Surakarta, 14 Agustus 2024 – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II bekerja sama dengan 6 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah keresidenan Surakarta meliputi KPP Madya Surakarta, KPP Pratama Surakarta, KPP Pratama Sukoharjo, KPP Pratama Boyolali, KPP Pratama Karanganyar, dan KPP Pratama Klaten menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan tajuk “Jalin Komunikasi, Eratkan Sinergi” yang diadakan di Aula KPP Pratama Sukoharjo (Rabu, 14/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Erna Sulistyowati, Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jawa Tengah II Herlin Sulismiyarti, Kepala KPP Pratama Sukoharjo Yoepidha Laksmijarta Soemantri, Kepala KPP Pratama Surakarta Herry Wirawan serta Stakeholder dan Pengguna Layanan Perpajakan di wilayah Keresidenan Surakarta diantaranya perwakilan Instansi Pemerintah Daerah, Akademisi, Wajib Pajak, Perbankan, Notaris, PPAT, dan Media dengan peserta kurang lebih 70 orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman hingga solusi, antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat, antara lain: pembahasan rancangan, penerapan, dampak, dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Kami percaya bahwa pelibatan masyarakat dalam proses perbaikan dan penyempurnaan layanan publik adalah kunci utama untuk memastikan bahwa kebijakan dan program yang dirancang benar-benar mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat luas,” ungkap Plt. Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Erna Sulistyowati dalam sambutannya.

Selain itu, Erna menegaskan upaya dan komitmen DJP untuk berinovasi, memperbaiki dan meningkatkan standar pelayanan perpajakan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Sebagai bagian dari reformasi perpajakan, sekaligus upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang akuntabel, transparan, dan efisien, DJP tengah mengembangkan Core Tax Administration System (CTAS), yang pengimplementasiannya akan memberikan kemudahan wajib pajak di masa mendatang,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah materi disampaikan para narasumber. Materi pertama Integritas dan Antikorupsi yang disampaikan oleh Penyuluh Antikorupsi Sri Hanung Menang. Selanjutnya, pemaparan materi oleh Fungsional Penyuluh DJP, diantaranya pemadanan NIK dan NPWP oleh Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah II Surono, materi aplikasi e-PHTB oleh Penyuluh Pajak KPP Pratama Boyolali Mardian Nurcahyo dan terakhir materi aplikasi e- Pbk yang disampaikan oleh Penyuluh Pajak KPP Pratama Surakarta Dhani Fauzi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Penyuluh Pajak KPP Pratama Karanganyar Windah Ferry Cahyasari. Dalam kesempatan ini, para peserta menyampaikan beberapa pertanyaan diantaranya mekanisme e-PBK, keamanan data dalam pemadanan NIK dan NPWP, kendala penggunaan aplikasi e-PHTB, dan pertanyaan teknis lainnya. Selain itu, DJP menerima aspirasi dan masukan yang disampaikan oleh peserta forum dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Forum Konsultasi Publik merupakan kegiatan dialog atau diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan publik. Hal ini dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Penyelenggara Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 46 /PMK.01/2021 tentang Pedoman Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Forum Konsultasi Publik oleh seluruh peserta sebagai tanda bahwa aspirasi dan kegiatan jajak pendapat telah dilaksanakan. Diharapkan dengan adanya forum ini, kualitas pelayanan publik di bidang perpajakan khususnya di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah II meningkat dan memberikan dampak baik yang signifikan.

 

#PajakKuatAPBNSehat

 

Narahubung Media :                                                                                                                  

Herlin Sulismiyarti                                                                            : (0271) 713552

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan

Hubungan Masyarakat                                                            : p2humas.jateng2@pajak.go.id

Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II