
Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pinrang memberikan asistensi kepada wajib pajak yang baru pertama kali mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online di Tempat Pelayanan Terpadu KP2KP Pinrang (Selasa, 27/12). Demi mengenalkan layanan publik berbasis digital, calon wajib pajak yang hadir dengan keperluan mendaftar NPWP akan diberikan asistensi melalui gawai pribadi wajib pajak.
Memasuki era digitalisasi pelayanan publik, KP2KP Pinrang terus mengampanyekan kemudahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat apabila memanfaatkan layanan publik berbasis digital. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membuka akses pendaftaran secara daring sehingga masyarakat dapat mendaftarkan diri menjadi wajib pajak dimana saja dan kapan saja.
Akhmad Reiza Herbowo selaku kepala KP2KP Pinrang menjelaskan bahwa masih terdapat masyarakat khususnya di Kabupaten Pinrang yang belum mengerti betul bahwa pendaftaran NPWP dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor pajak. Menurutnya, hal tersebut masih menjadi tantangan bagi KP2KP Pinrang untuk terus mengampanyekan digitalisasi layanan perpajakan agar masyarakat merasa dimudahkan.
“Meskipun mendaftar NPWP dapat secara daring, bagi wajib pajak yang datang ke kantor akan tetap diberikan asistensi pendaftaran. Untuk mengenalkan layanan online, petugas akan memberikan asistensi pendaftaran melalui gawai pribadi calon wajib pajak itu sendiri. Dengan begitu, wajib pajak akan merasakan langsung kemudahan yang dirasakan apabila memanfaatkan digitalisasi dari layanan publik,” jelas Reiza.
Masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi wajib pajak akan diarahkan ke loket khusus pendaftaran NPWP. Rahma, salah satu petugas pendaftaran NPWP, mengaku sering menerima tanggapan positif dari wajib pajak. “Banyak masyarakat yang menilai pendaftaran NPWP mudah dan cepat, hanya butuh waktu tidak lebih dari 10 menit,” ungkap Rahma, petugas khusus pendaftaran NPWP Online.
KP2KP Pinrang terus berkomitmen untuk mendukung digitalisasi layanan sehingga mewujudkan layanan publik yang cepat, mudah, dan dapat dijangkau oleh banyak masyarakat. KP2KP Pinrang berharap kedepannya layanan perpajakan dapat dengan mudah dijangkau dimanapun dan kapanpun.
Pewarta: Eka Adhikara Rahim |
Kontributor Foto: Aisyah Puteri AD |
Editor: Letna Helma Lantika Wisda |
- 24 views