Sisi Lain

Datang Bingung, Pulang Tersenyum - KPP Pratama Curup Memberikan Pelayanan Terbaik

Semburat mentari pagi menyinari halaman Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Curup, menemani beberapa beberapa tenaga pramubakti yang sedang menyapu halaman. Beberapa pegawai tampak memasuki halaman kantor, dengan wajah-wajah ceria nan bersemangat. Cuaca sejuk pagi itu turut berkontribusi terhadap wajah-wajah ceria tersebut.

Kisah KPP Pratama Bandung Cibeunying, Pemilik Rekor Pertumbuhan Penerimaan Pajak

Dengan realisasi penerimaan sebesar Rp 1,4 triliun di tahun 2014, KPP Pratama Bandung Cibeunying mendapatkan target penerimaan pajak sebesar Rp 2,15 triliun di tahun 2015. Itu artinya KPP Pratama Bandung Cibeunying harus mencapai pertumbuhan penerimaan pajak sebesar 52%.

Kisah Sukses KPP Pratama Jakarta Tambora, Ketekunan Berbuah Tingginya Penerimaan Pajak

Di tengah target penerimaan pajak yang begitu tinggi di tahun 2015, berbagai kisah sukses Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dalam mengumpulkan penerimaan pajak menjadi kisah tak terlupakan.

Salah satunya adalah KPP Pratama Jakarta Tambora. Salah satu unit kerja DJP yang dipimpin oleh Joni Mantong ini membukukan kisah sukses di tahun 2015 dengan berbagai upaya yang patut diacungi jempol.

Ditjen Pajak rangkul institusi penegak hukum

Tak cuma dengan Polri, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak juga menggandeng Kejaksaan Agung (Kejakgung) dalam menangani kasus-kasus wajib pajak. Sama dengan Polri, Ditjen Pajak juga bekerjasama dengan 3 bidang setingkat eselon I di Kejakgung.

Video bekerjasama wujudkan kesadaran membayar pajak

Pembangunan merupakan citra sebuah bangsa dalam menjalankan roda perekonomiannya. Pajak menjadi salah satu denyut nadi yang menggerakannya. Membuat masyarakat sadar betapa pentingnya membayar pajak menjadi pekerjaan rumah dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Menagih utang wajib pajak dengan pengawalan polisi

Wajib pajak mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang kooperatif dan ada yang tidak. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam penagihan utang wajib pajak, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak membawa aparat kepolisian.

"Kita sangat bersyukur (ada) kerjasama dengan Polri. Dalam hal ini kita sudah kerjasama dengan 3 badan, setingkat eselon I di bawah Kapolri," kata Kepala Seksi Kerjasama Dalam Negeri, Subdirektorat Kerjasama dan Kemitraan, Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas), Natalius.

Menggandeng Kemendagri dalam pemanfaatan data e-KTP

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menggandeng sejumlah lembaga pemerintah termasuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kerjasama dengan Kemendagri ini terkait pemanfaatan data wajib pajak melalui e-KTP.

"Kita sudah melakukan kerjasama dengan Mendagri kemudian dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri," kata Kepala Seksi Kerjasama Dalam Negeri, Subdirektorat Kerjasama dan Kemitraan, Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas), Natalius.