
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwakarta menggelar acara dengar pendapat umum (public hearing) terkait penyusunan rancangan standar pelayanan di ruang rapat lantai dua KPP Pratama Purwakarta, Jalan Raya Ciganea No. 1 Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (Rabu, 15/9).
Acara tersebut dihadiri oleh 10 orang wajib pajak dan para stakeholder (pemangku kepentingan) yang terdiri dari perwakilan melibatkan tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, serta lembaga swadaya masyarakat.
Kegiatan diawali dengan pemaparan materi Standar Pelayanan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Purwakarta Yus Akdaninus.
“Tujuan dari standar pelayanan ini ialah untuk memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masayarakat,” ungkap Yus kepada peserta.
Selain pemaparan materi, dalam kegiatan tersebut juga dibuka sesi diskusi secara langsung. Kepala Seksi Pengawasan I KPP Pratama Purwakarta Laksono Saptaningtyas memandu kegiatan diskusi tersebut.
“Kepada Bapak/Ibu yang ingin menyampaikan kritik dan saran atau tanggapan terkait standar pelayanan yang ada di KPP Pratama Purwakarta, kami persilahkan,” imbuhnya.
Dalam kesempatan tersebut, peserta banyak mengajukan pertanyaan seputar alur pelayanan hingga memberikan saran terkait sarana dan prasarana pelayanan yang ada di KPP Pratama Purwakarta.
“Baik dan buruknya pelayanan tidak selalu bergantung dengan bangunan yang megah dan lengkap dengan segala fasilitasnya. Tetapi saya yakin kualitas pelayanan yang ada di KPP Pratama Purwakarta maju sejalan dengan bangunan yang begitu lengkap dengan fasilitas ini. Saya berharap standar pelayanan yang diterapkan dapat tersosialisasikan hingga ke pelosok desa. Sehingga kami juga dapat merasakan kemudahan layanan perpajakan,” ungkap Kamal selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Purwakarta.
Kegiatan public hearing rancangan standar pelayanan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Standar Pelayanan yang dilakukan secara bergantian oleh peserta yang hadir.
- 20 views