Siaran Pers

Periode Pelaporan SPT Tahunan Mendekat, Ditjen Pajak Imbau Masyarakat Lapor Pajak Secara Benar dan Tepat Waktu

Jakarta  –  Menjelang  periode  pelaporan  Surat  Pemberitahuan  Tahunan  Pajak  Penghasilan, Direktorat Jenderal Pajak menyampaikan beberapa imbauan sebagai berikut:

 

1.  Bagi Pemberi Kerja/Bendaharawan

Penerbit Faktur Pajak Fiktif Divonis Pidana TPPU 4 Tahun 6 Bulan, Aset Rp27 Miliar Dirampas Untuk Negara

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Januari 2018 telah menjatuhkan vonis hukuman empat tahun enam bulan dan denda Rp1 miliar subsider tiga bulan kurungan atas perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas hasil tindak pidana di bidang perpajakan dengan terdakwa Amie Hamid. Barang bukti aset termasuk rumah, apartemen, gedung olah raga, kos-kosan, vila, ruko, kios, mobil, motor, uang kas, dan barang-barang elektronik senilai total Rp26,9 miliar yang telah disita oleh penyidik dirampas untuk negara.

Pertumbuhan Penerimaan Pajak di Kanwil DJP Nusa Tenggara s.d. Triwulan IV/2017 Positif

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak  Nusa Tenggara di tahun 2017 berhasil merealisasikan penerimaan pajak sebesar Rp4,8 triliun atau 84,27 persen dari target yang ditetapkan. Penerimaan ini tumbuh 1,99% dibanding tahun sebelumnya.

Penerimaan Pajak Kanwil DJP Sumatera Utara II Capai Rp4.891 T

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara II (Kanwil DJP Sumut II) selama tahun 2017 berhasil membukukan realisasi penerimaan pajak sebesar Rp4,891 triliun atau  tumbuh sebesar 6.55% dibandingkan dengan realisasi penerimaan tahun sebelumnya. Realisasi ini sama dengan 90,91% dari target penerimaan Kanwil DJP Sumut II sebesar Rp5.380 triliun. Capaian ini menunjukkan peningkatan yang sangat baik apabila dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 80,15% dari target yang dibebankan.

Menjaga Kinerja Pelaksanaan APBN yang Kredibel, Efektif, Efisien, dan Berkesinambungan

A.     Gambaran Umum Kinerja Perekonomian dan Pelaksanan APBN

Kepatuhan dan Penerimaan Pajak 2017 Tumbuh Pesat, DJP Optimis Hadapi 2018

Direktorat Jenderal Pajak menyampaikan apresiasi dan terima kasih bagi seluruh pembayar pajak yang telah turut berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan nasional, dan upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan bersama. Penerimaan pajak di tahun 201 7 mencapai hasil yang sangat baik berkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat membayar dan melaporkan pajak sesuai bagian masing-masing.

Penundaan Pemberlakuan Peraturan Dirjen Pajak Nomor : PER-26/PJ/2017 Bagi Pengusaha Kena Pajak

Sehubungan dengan pemberlakuan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor : PER-26/PJ/2017 tanggal 29 Nopember 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor : PER-16/PJ/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang Tata Cara Pembuatan Dan Pelaporan Faktur Pajak Berbentuk Elektronik, terhitung tanggal 1 Desember 2017, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

Ditjen Pajak dan Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Sepakati Kerja Sama Pertukaran Data serta Implementasi KSWP

Dalam rangka meningkatkan akses data untuk tujuan perpajakan serta implementasi program Konfirmasi Status Wajib Pajak, Direktur Jenderal Pajak dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika hari ini menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Data dan Informasi Perpajakan Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Penerbitan E-Faktur Pajak bagi Pembeli yang Tidak Memiliki NPWP

 Sehubungan den

Peringati HAKI, Kanwil Sumut II Canangkan ZI dan WBK

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi dan mendukung reformasi birokrasi, Kanwil DJP Sumatera Utara II dan KPP Pratama Balige  melakukan Pencanangan Zona Integritas di Pematangsiantar (Kamis, 14/12). Pencanangan ini dilakukan dengan pembacaan deklarasi oleh pimpinan unit kerja bahwa Kanwil DJP Sumut II dan KPP Pratama Baligetelah siap membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM dan menandatangani dokumen Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.