Bekerja sama dengan perangkat Desa Giri Kencana, petugas Pajak Bengkulu Satu menempuh perjalanan darat selama dua jam guna membuka layanan pos pajak di Desa Giri Kencana, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara (Kamis, 22/8).

Kerja sama ini senantiasa dijaga demi memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam mendapatkan layanan perpajakan bagi masyarakat di Kecamatan Ketahun dan sekitarnya. Pos ini merupakan inovasi Kantor Pajak Bengkulu Satu untuk melebarkan sayap pelayanan di daerah yang jauh. Berkat pos pajak ini, masyarakat di Ketahun dan sekitarnya tidak perlu menempuh perjalanan kurang lebih 86 kilometer. Setiap hari Kamis mulai pukul 10.00 WIB, warga dapat dengan mudah mengurus segala keperluan perpajakan di lokasi yang lebih dekat.

Melalui Pos Pelayanan Pajak ini, akses wajib pajak terhadap layanan administrasi perpajakan semakin terbuka. Mulai dari asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan baik orang pribadi maupun badan, permohonan Electronic Filing Identification Number (EFIN), pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pembuatan kode billing pajak, serta konsultasi perpajakan lainnya.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu Satu Nanik Triwahyuningsih menegaskan komitmennya untuk terus memfasilitasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi wajib pajak.

"Dengan dibukanya pos pelayanan pajak, saya berharap wajib pajak dapat lebih mudah mengakses layanan perpajakan tanpa perlu datang langsung ke KPP Pratama Bengkulu Satu atau KP2KP Mukomuko, yang letaknya cukup jauh," ujar Nanik.

Febriana, salah satu wajib pajak yang berprofesi sebagai notaris mengaku terbantu dengan hadirnya pos ini.

“Saya berharap layanan ini akan terus berjalan. Saya sangat terbantu dengan adanya pos pelayanan pajak ini karena jangkauan kami ke kantor pajak pratama juga sangat jauh. Dengan adanya layanan ini, saya tinggal jalan tidak sampai 15 menit,” jelas Febriana.

Kerja sama yang baik antara Kantor Pajak Bengkulu Satu dan perangkat Desa Giri Kencana telah berhasil mewujudkan pos pelayanan pajak ini. Semoga kehadiran pos pajak ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Ketahun dan sekitarnya.

 

Pewarta: Revanza Almaas
Kontributor Foto: Ridwan Kusuma Wijaya
Editor: Theresia Helena

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.