
“Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang terus melakukan inovasi layanan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada wajib pajak. Salah satu cara yang kami tempuh saat ini adalah membentuk tim peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Setia Trisaputra Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Singkawang (Rabu, 23/1).
Salah satu inovasi yang dihasilkan dari Tim peningkatan kualitas pelayanan publik adalah penunjukkan pegawai sebagai Duta Pelayanan 702. Duta Pelayanan 702 bertugas sebagai pengarah layanan yang bertugas menyambut wajib pajak, mengecek kelengkapan berkas permohonan, serta memandu wajib pajak dalam mengisi dan melengkapi berkas permohonan yang akan diajukan.
“Adanya Duta Pelayanan 702 diharapkan dapat meminimalisir kesalahan wajib pajak dalam mengajukan permohonan serta dapat menertibkan antrean wajib pajak sesuai dengan permohonan yang diajukan,” kata Setia. “Inovasi baru Duta Pelayanan 702 sudah berjalan selama satu bulan dan akan diuji coba dalam kurun waktu tiga bulan,” tambahnya.
“Ide ini muncul karena selama ini tugas pengarah layanan hanya dilakukan oleh satpam yang tidak begitu menguasai aturan perpajakan terkait permohonan yang akan diajukan oleh wajib pajak. Oleh karena itu saya memunculkan ide ini untuk melibatkan langsung pegawai KPP untuk memandu dan membantu wajib pajak,” kata Vella Nur Hamida petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Singkawang.
Menurut para petugas TPT dan helpdesk KPP Pratama Singkawang, selama berlangsungnya inovasi Duta Pelayanan 702 terjadi penurunan tingkat permohonan wajib pajak yang tidak lengkap serta antrean menjadi lebih tertib. Selain itu, untuk konsultasi singkat seperti mengecek pemenuhan pembayaran atau detail pelaporan, wajib pajak tidak perlu mengantre karena dapat langsung dibantu oleh Duta Pelayanan. Apabila antrean sedang ramai, bagi wajib pajak yang ingin mencetak kode billing atau konsultasi seputar e-Filing dan akun DJP Online juga dapat langsung dibantu oleh Duta Pelayanan.
Adapun yang bertugas sebagai Duta Pelayanan adalah pegawai seksi pelayanan KPP Pratama Singkawang.
“Harapan kami kedepannya tugas dan fungsi Duta Pelayanan dapat tercapai dan kualitas pelayanan dapat meningkat. Semoga pula inovasi ini dapat memudahkan wajib pajak. Dalam pelaksanaan uji coba ini kami juga sangat terbuka terhadap kritik maupun saran dari berbagai pihak yang akan sangat bermanfaat sebagai koreksi dan acuan kami dalam melakukan perbaikan,’’ tutup Setia.
- 214 views