
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo meninjau Pos Pelayanan Pajak Purworejo di Purworejo (Kamis, 26/8). Peninjauan ini dilakukan dalam rangka monitoring sekaligus evaluasi atas kegiatan pelayanan di Pos Pelayanan Purworejo pasca pemberlakuan reorganisasi sesuai PMK-184/PMK.03/2020.
Secara teknis, pasca berlakunya beleid tersebut, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Pratama Purworejo resmi bertransformasi menjadi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surakarta. Akibatnya, sebagian wajib pajak yang sebelumnya teradministrasikan di KPP Pratama Purworejo harus berpindah ke KPP Pratama Kebumen. Sedangkan, jarak antara Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen cukup jauh sehingga diputuskan untuk membuka Pos Pelayanan Pajak di Purworejo.
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dimulai dengan memastikan seluruh sarana pra sarana di Pos Pelayanan Pajak Purworejo terpenuhi dengan baik. Terutama, sarana yang berkaitan dengan pemberian layanan kepada wajib pajak. Slamet menyampaikan kepada wajib pajak yang datang agar tidak sungkan memberikan saran dan kritik demi perbaikan layanan yang berkesinambungan.
"Mohon bapak dan ibu wajib pajak yang berkunjung tidak sungkan-sungkan memberi masukan kepada kami," ucap Slamet kepada para wajib pajak. "Kalau ada masukan kami akan segera menindaklanjuti semaksimal mungkin." pungkas Slamet. Beberapa pengunjung yang datang pun menyambut baik hal ini.
Pos Pelayanan Pajak Purworejo saat ini menjadi garda terdepan pelayanan wajib pajak di Kabupaten Purworejo. Ke depan, tidak mustahil jika Pos Pelayanan Pajak ini akan dinaikan kembali statusnya menjadi KPP Pratama seperti sebelumnya. Kunjungan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.
- 45 views