Jangan Biarkan Ditjen Pajak Kembali Dianggap Gagal

Oleh: Hendar Iskandar
Amnesti Pajak telah berakhir. Berdasarkan Surat Pernyataan Harta dalam data statistik Amnesti Pajak, total harta yang dilaporkan mencapai Rp4.855 triliun, dengan rincian deklarasi harta dalam negeri Rp3.676 triliun dan deklarasi harta luar negeri mencapai Rp1.031 triliun. Sedangkan komitmen penarikan dana dari luar negeri (reptriasi) mencapai Rp147 triliun.
Menteri Keuangan Sri Mulyani nampak takjub dengan capaian angka tersebut. Sebab artinya ada nilai harta sangat besar yang selama ini tidak terpantau oleh petugas pajak. Kalau Menteri Keuangan takjub dengan raihan tersebut, barangkali pandangan pengamat bisa berkata sebaliknya.
Banyak harta wajib pajak yang nampak di depan mata otoritas pajak belum tentu bisa segera mereka ketahui. Apalagi harta wajib pajak yang hanya berwujud kertas bukti kepemilikan entah kepemilikan aset bergerak, tidak bergerak atau buku tabungan, deposito dan bukti kepemilikan harta lainnya. Ketika di salah satu bank pemerintah nampak adanya antrean dengan perlakuan khusus setoran di atas sekian rupiah, apakah otoritas pajak segera bisa mengetahui mereka yang sedang bertransaksi. Ketika deretan toko-toko emas menjelang Idul Fitri banyak pembeli hilir mudik membeli perhiasan atau sekadar tukar menukar perhiasan, apakah petugas pajak bisa langsung mengidentifikasi siapa dan berapa transaksi yang dilakukan toko yang bersangkutan.
Barangkali pegawai pajak yang selama ini diberi tugas mengawasi ingin segera mengetahui mengetahui lalu lintas uang dan barang serta kepemilikan atas aset-aset tidak bergerak yang tiap hari bahkan mereka saksikan dengan mata kepala mereka sendiri. Harta adalah sisa penghasilan yang tidak atau belum habis dikonsumsi. Ketika seseorang memiliki penghasilan, ia akan menggunakan penghasilan itu untuk kebutuhan hidupnya. Minimal kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Sisanya tentu ia akan menabung atau membeli aset sebagai tabungannya.
Seandainya mereka bisa segera tahu semuanya, sangat yakin mereka bisa banyak berbuat dan segera melakukan penggalian potensi pajak yang ujungnya dapat meningkatkan rasio pajak. Ketika data-data tidak bisa segera mereka dapatkan, bisa saja muncul frustasi darimana meraka bisa mencari dasar untuk mencari menghitung sumber-sumber penghasilan wajib pajak.
Tidak semua pegawai pajak yang bertugas mengawasi bisa dengan segera dan mudah mengakses data perbankan. Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) mengatur dalam Pasal 35 ayat (2) bahwa kerahasiaan perbankan ditiadakan atas permintaan tertulis dari Menteri Keuangan. Dengan demikian dibutuhkan waktu dan kewenangan khusus untuk bisa mengakses data perbankan wajib pajak yang semestinya bisa mereka awasi. Selain itu rezim keuangan tanpa pembatasan transaksi tunai ikut menyulitkan otoritas pajak mengetahui lalu lintas keuangan yang terjadi di masyarakat.
Dr. Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa sudah saatnya Pemerintah Indonesia melakukan pembatasan transaksi tunai ditengah masyarakat. Hal ini dilakukan guna menghindari dan menurunkan angka kejahatan korupsi khususnya suap, gratifikasi, pemerasan, pendanaan terorisme, dan tindak pidana pencucian uang yang semakin hari terus membengkak.
Menurut data statistik yang dikeluarkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tren korupsi dan penyuapan mengalami kenaikan secara signifikan. Sampai dengan pertengahan tahun 2012, hasil analisis yang disampaikan oleh PPATK kepada penyidik sebanyak 877 kasus korupsi dan 75 kasus penyuapan yang modusnya antara lain menggunakan uang tunai dalam bentuk rupiah, uang tunai dalam bentuk mata uang asing dan cek perjalanan.
Selain kasus yang disampaikan di atas disadari bahwa transaksi tunai akan menjadi kendala untuk mengawasi kegiatan ekonomi wajib pajak. Pegawai pajak akan menghadapi kesulitan untuk mengetahui transaksi tunai yang berlangsung di pasar meskipun pasar tradisional sekalipun. Wajarlah kalau banyak pencatatan yang disampaikan mengenai omset hanya berdasar pengakuan wajib pajak semata dalam Surat Pemberitahuan (SPT) nya dan otoritas pajak dapat gagap untuk menilainya.
Ketika meraka melakukan himbauan untuk melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai ketentuan tanpa dukungan data, boleh jadi wajib pajak jarang merespon. Akan berbeda ketika himbauan disertai data, apalagi data yang konkret dan bukan hanya berasal dari asumsi-asumsi anggapan petugas pajak semata. Ketika asumsi itu di eskalasi ke tingkat pemeriksaan misalnya, kembali pertanyaannya pemeriksa adalah dukungan data konkret. Seandainya data ibarat bahan masakan yang tersedia di kulkas tentu petugas pajak tidak harus sibuk pergi ke pasar mencari bahan masakan dan bumbu agar pemeriksaan siap menghitung pajak yang sebenarnya harus dibayar. Usulan pemeriksaan terkadang bisa mentah kembali karena dukungan data yang tidak meyakinkan untuk ditindaklanjuti.
Ketika ada wacana kebijakan Amnesti Pajak, otoritas pajak mendukung kebijakan tersebut. Betul bahwa wacana itu bukan hanya bertumpu pada target penerimaan pajak semata tetapi bagaimana data dapat dihimpun sebagai basis pemajakan ke depan. Setidaknya otoritas meyakini bahwa program Amnesti Pajak akan berhasil. Ada disparitas tarif yang besar antara tarif tebusan dengan tarif Pajak Penghasilan.
Wajib pajak akan sangat diuntungkan dengan tarif rendah. Belum lagi terbebasnya wajib pajak dari rasa takut dari kemungkinan pemeriksaan bahkan penyidikan pidana oleh otoritas pajak. Selain itu pasal 18 Undang-undang Amnesti Pajak yang langsung menganggap harta sebagai penghasilan turut mendorong wajib pajak melaporkan asetnya bahkan sampai aset berupa kas yang selama ini sangat mungkin luput dari pengawasan. Artinya petugas pajak tidak perlu mencari bukti penghasilan wajib pajak dan hanya cukup memiliki bukti kepemilikan harta.
Poin penting kedua yang akan sangat membantu otoritas pajak mengawasi wajib pajak adalah komitmen untuk melakukan pertukaran data antar negara, komitmen membuka rahasia perbankan untuk kepentingan perpajakan dan ketentuan BEPS untuk menangkal praktik-praktik penghindaran pajak.
Poin Penting selanjutnya adalah rencana penguatan otoritas pajak dalam rancangan Undang-undang Ketentuan dan Tata Cara Perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak Memiliki fungsi, tetapi fungsi tanpa kewenangan ibarat pisau yang tidak pernah bisa dipakai dan lama-lama akan berkarat dan tumpul seiring waktu.
Seandainya Amnesti Pajak dianggap berhasil, maka kunci pertama adalah adanya Undang-undang Pengampunan Pajak yang merupakan terobosan out of the box. Pajak tidak hanya masalah administrasi yang selama ini melekat dengan tugas pokoknya, tetapi bicara undang-undang yang memberi kewenangan bagi otoritas untuk menempuh berbagai cara untuk dapat menjalan fungsi mengumpulkan pajak bagi kesejahteraan masyarakat. Jadi, mulailah dengan Undang-undangnya. Jangan-jangan kegagalan selama ini karena undang-undang tidak memberi kewenangan yang luas bagi otoritas pajak untuk menjalankan perannya. Kegagalan bisa dimulai dari undang-undang yang gagal.
*) Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi dimana penulis bekerja.
- 166 kali dilihat