Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tenggarong kembali membuka layanan perpajakan di luar kantor (LDK) perdana di tahun 2022 di Pos Pelayanan Pajak Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara (Rabu, 19/1). Tiga petugas pelayanan KPP Pratama Tenggarong hadir untuk memfasilitasi permasalahan perpajakan yang dialami masyarakat sekitar.

"Masyarakat terlihat memadati Pos Pelayanan Pajak Tenggarong ketika baru pertama kali dibuka pada pukul 09.00 waktu setempat. Setidaknya terdapat 13 Wajib Pajak yang datang untuk memperoleh berbagai layanan perpajakan, seperti konsultasi aplikasi perpajakan, penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dan SPT Tahunan, serta permohonan pemindahbukuan," tutur salah satu petugas KPP Pratama Tenggarong.

Sebagian besar wajib pajak yang datang ke Pos Pelayanan Pajak Tenggarong adalah masyarakat yang membutuhkan asistensi terkait penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi dan Badan Tahun Pajak 2021. Memang, kunjungan perdana ini bertepatan dengan musim penyampaian SPT Tahunan 2021.

Kunjungan ke Pos Pelayanan Pajak Tenggarong merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap 2 minggu sebagai strategi optimalisasi pemberian layanan perpajakan di luar kantor. Selain  menumbuhkan kesadaran pajak, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang mengalami keterbatasan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Dalam kurun 3 bulan ke depan, agenda kunjungan ke Pos Pelayanan Pajak Tenggarong akan difokuskan pada kampanye kewajiban penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan Badan Tahun Pajak 2021. Strategi ini dilakukan demi menyukseskan salah satu agenda besar Direktorat Jenderal Pajak, yaitu menggapai target kepatuhan pajak Tahun Pajak 2021.