
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tebing Tinggi memberikan fasilitas kepada wajib pajak berupa layanan pojok mandiri di area Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Kamis, 26/8).
Upaya ini mereka lakukan sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan dengan mempercepat pembayaran pajak menggunakan sistem billing Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sehingga wajib pajak tidak perlu mengantre cukup lama di bagian help desk TPT hanya untuk meminta kode billing.
Layanan pojok mandiri berlangsung pada hari Senin – Jumat pada pukul 08.00 – 16.00 WIB sesuai dengan hari dan jam kerja pelayanan KPP Pratama Tebing Tinggi. Disediakannya layanan pojok mandiri ini juga merupakan cerminan sistem self-assessment yang berarti memberikan kepercayaan kepada wajib pajak untuk menghitung, memperhitungkan, membayar, melaporkan, dan mempertanggungjawabkan sendiri jumlah pajak yang terutang.
Menurut KPP Pratama Tebing Tinggi, pelayanan mengenai pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) TahunanPPh Wajib Pajak Orang Pribadi (OP) maupun Badan serta konsultasi perpajakan lainnya di help desk TPT cukup memakan waktu mengingat perlu adanya edukasi perpajakan yang memang harus disampaikan kepada wajib pajak. Dengan demikian, adanya layanan pojok mandiri ini mereka harapkan dapat memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang datang ke KPP.
“Adanya layanan pojok mandiri sangat membantu saya menghemat waktu tanpa perlu lama mengantre untuk membuat kode billing. Sebelumnya saya sudah diberi tahu cara membuat billing oleh petugas help desk. Di KPP Pratama Tebing Tinggi juga tersedia mini ATM sehingga lebih praktis untuk membayar pajak,” ungkap wajib pajak Suherianto.
Wajib pajak yang ingin memperoleh kode billing dapat langsung datang ke KPP dan menggunakan komputer layanan pojok mandiri. Di meja layanan pojok mandiri juga dilengkapi dengan daftar kode jenis pajak dan kode jenis setoran beserta penjelasannya sehingga wajib pajak lebih mudah dalam proses administrasinya. "Dengan adanya layanan pojok mandiri diharapkan pelayanan kepada wajib pajak dapat lebih baik lagi," ujar Kepala Seksi Pelayanan Hendra Kurniawan Satriyo Wicaksono.
- 22 views