Inklusi Kesadaran Pajak

"Sadar Pajak", Lagu Tema Inklusi Kesadaran Pajak

Direktorat Jenderal Pajak senantiasa berusaha untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pajak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui pendidikan diharapkan kesadaran akan pentingnya pajak dapat tumbuh dan meresap di setiap warga negara Indonesia

Berikut ini adalah lagu tema dalam Kampanye inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan.

Judul Lagu: Sadar Pajak
Voc: Febri Noviardi
Pencipta: Febri Noviardi

 

 

 

SisipanUkuran
Sadar-Pajak Final.mp32.8 MB

Booklet Inklusi Kesadaran Pajak

Booklet ini menyajikan secara ringkas tentang arti penting pajak, kondisi kepatuhan pajak di Indonesia, hubungan pajak dengan pendidikan, serta roadmap inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan dan perbukuan. Semua disajikan dalam infografis yang singkat dan menarik untuk dibaca. 

SisipanUkuran
Booklet Inklusi Kesadaran Pajak.pdf44.64 MB

Materi Terbuka Kesadaran Pajak dalam Pendidikan Tinggi

Pajak sudah sepatutnya menjadi isu nasional yang harus diangkat untuk diajarkan kepada generasi muda, sebagaimana isu-isu lainnya seperti HAM, lingkungan hidup, Anti Korupsi, dan lain sebagainya. Buku ini berisi beberapa pokok bahasan yang bersentuhan dengan pajak, seperti pajak dalam kehidupan sehari-hari, sejarah dan fungsi pajak, hak dan kewajiban warga Negara, pajak sebagai wujud pengamalan sila-sila Pancasila, pajak sebagai bagian dari etika pribadi-bermasyarakat-berbangsa dan bernegara, dan lain sebagainya.

Buku ini selain sebagai bahan pengayaan bagi mahasiswa dalam belajar menumbuhkan kesadaran pajak, juga sebagai bahan referensi bagi para dosen Mata Kuliah Wajib Umum dalam memberikan materi inklusi kesadaran pajak dalam materi kuliahnya.

 

SisipanUkuran
Cover dan Daftar Isi.pdf1.05 MB
BAB I Pajak dalam Kehidupan Sehari-hari.pdf1.38 MB
Bab II Mengapa Pajak Diperlukan.pdf1.12 MB
BAB III Bagaimana Pajak dalam Konteks Indonesia.pdf2.89 MB
BAB IV Bagaimana Fungsi Pajak Dalam Pembangunan.pdf1.27 MB
BAB V Bagaimana Pajak Berperan Sebagai Perwujudan Sila-sila Pancasila.pdf932.12 KB
BAB VI Bagaimana Kewajiban Perpajakan Warga Negara.pdf1.3 MB
BAB VII Bagaimana Negara Mengelola Pajak.pdf1.61 MB
BAB VIII Bagaimana Prosedur Pemenuhan Kewajiban Perpajakan.pdf1.44 MB
BAB IX Pajak dan Penegakan Hukum.pdf847.64 KB
BAB X Bagaimana Hubungan Membayar Pajak Dengan Bela Negara_0.pdf1.05 MB

Buku Cerita Bergambar - Aku dan Lingkunganku

Buku ini diperuntukkan bagi anak-anak kelas III SD/MI. Buku ini mengajarkan anak-anak untuk lebih peduli kepada lingkungan di sekitarnya. Isinya ringan dan menghibur, namun tetap mengangkat nilai-nilai seperti persahabatan dan kepedulian terhadap alam. Buku ini juga mengangkat tentang manfaat pajak dalam kehidupan sehari-hari.

SisipanUkuran
Buku Cergam-Aku dan Lingkunganku.pdf30.83 MB

Buku PPKN Kelas X SMA/MA/SMK

Buku siswa ini merupakan upaya inklusi pajak dalam mata pelajaran PPKn Kelas X dan dijadikan buku pendamping dalam implementasi kurikulum 2013. Dalam buku ini telah disisipkan materi kesadaran pajak. Melalui pendidikan diharapkan kesadaran anak didik tentang arti penting pajak akan tumbuh sehingga ke depan menjadi warga negara yang patuh dan sadar pajak.

SisipanUkuran
Buku PPKn untuk Kelas X SMA-MA-SMK.pdf23 MB

Buku PPKN Kelas VII SMP/MTS

Buku siswa ini merupakan upaya inklusi pajak dalam mata pelajaran PPKn Kelas VII dan dijadikan buku pendamping dalam implementasi kurikulum 2013. Buku ini berisi materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang didalamnya telah dimuat juga tentang kesadaran pajak. 

SisipanUkuran
Buku PPKn Kelas VII SMP-Mts_0.pdf38.95 MB

Buku Cerita Bergambar - Aku dan Keluargaku

Buku ini menceritakan tentang keluarga dan sekolah Natta, serta petualangan natta dan teman-temannya di sekolah baru. Tak lupa buku ini juga menyisipkan tentang nilai-nilai toleransi, saling menghormati, dan saling berbagi.

SisipanUkuran
Buku Cergam Aku dan Keluargaku.pdf57.84 MB

Buku IPS SMP Kls VII

Pendidikan merupakan kunci untuk meraih kesuksesan bagi setiap insan Indonesia. Dukungan DJP dalam penyediaan buku-buku pendukung pendidikan dengan muatan arti penting pajak bagi pembangunan merupakan wujud sinergi antar lembaga sebagaimana menjadi nilai-nilai yang senantiasa dianut oleh seluruh unit kerja Kementerian Keuangan. Buku ini merupakan buku Ilmu Pengetahuan Sosial yang diperuntukkan bagi siswa kelas VII SMP/MTS. Di dalam buku ini telah disisipkan tentang materi-materi kesadaran pajak. Melalui pendidikan diharapkan kesadaran anak didik tentang arti penting pajak akan tumbuh sehingga ke depan menjadi warga negara yang patuh dan sadar pajak.

SisipanUkuran
Buku IPS SMP Kls VII.pdf72.1 MB

Buku Cerita Bergambar - Aku dan Teman-Temanku

Bagaimana rasa sejuknya pegunungan? Atau kamu ingin melihat harimau yang mengaum dan lucunya monyet-monyet di kebun binatang? Ikuti perjalanan Natta dan teman-temannya ke pegunungan. Seru deh tapi hati-hati yah. Jangan sampai tersesat.

SisipanUkuran
Buku Cergam Aku dan Teman-temanku.pdf30.52 MB

Buku Pajak Itu Gampang Loh

Dalam rangka menambah literasi perpajakan untuk menumbuhkan kesadaran pajak bagi generasi muda, Direktorat Jenderal Pajak telah menyusun buku "Pajak Itu Gampang, Loh". Buku ini merupakan bentuk membangun kesadaran terhadap Wajib Pajak sejak dini. Buku ini juga dimaksudkan sebagai salah satu bahan referensi bagi para tenaga pendidik di tingkat SD, SMP dan SMA dalam memberikan muatan perpajakan pada materi pendidikan. Selain untuk tenaga pendidik, buku ini juga menjadi bacaan pendamping bagi para siswa, sehingga siswa mendapatkan gambaran yang utuh dan menyenangkan mengenai perpajakan.

SisipanUkuran
Buku Pajak Itu Gampang Loh V3.pdf14.26 MB