Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nunukan, Mohammad Irfan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Nunukan (Rabu, 15/1).
Kunjungan ini disambut hangat oleh Kepala BPS Nunukan, Iskandar Ahmaddien. Pertemuan tersebut membahas potensi adopsi sistem antrean yang telah diterapkan di BPS Nunukan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelayanan di KP2KP Nunukan.
Salah satu fokus utama pembahasan adalah inovasi pelayanan berupa sistem nomor antrean yang saat ini digunakan di BPS Nunukan. Sistem ini dinilai efektif dalam mengatur alur pelayanan dan meminimalkan potensi penumpukan masyarakat yang hadir. Irfan mengungkapkan bahwa saat ini jumlah wajib pajak yang datang ke KP2KP Nunukan cukup tinggi, terutama untuk permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
“Kami melihat sistem antrean yang diterapkan di BPS Nunukan sangat baik dan terorganisir. Kami tertarik untuk mempelajari lebih lanjut dan mempertimbangkan untuk mengadopsinya di KP2KP Nunukan,” ujar Irfan.
Saat ini, KP2KP Nunukan telah memiliki inisiatif sendiri dalam mengatur antrean, yaitu melalui program “ANTREANQ”. Program ini berupa daftar digital yang mencatat data wajib pajak yang hadir, meliputi nama, nomor identitas, nomor telepon, dan jenis permohonan yang diajukan. Selama ini program ini cukup membantu, terutama dalam tracking data wajib pajak harian dan keperluan undangan kegiatan edukasi. Namun, KP2KP Nunukan terus mengupayakan pelayanan terbaik sehingga perlu mengembangkan program antrean yang sedang berjalan.
Ketiadaan mesin antrean yang memadai selama ini menjadi salah satu kendala yang ingin diatasi. Dengan mengadopsi sistem yang telah terbukti efektif di BPS Nunukan, diharapkan antrean di KP2KP Nunukan dapat lebih teratur, transparan, dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.
Iskandar menyambut baik inisiatif KP2KP Nunukan untuk berkolaborasi. Beliau menyatakan kesiapannya untuk berbagi informasi dan pengalaman terkait penerapan sistem antrean di BPS. “Kami senang dapat berbagi pengalaman dan berkontribusi dalam peningkatan pelayanan publik. Kami berharap kerja sama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Nunukan,” kata Iskandar.
Kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal yang konkret bagi KP2KP Nunukan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.
Pewarta: Salsabila Firdaus |
Kontributor Foto: - |
Editor: |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 5 views