“Alhamdulillah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I meraih nilai survei kepuasan pengguna layanan sebesar 4,54 (dari skala 5) atau jika dikonversikan ke persentase menjadi 90,71% dengan predikat sangat baik; dan kepuasan penyuluhan sebesar 4,63 (dari skala 5) atau jika dikonversikan ke persentase menjadi 92,61% dengan predikat sangat baik,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jawa Barat I  Abdul Ghofir di ruang kerjanya Jalan Asia Afrika Nomor 114 Bandung, (Kamis, 28/4).

Kanwil DJP Jawa Barat I telah melaksanakan survei selama periode Triwulan I tahun 2022, jumlah responden untuk kepuasan pengguna layanan sebanyak 31 orang dan 256 responden mengikuti survei kepuasan penyuluhan.

“Survei tersebut dilaksanakan setiap tiga bulan untuk mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan oleh Kanwil DJP Jawa Barat I,” jelas Abdul Ghofir. Ia pun menyebutkan ada sekitar 33 jenis layanan yang diberikan Kanwil DJP Jawa Barat I kepada para wajib pajak mulai dari layanan administrasi perpajakan, pemeriksaan,  keberatan, hingga penagihan pajak.

“Seluruh pelayanan tersebut dituangkan dalam Standar Pelayanan Kanwil DJP Jawa Barat I sebagai wujud pelayanan prima yang menjadi acuan, pedoman, dan panduan dalam melaksanakan pelayanan kepada wajib pajak dan seluruh pemangku kepentingan,” tutur Abdul Ghofir.

Selain itu, Abdul Ghofir juga menyampaikan bahwa  Kanwil DJP Jawa Barat I menetapkan Maklumat Pelayanan sebagai pedoman dan motivasi seluruh pegawai Kanwil DJP Jawa Barat I untuk bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan serta penjaminan kelancaran penyelenggaraan pelayanan terhadap wajib pajak dan seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I.