Kanwil DJP Jakarta Pusat mengadakan Forum Pelayanan dengan tema “Menjemput Harapan yang Gemilang di Tahun 2023 melalui Pelayanan Prima yang Berempati” di Ciawi, Bogor (Selasa, 29/11).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Seksi Pelayanan, Fungsional Penyuluh, Pelaksana Pelayanan di Lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat. Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi, Erri Nurdwianto, membuka acara sekaligus memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Erri mengatakan bahwa Forum Pelayanan merupakan momen berkumpul untuk menambah wawasan tentang pelayanan yang berempati dan bertukar informasi pelayanan, penyuluhan, dan kehumasan antar unit kerja di Lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat.

Kegiatan ini juga mengundang narasumber pihak eksternal yaitu Bapak Anas, beliau merupakan Owner Bambukeun.cafe & Co-founder Retali Travel Umroh. Beliau juga sudah melalang buana di bidang usaha pelayanan mulai dari perhotelan hingga travel umroh. Dalam paparannya, Anas mengatakan Bahwasannya kedudukan pelayanan yang berempati berada selevel di atas pelayanan yang prima. Ada 7 (tujuh) poin yang membentuk pelayanan yang prima, meliputi sikap (attitude), kemampuan (ability), perhatian (attention), tindakan (action), tanggung jawab (accountability), penampilan (appearance), dan simpati (sympathy) yang semuanya mengarah ke empati.

Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi diskusi dan praktik, peserta forum pelayanan sangat antusias menanyakan hal-hal terkait pelayanan seperti bagaimana tips menghadapi Wajib Pajak hingga bagaimana menyikapi fenomena petugas pelayanan yang tidak dihargai.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penghargaan dari Kanwil kepada KPP dengan kategori sebagai berikut:

1. KPP dengan realisasi kepatuhan penyampaian SPT Tahunan yang melampaui target

  • KPP Pratama Jakarta Menteng Tiga
  • KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua
  • KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Dua
  • KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Tiga

2. KPP dengan sarana prasarana TPT yang terlengkap

  • KPP Pratama Jakarta Menteng Satu
  • KPP Pratama Jakarta Kemayoran
  • KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Satu

3. KPP dengan capaian IKU penyuluhan yang sudah maksimal

  • KPP Pratama Jakarta Senen
  • KPP Pratama Jakarta Cempaka Putih
  • KPP Pratama Jakarta Gambir Satu
  • KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Satu
  • KPP Pratama Jakarta Gambir Dua

4. KPP dengan capaian IKU indeks kepuasan pelayanan dan efektivitas penyuluhan tertinggi

  • KPP Pratama Jakarta Senen
  • KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Satu
  • KPP Pratama Jakarta Menteng Dua

5. KPP dengan kontribusi konten portaldjp terbanyak

  • KPP Pratama Jakarta Menteng Dua
  • KPP Pratama Jakarta Kemayoran
  • KPP Pratama Jakarta Menteng Satu
  • KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua

Kegiatan Forum Pelayanan ditutup dengan foto bersama dan pesan yang disampaikan oleh Agustinus Dicky Haryadi selaku Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jakarta Pusat, beliau berpesan untuk selalu bahagia dalam menjalankan tugas.

Dengan adanya kegiatan forum pelayanan diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat.

 

Pewarta: Gede Bagus Surya Layang Kontributor Foto: Misbakhul Ulum Editor: Misbakhul Ulum