Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Tanjung Redeb menerima kunjungan dari Kepala Sekolah Dasar di Pos Pelayanan Pajak Tana Tidung, Kab. Tana Tidung (Kamis, 29/02). Fauzi Ahmadi selaku Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Sesayap Hilir menyampaikan alasan kunjungannya ke Pos Pajak Tana Tidung lantaran bermasalah ketika melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan miliknya.

“Jadi ketika saya ingin melaporkan secara online, berdasarkan keterangan yang saya dapat itu tinggal input nomor bukti potong dan penghasilan netonya saja, tetapi setelah mau saya submit, ternyata laporan pajak saya menjadi lebih bayar,” katanya.

Menindaklanjuti keluhan tersebut, Pelaksana Seksi Pelayanan Fikri Harris yang bertugas menjaga Pos Pajak KTT melakukan penelitian untuk memahami masalah yang ada. Ternyata permasalahannya muncul akibat kesalahan PTKP yang dimasukkan ketika melakukan pelaporan online.

“Saya ketemu nih penyebabnya, ternyata ketika Bapak melakukan pelaporan, PTKP yang dimasukkan berbeda dengan yang ada dalam bukti potong, otomatis hasil akhirnya pasti lebih bayar,” jelas Fikri.

Mengatasi masalah tersebut, petugas memberikan solusi dengan memasukkan PTPK yang benar hingga pelaporan selesai dengan status nihil. Setelah selesai, Fauzi memberikan apresiasi kepada petugas yang telah solutif dan ramah dalam memberikan pelayanan.

“Petugas disini sekarang ramah yaa, problem solving-nya juga baik dan cepat gitu,” pujinya.

Sebelum meninggalkan Pos Pajak, Albertus mengajukan permohonan permintaan Kembali kartu NPWP karena hilang. “Jadi kemarin kartu NPWP saya hilang entah bagaimana, sekalian lapor saya mau minta tolong cetak kartu ulang nih,” tambahnya.

Pewarta: Fikri Harris
Kontributor Foto: Fikri Harris
Editor: Mohamad Ari Purnomo Aji

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.