Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sinjai melakukan kegiatan penyisiran yang menargetkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjalankan usaha di area Kampoeng Cafe Food Court yang berlokasi di Jalan Baso Kalaka, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai (Rabu, 29/9).
Tim penyuluhan pajak KP2KP Sinjai yang diterjunkan dalam kegiatan ini terdiri atas tiga petugas yaitu Firmansyah Surya, Nurlina, dan Ilham Aksar. Untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, tiga petugas tersebut senantiasa mengaplikasikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti memeriksa suhu badan sebelum melakukan kegiatan, menerapkan jaga jarak, menggunakan masker, dan giat memakai penyanitasi tangan setelah berinteraksi dengan para pelaku UMKM.
Adapun maksud dari kegiatan penyisiran kali ini adalah pemberian edukasi perpajakan dan sosialisasi perihal layanan WA Billing Center yang dikembangkan oleh KP2KP Sinjai. Layanan tersebut dapat membantu para pelaku UMKM dalam pembuatan nomor billing dan berkomunikasi dengan petugas KP2KP Sinjai guna memperoleh layanan konsultasi perpajakan lewat aplikasi WhatsApp Messenger.
Dalam kesempatan ini, petugas KP2KP Sinjai juga menyampaikan apresiasi beserta imbauan kepada para pelaku UMKM yang sudah memiliki NPWP maupun yang belum. "Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pelaku UMKM di Kampoeng Cafe Food Court yang telah memiliki NPWP dan secara konsisten melaksanakan kewajiban perpajakan. Bagi yang belum konsisten, yuk lebih giat lapor SPT Tahunan Orang Pribadi Non-Karyawan dan setor PPh Final UMKM sesuai ketentuan,” tutur Ilham Aksar.
“Sedangkan untuk pelaku UMKM yang sama sekali belum memiliki NPWP, kami ajak supaya segera mendaftar NPWP menggunakan surel masing-masing lewat situs resmi pendaftaran NPWP yaitu https://ereg.pajak.go.id/. Seharusnya dengan banyak pengunjung yang datang ke pujasera atau food court ini dapat memantik antusiasme para pelaku UMKM untuk memenuhi kewajiban perpajakan sebagai wujud kontribusi nyata kepada negara,” lanjut Ilham.
Nurlina yang juga terlibat dalam kegiatan penyisiran turut menyampaikan harapannya agar pelaku UMKM menggunakan WA Billing Center dengan maksimal. “Dengan melakukan penyisiran secara door to door kepada para pelaku UMKM di Kampoeng Cafe Food Court, kami berharap layanan WA Billing Center yang kami sosialisasikan tadi benar-benar diaplikasikan. Kami ingin pelaku UMKM memanfaatkan WA Billing Center dengan maksimal karena layanan ini bisa membantu mereka dalam memenuhi kewajiban perpajakan terutama di masa pandemi seperti sekarang,” ujar Nurlina.
Deva salah satu pelaku UMKM pun mengucapkan terima kasih atas kunjungan petugas KP2KP Sinjai ke kedainya. “Saya berterima kasih kepada kawan-kawan dari KP2KP Sinjai yang berkunjung ke kedai kecil saya untuk memberikan penyuluhan tentang WA Billing Center dan tata cara melapor serta membayar pajak sesuai aturan yang benar,''' ucapnya.
“Tentang WA Billing Center, layanan ini memang terlihat sederhana tetapi ternyata efektif membantu wajib pajak seperti saya ketika ingin membuat nomor billing tanpa harus datang ke KP2KP. Saya acungi dua jempol buat para petugas yang sudah membuat layanan WA Billing Center ini dan berinisiatif melakukan penyuluhan secara langsung ke kedai saya di Kampoeng Cafe Food Court,” pungkas Deva.
- 13 views