
Wajib pajak di Kota Kupang sebanyak 19.804 wp membanjiri layanan daring KPP Pratama Kupang sejak awal tahun sampai dengan 31 Maret 2021 untuk memberikan Layanan Konsultasi Pelaporan SPT Tahunan, Kupang (Rabu, 31/3). Layanan daring tersebut meliputi Layanan WhatsApp Aktivasi/Lupa EFIN, Layanan WhatsApp Konsultasi SPT Tahunan, dan Layanan e-mail.
KPP Pratama Kupang menggencarkan WhatsApp (WA) Blast, yakni mengirimkan pesan WA tentang imbauan pelaporan SPT Tahunan kepada wajib pajak. Kegiatan WA Blast tersebut dilakukan sejak awal februari hingga akhir maret yang dikirimkan secara berkala kepada sekitar 12.000 wajib pajak.
Sejak awal tahun, KPP Pratama Kupang menyediakan enam Layanan WhatsApp Aktivasi/Lupa EFIN, 16 Layanan WhatsApp Konsultasi SPT Tahunan yang dibagi menjadi sepuluh nomor untuk Kota Kupang, masing-masing satu nomor untuk Kabupaten Kupang dan Kabupaten Sabu Raijua, masing-masing dua nomor untuk Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Alor, serta Layanan Konsultasi melalui e-mail.
Dari seluruh kanal layanan tersebut, layanan yang paling banyak digunakan adalah Layanan WhatsApp Aktivasi/Lupa EFIN sebanyak 11.608 wajib pajak. Layanan WhatsApp Konsultasi SPT Tahunan sebanyak 5.680 wajib pajak dan Layanan Konsultasi e-mail sebanyak 2.216 e-mail.
Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim menyatakan antusias tersebut merupakan bentuk transformasi layanan perpajakan. “Layanan kami sekarang sudah serba daring, jadi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, ini merupakan bentuk transformasi layanan perpajakan,” ujar Luqman.
Menurut Luqman selain menyediakan kanal WhatsApp dan e-mail, KPP Pratama Kupang juga menyediakan situs portal pelaporan SPT Tahunan pada link http://s.id/laporsa yang telah diakses sebanyak 36.098 kali. Seluruh layanan tersebut disediakan dalam semangat pelaporan SPT Tahunan secara mandiri dan daring.
Namun hal yang sangat membanggakan adalah sebanyak 45.209 wajib pajak melaporkan SPT Tahunannya secara mandiri tanpa asistensi petugas. Hal tersebut membuktikan bahwa wajib pajak KPP Pratama Kupang mempunyai kesadaran pajak yang tinggi.
“Kami sangat salut atas partisipasi wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunannya secara mandiri, tanpa kami asistensi sudah bisa lapor sendiri,” tambah Luqman.
Luqman menegaskan dengan strategi yang sama, KPP Pratama Kupang siap melayani wajib pajak badan sampai dengan akhir april nanti. KPP Pratama Kupang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. "Kepatuhan pajak tinggi dipercaya akan menjadi trigger peningkatan penerimaan negara dari sektor pajak. Pajak kuat indonesia maju," tutup Luqman.
- 216 views