
Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Lima (KPP PMA Lima) ikut serentak menerapkan antrean online AkuPajak (Aplikasi Kunjung Pajak) di Jakarta (Rabu, 1/9). AkuPajak menyediakan layanan pengambilan tiket antrean sebelum wajib pajak (WP) datang ke kantor pajak. AkuPajak merupakan keseragaman sistem layanan antrean pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) dan KPP yang sudah ada sebelumnya.
Hanggara sebagai WP yang pertama datang dan baru mendaftarkan diri untuk mendapat nomor antrean di AkuPajak setelah tiba di KPP PMA Lima merasa AkuPajak sangat mudah untuk diakses dan pada saat itu juga segera mendapat nomor antrean dan langsung di layani di TPT (Tempat Pelayanan Terpadu) KPP PMA Lima. "Aplikasinya mudah, tinggal diisi sesuai petunjuk dan nomor antrean sudah bisa saya dapat," ucap Hanggara.
Pengalaman berbeda didapat dari Moh Solihin yang merasa keberatan untuk mendapat nomor antrean melalui AkuPajak. "Saya cuma kurir, ga paham kaya gini-gini," ucap Moh Solihin. Namun, hal tersebut sudah diantisipasi oleh KPP PMA Lima dengan menyediakan panduan langsung melalui petugas pengarah layanan KPP PMA Lima.
Farahdina sebagai petugas pengarah layanan menyampaikan tidak ada kendala yang berarti selama memandu para WP yang baru mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor antrean, hanya saja banyak terdapat kekeliruan di pengisian NPWP dimana yang seharusnya diisi NPWP Perusahaan agar bisa mendapat nomor antrean sesuai yang terdaftar di KPP PMA Lima. "Semua yang datang dan belum daftar bisa melakukan pendaftaran untuk mendapat nomor antrean di AKuPajak," kata Dina.
Pelaksana Seksi Pelayanan KPP PMA Lima Putri Widya Sari berharap dengan adanya AkuPajak WP dapat merasakan kemudahan untuk mendapatkan nomor antrean, karena keseragaman sistem di Kanwil dan KPP di seluruh Indonesia. "AkuPajak merupakan keseragaman antrean online sehingga dapat memudahkan WP," kata Putri.
- 216 views