Pos Pelayanan Ciledug kembali memberikan pelayanan perpajakan secara tatap muka kepada wajib pajak di Desa Jatiseeng Kidul (Rabu, 19/8). Sejak dibuka pada 1 Agustus 2019 lalu, beberapa wajib pajak mendatangi pos pelayanan ini untuk menyelesaikan kewajibannya atau sekadar berkonsultasi mengenai perpajakan. 

Pelayanan yang dilakukan di bangunan eks KP2KP Sumber ini sangat membantu wajib pajak khususnya di wilayah Cirebon Timur. Hal ini karena sejak adanya pemekaran wilayah kerja KPP Pratama Cirebon menjadi KPP Pratama Cirebon Satu dan KPP Pratama Cirebon Dua, masyarakat di wilayah Cirebon Timur sulit untuk menjangkau KPP Pratama Cirebon Dua yang terletak di tengah Kota Cirebon. Dengan jarak tempuh yang relatif lebih dekat, wajib pajak lebih terbantu dengan keberadaan Pos Pelayanan Ciledug ini.

Pelayanan dilakukan oleh tiga orang petugas yang terdiri dari dua orang Account Representative dan satu orang pelaksana Seksi Pelayanan. Layanan yang diberikan kepada wajib pajak adalah cetak ulang kartu NPWP, pembuatan kode billing, serta layanan konsultasi dengan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, pelayanan diberikan dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Beberapa prosedur yang harus dijalani oleh wajib pajak yang datang untuk memperoleh pelayanan adalah cuci tangan menggunakan sabun, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, serta wajib menggunakan masker.

Selain oleh pegawai KPP Pratama Cirebon Dua, pelayanan juga dibantu oleh petugas keamanan dengan cara memberikan penjelasan terkait dengan jenis-jenis layanan yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka, seperti layanan pendaftaran NPWP dan pelaporan SPT tahunan yang diarahkan untuk dilakukan secara daring. Hal ini bertujuan agar wajib pajak dapat memanfaatkan layanan yang sudah disediakan tanpa perlu datang ke pos pelayanan atau ke kantor pajak, terutama di masa pandemi untuk mencegah penularan Covid-19.