KP2KP Tanah Grogot Dorong Lapor SPT Sejak Awal

Dorong Lapor SPT Sejak Awal, KP2KP Tanah Grogot Pasang Baliho dan Surati SKPD

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tanah Grogot memasang baliho dan menerbitkan surat pemberitahuan mengenai Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Paser (Rabu, 10/1). Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi dan mengingatkan para wajib pajak bahwa penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi maupun Badan Tahun Pajak 2017 bisa dilakukan sejak dini mulai dari awal bulan Januari 2018. Selama ini, banyak wajib pajak yang salah mengerti bahwa SPT Tahunan biasanya dilaporkan pada bulan Maret menjelang akhir bulan.

Pemasangan baliho ini dilakukan di KP2KP Tanah Grogot dan tempat strategis lainnya seperti di pintu masuk Jalan Kusuma Bangsa, Kabupaten Tanah Grogot. Sementara untuk spanduk dipasang di perempatan lampu merah yang banyak dilewati dan dilihat Wajib Pajak. Selain itu spanduk juga akan dipasang di 10 kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Paser yaitu Kecamatan Tanah Grogot, Kuaro, Longikis, Longkali, Muara Samu, Batu Sopang, Batu Engau, Paser Belengkong, Muara Komam dan Tanjung Harapan.

Surat Pemberitahuan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi disampaikan kepada 40 (empat puluh) SKPD yang ada di Kabupaten Paser serta 10 (sepuluh) instansi vertikal yang berkantor di Kabupaten Paser. Surat tersebut untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai bahwa sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 8 Tahun 2015 tanggal 31 Desember 2015, setiap PNS (ASN), TNI dan Polri wajib menyampaikan menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-filling yakni melalui laman DJP Online (https://djponline.pajak.go.id) paling lambat 31 Maret 2018. Surat tersebut juga mengingatkan kepada setiap Bendahara yang ada di lingkungan SKPD Kabupaten Paser dan instansi vertikal untuk menerbitkan Bukti Potong PPh Pasal 21 (1721 A2) paling lambat 31 Januari 2018.

Selain itu KP2KP Tanah Grogot telah membuka ruang konsultasi bagi Bendahara untuk melakukan konsultasi tentang pengisian SPT Masa PPh Pasal 21 Masa Pajak Desember 2017. Hal ini dilakukan agar para bendahara semakin cepat dalam melaporkan SPT Masa PPh 21 Desember 2017 sekaligus menerbitkan Bukti Potong 1721 A2 sebagai dasar pelaporan SPT Tahunan PPh OP para pegawainya. Kelas Pajak mengenai pengisian SPT Tahunan PPh OP secara efilling juga akan dibuka mulai bulan Februari 2018 sampai batas waktu terakhir pelaporan SPT.

Semua kegiatan ini dilakukan untuk mendorong Wajib Pajak menyampaikan SPT Tahunan PPh OP sejak awal. Selain untuk memberikan kenyamanan kepada para Wajib Pajak karena tidak perlu antri. Dengan pelaporan secara online juga mendorong Wajib Pajak untuk bisa menyampaikan SPT dimana saja dan kapan saja tidak terbatas dengan jam kerja di kantor pajak. Dengan berbagai usaha yang dilakukan diharapkan nantinya kepatuhan Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan semakin meningkat.