resolusi 300 DPI, dan ukuran file tidak melebihi 5 MB;
  2. Ukuran file hasil pindai/ foto kartu identitas tidak melebihi 1 MB;
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi keikutsertaan peserta dan/atau membatalkan peserta yang terpilih sebagai pemenang apabila diketahui memberikan data yang keliru dan/atau tidak benar.

 

Hadiah:

Juara I  - Rp10.000.000,00
Juara II - Rp7.000.000,00
Juara III - Rp4.500.000,00

Hadiah hiburan masing-masing Rp500.000,00 untuk 7 nominasi

 

Pengiriman Karya:

  1. Peserta mengisi formulir elektronik pada situs www.pajak.go.id dan mengunggah karya berserta dokumen tambahan, 
  2. Karya dengan format JPG diunggah di situs www.pajak.go.id, dan
  3. Dokumen tambahan yang diunggah adalah hasil pindai/ foto KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar yang masih berlaku.

 

Informasi Lain:

  1. Periode Lomba :
    1. Nominasi pemenang tidak diumumkan;
    2. Pengumuman Pemenang: 14 Juli 2020.
  2. Kontak Panitia :
    1. Telepon : 021.5250208 ext 51633 (hari kerja – Senin sd Jumat | jam kerja 08.00 WIB sd 17.00 WIB)
    2. e-mail : humas@pajak.go.id
  3. Jadwal pengumuman di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diberitahukan kemudian

 



Pendaftaran telah ditutup. Terima kasih kepada seluruh Kawan Pajak yang telah berpartisipasi.