
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Tengah merilis aplikasi STAR (Semarang Tengah Tax Office Auto Reply) untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka meminimalkan pelayanan tatap muka di Kota Semarang (Jumat, 30/7).
STAR (Semarang tengah Tax Office Auto Reply) adalah layanan informasi kepada Wajib Pajak dengan menggunakan fitur balas pesan Whatsapp otomatis yang didalamnya menyediakan berbagai informasi terkait panduan, pengajuan permohonan, konsultasi, dan informasi lainnya.
STAR terdiri dari menu utama dan beberapa sub menu. Informasi utama yang ada pada STAR saat ini adalah Antrean Kunjung Pajak, Layanan Online (Pendaftaran NPWP, Panduan SPT, Surat Keterangan Fiskal, EFIN, E-billing, E-Bupot), Syarat Permohonan, Informasi Account Representative per wilayah, Tanya & Konsultasi, Informasi Lainnya dan Saluran Pengaduan.
Wajib pajak hanya perlu menghubungi STAR dengan Whatsapp lalu mengikuti petunjuk yang diberikan. Dengan mengetikkan huruf sesuai petunjuk yang terdapat dalam aplikasi STAR, wajib pajak dapat langsung mendapatkan balasan berupa rincian informasi yang dibutuhkan.
Kasi Pelayanan KPP Pratama Semarang Tengah Khoiril mengatakan bahwa saat ini terdapat banyak sekali sumber informasi terkait perpajakan yang bisa diakses dari internet. STAR hadir untuk membantu wajib pajak yang membutuhkan informasi layanan perpajakan yang ada di KPP Pratama Semarang Tengah. “Aplikasi STAR bisa diakses kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas jam kerja”, Ucap Khoiril
KPP Pratama Semarang Tengah berharap dengan adanya aplikasi STAR mampu menjadi media layanan informasi perpajakan yang terpercaya, mudah digunakan, dan cepat tanggap yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
- 36 views