
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Barat bersama dengan Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak mengadakan kegiatan Riset Pengalaman Pengguna (User Experience Research) kepada Wajib Pajak pengguna layanan Click-Call-Counter (3C) di Aula KPP Pratama Denpasar Barat (Kamis, 25/5).
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan layanan sesuai dengan Business Directions Direktorat Jenderal Pajak yaitu Customer-Centric Approach Based on User Experience yang merupakan proses yang berorientasi pada kemudahan (ease of use) bagi wajib pajak yang dioptimalkan berdasarkan pengalaman pengguna (user experience) untuk menciptakan pengalaman positif kepada pengguna dengan memahami kebutuhan, memaksimalkan pelayanan serta membangun hubungan baik.
Kegiatan ini diikuti oleh wajib pajak pengguna layanan pemindahbukuan secara elektronik (e-PBK) dan layanan chatbot pada laman tertentu di pajak.go.id. Kepala KPP Pratama Denpasar Barat, Nyoman Ayu Ningsih menyampaikan, “Wajib Pajak selaku pengguna layanan yang mengetahui bagaimana jalannya aplikasi e-PBK ini. Oleh karena itu, kami membutuhkan input dari para wajib pajak terkait penggunaan layanan e-PBK ini sebagai dasar melakukan pengembangan ke arah yang lebih baik lagi.”
“Penerapan 3C ini antara lain, yaitu dari sisi wajib pajak dapat dilakukan Click dan dari sisi Instansi nantinya seluruh pelayanan dapat dilakukan secara online untuk memudahkan wajib pajak. Dapat juga dilakukan “Call” seperti saat ini sudah ada Kantor Layanan Informasi Pengaduan (KLIP) yang dapat dimanfaatkan wajib pajak dalam menyelesaikan kendala yang ditemui. Satu lagi, “Counter” yang dapat dimanfaatkan wajib pajak jika belum dapat menemukan solusi melalui dua tahapan sebelumnya,” ucap Muhammad Slamet Wibowo selaku Kepala Seksi Peningkatan Mutu Pelayanan, Subdirektorat Pelayanan Perpajakan, Direktorat P2 Humas.
Dengan diadakannya kegiatan ini, Direktorat Jenderal Pajak mendapatkan saran dan masukan dari wajib pajak untuk pengembangan layanan DJP.
Pewarta: Lindasari C. Veronica Br. Sianturi |
Kontributor Foto: Lindasari C. Veronica Br. Sianturi |
Editor: Wahyu Mardana |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 46 views