
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wates bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo mengadakan kegiatan Business Development Service (BDS) dalam bentuk Seminar Wirausaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kulon Progo dengan peserta 100 pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Kulon Progo yang terdiri dari Pemenang Gebyar UKM, UMKM Penyuplai Bandara, dan UMKM Penyuplai Tomira (Sabtu, 27/6).
Kegiatan yang dilangsungkan di Gedung Kaca, Kompleks Kantor Bupati Kulon Progo, bertujuan membina dan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah dalam pengembangan usahanya secara berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement), dan kepatuhan (compliance) terhadap pajak.
Tema kegiatan BDS kali ini adalah Strategi Pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan. Dengan nama kegiatan: “Dodolan Jaman Now, Offline & Online Gas Pol!!!". Dengan berkembangnya sistem informasi dan teknologi saat ini, maka sangat dimungkinkan pelaku UMKM memasarkan produknya secara online di internet/marketplace. Dengan promosi di dunia maya secara tepat, maka calon konsumen akan terjaring dengan mudah, transaksi bisa dilakukan melalui berbagai macam kanal yang disediakan dengan tidak mengesampingkan penjualan langsung di mana tetap ada konsumen yang tertarik iklan di internet lalu mendatangi toko/lokasi UMKM untuk bertransaksi.
Sektor UMKM ditargetkan menjadi peserta seminar ini karena bisnis pelaku usaha sektor UMKM sangat diperhatikan oleh pemerintah, yaitu dengan diberikannya pemotongan tarif pajak menjadi 0,5% berdasar PP Nomor 23 Tahun 2018 sebelumnya berdasar PP Nomor 46 Tahun 2015 dengan tarif 1%. Permodalan UMKM juga digalakkan dimana diberikan program kredit berbunga rendah di setiap lembaga pembiayaan. Peningkatan kualitas sektor ini perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk lokal agar laku di pasaran, selaras dengan program Bela Beli Kulon Progo.
Materi dalam seminar ini terbagi ke dalam 3 sesi. Materi pertama tentang strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UMKM dalam rangka meningkatkan omzet penjualan yang akan dibawakan oleh Bio Hadikesuma. Materi kedua yaitu Memuat cara/ metode/ tips/ trik untuk memasarkan produk secara online melalui jejaring media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll) dan berbagai marketplace yang sekarang banyak dijumpai (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll) yang akan dibawakan oleh Tim dari Bio Hadikesuma Management Training and Consulting. Terakhir, materi tentang permodalan usaha bagi UMKM yang disampaikan oleh narasumber dari Bank Rakyat Indonesia cabang Wates.
Melalui kegiatan ini diharapkan UMKM Kulon Progo semakin berkembang dan berkualitas tanpa melupakan adanya kewajiban pajak sebagai kontribusi yang harus ditunaikan oleh warga negara kepada negara. Dengan demikian, UMKM Kulon Progo bisa lebih maju, besar, dan berarti sehingga dapat berkontribusi terhadap perekonomian Kabupaten Kulon Progo pada khususnya dan perekonomian negara pada umumnya.
- 91 views