Flash Foto

Kanwil DJP Bali Genapi Rangkaian Pekan Panutan Bendaharawan di Ubud

Kanwil DJP Bali menggenapi rangkaian road show edukasi dan dialog perpajakan kepada Bendahara terdaftar di Kanwil DJP Bali. Setelah sukses menyelenggarakan acara itu di Denpasar dan Tabanan pada minggu sebelumnya dan dengan koordinasi yang baik bersama KPP Gianyar dan KP2KP Ubud, rombongan Kanwil DJP Bali dipimpin oleh Kabid P2Humas Nyoman Ayu Ningsih datang menemui para bendahara yang memadati Aula KP2KP Ubud, Senin (17/02).

Bendahara yang tersebar di wilayah Gianyar, Karangasem, Klungkung, Ubud, dan Bangli semangat mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang menambah wawasan mereka akan kewajiban memotong/memungut, menyetor dan melaporkan pajak ini dirasakan sangat bermanfaat bagi mereka. Bahkan beberapa peserta meminta untuk dilakukan tambahan penyuluhan di instansi mereka.

Pada bagian akhir sesi, melengkapi informasi kepada para bendahara yang merupakan tempat bertanya para pegawai di masing-masing instansinya, tim penyuluh dari KPP Gianyar memberikan materi e-billing dan e-filing untuk penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi.

Antusiasme peserta yang berjumlah delapan puluh orang tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab, yang terpaksa harus diakhiri karena keterbatasan waktu. Namun tim penyuluh menyediakan waktu selepas acara bagi para Bendahara yang masih ingin mengajukan pertanyaan.

Rangkaian kegiatan yang secara rutin dilaksanakan tiap tahun ini, diharapkan akan mencetak bendahara-bendahara yang andal dan mahir pajak, sehingga bendahara sebagai mitra DJP dapat melaksanakan fungsi perpanjangan tangan DJP dalam memotong/memungut, menyetor dan melapor pajak dengan baik.(ezr/*)

Pembukaan acara oleh Kabid P2Humas Kanwil DJP Bali
Para Bendahara Pemerintah menyimak materi yang disampaikan
Materi disampaikan oleh Tim Pemateri Kanwil DJP Bali
Sesi tanya jawab

KPP Kotamobagu Adakan Bimtek e-Filing bagi Dinas P&K Bolaang

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (BimTek) pembuatan formulir 1721 A2 kepada Bendahara Sekolah di Kabupaten Bolmut, Boroko (1/2)

Sebanyak 170 peserta yang merupakan bendahara yang terdiri dari bendahara SD, SMP, dan SMA ikut berpartisipasi pada acara ini. Tim penyuluh KPP Pratama Kotamobagu diberikan kesempatan untuk menjadi narasumber memberikan bimbingan dan konsultasi langsung kepada bendahara.

Acara dipusatkan di SMA Negeri 1 Bolangitang Kab. Bolmut. Kegiatan diawali sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Bolmut sekaligus membuka Bimtek secara resmi dilanjutkan penyampaian materi oleh petugas penyuluh perpajakan KPP Pratama Kotamobagu dan tanya jawab.

Sebagian besar bendahara sekolah di Kabupaten Bolmong Utara belum mengetahui kewajiban perpajakan yang harus mereka penuhi sehingga masih dibutuhkan sosialisasi dan bimbingan, terutama yang berhubungan dengan pemungutan dan pemotongan PPh Pasal 21, Pasal 22, Pasal 23, Pasal 4(2), dan Pajak Pertambahan Nilai.

Sinergi dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan KPP Pratama Kotamobagu sangat dibutuhkan sehingga dapat mewujudkan “bendahara mahir pajak”.(ama/*)

Bimtek e-filing
Sambutan Kepala Dinas
Antusias peserta Bimtek
Penyampaian Materi
Tim Penyuluh Perpajakan KPP Pratama Kotamobagu

64 Pegawai Pemda Sulawesi Tengah Ikuti Bimtek Implementasi KSWP

Dalam rangka mengimplementasikan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di wilayah Sulawesi Tengah, Kanwil DJP Suluttenggomalut bersama KPP Pratama Palu menggelar kegiatan Bimtek Kerjasama Implementasi Konfirmasi Status Wajib Pajak di Swisbell Hotel Silae, Palu (Kamis, 16/2).

Acara dihadiri 64 peserta dari 32 Dinas di wilayah Sulawesi Tengah. Mewakili Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut, Fredy Nelson Rumondor selaku Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Suluttenggomalut memberikan sambutan dengan menyampaikan bahwa program KSWP bukan intruksi Menteri Keuangan ataupun Menteri Dalam Negeri melainkan langsung Intruksi Presiden, Bapak Joko Widodo.

Sambutan berikutnya oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakilkan oleh Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dalam sambutannya pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap program yang diinstruksikan langsung oleh Presiden dan upaya mencegah dan memberantas korupsi melalui proses KSWP dengan menguji validasi NPWP dan melaporkan SPT Tahunan 2 tahun terkahir merupakan langkah yang sangat baik. Sambutan tersebut sekaligus membuka acara. Setelah pembukaan, Kanwil DJP Suluttenggomalut menyerahkan Cinderamata kepada Pemerintah Daerah dan sebaliknya dilanjutkan foto bersama.

Acara inti yaitu penyampaian materi KSWP diisi oleh James Wayong selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kanwil DJP Suluttenggomalut dengan menegaskan kembali bahwa Program KSWP merupakan Kegiatan yang dilakukan pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status wajib pajak melalui Aplikasi yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan menggunakan web-service portal-ex1.pajak.go.id. Acara berlangsung pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 12.30 WITA.(mah/*)

Sambutan oleh Bpk. F.N. Rumondor
Penyampaian materi oleh Bpk. James Hendra Wayong
Pengenalan teknis aplikasi
Antusiasme peserta
Penyerahan Cinderamata kepada Pemerintah Daerah

Sukseskan e-Filing, Kanwil DJP Jatim I Gandeng Seluruh Tax Center

Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur I dan Tax Center Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESIA) mengadakan sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) e-filing Pajak Penghasilan Orang Pribadi bagi seluruh perwakilan Tax Center yang berada di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Timur I pada Kamis, 16 Februari 2017 di Lab Komputer Perpajakan STIESIA.

Hadir pada kesempatan itu perwakilan dari STIESIA yaitu Wakil Ketua Yayasan I Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak. Kemudian perwakilan dari Kanwil DJP Jawa Timur I yaitu Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen, Tatiek Arjani dengan Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Eko Teguh Budi Santoso mewakili Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat yang berhalangan hadir pada saat itu. Sekitar 50 perwakilan dari 8 Tax Center yang berada di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Timur I tampak mengikuti acara itu dengan antusias. Bimtek ini bertujuan untuk menggandeng Tax Center yang telah menjadi mitra Kanwil DJP Jawa Timur I dalam mensukseskan target penyampaian SPT melalui e-filing tahun 2017 dengan membuka layanan konsultasi atau efiling di lingkungan Tax Center masing-masing universitas.(was/*)

Wakil Ketua Yayasan I Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak. ketika menyampaikan sambutan
Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen, Tatiek Arjani ketika menyampaikan sambutan
Tim Penyuluh Kanwil DJP Jawa Timur I, Erya Tri Satmoko ketika menyampaikan materi kepada seluruh perwakilan Tax Center
Peserta Bimtek Tampak Antusias Terhadap Materi yang Disampaikan
Tim Penyuluh Kanwil DJP Jawa Timur I, Erya Tri Satmoko ketika menjawab pertanyaan dari peserta

Kelas Pajak KPP Pratama Jakarta Kalideres Disambut Antusiasme WP

Kelas Pajak yang diselenggarakan secara rutin di KPP Pratama Jakarta Kalideres, mendapatkan sambutan hangat dari Wajib Pajak. Mengingat atensi masyarakat yang begitu tinggi, kelas pajak selalu diselenggarakan dua sesi, pagi dan sore untuk menyesuaikan dengan pilihan waktu peserta.

Pada Selasa,14 Februari 2017 lalu, jumlah peserta yang memadati Aula KPP Pratama Jakarta kalideres pada Sesi II, tidak kalah ramai dengan sesi I. Puluhan peserta, baik yang memang  diundang oleh Tim Penyuluh maupun yang mendaftarkan diri menyimak materi tentang Pelaporan SPT Tahunan dengan seksama

"Sangat membantu, karena materi yang disampaikan tepat dengan kebutuhan informasi yang kami perlukan sekarang dan kebetulan waktunya sore, jadi sepulang kantor kami ikut kelas pajak ini" ujar salah satu peserta yang hadir.  Agar mudah dimengerti dan dipahami, pemateri melibatkan peserta secara langsung dengan cara praktek simulasi pengisian SPT Tahunan via e-Filing.

Diharapkan selepas mereka mengikuti kelas pajak ini,  keingintahuan mereka akan pajak semakin meningkat dan menjadi semakin semangat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Pemateri menjelaskan seputar Pelaporan SPT Tahunan WP OP kepada peserta
Peserta dengan serius menyimak setiap penjelasan
Simulasi pengisian SPT Tahunan via DJPOnline dengan melibatkan peserta
Sesi tanya jawab
Pemateri dari Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan menjawab setiap pertanyaan dari peserta

Kanwil DJP Bali Sambangi Bendaharawan Kabupaten Tabanan

Kanwil DJP Bali menyambangi Bendaharawan Pemerintah di Kota Tabanan sebagai Rangkaian Kegiatan Pekan Kepatuhan Bendahara Pemerintah Propinsi Bali (16/02). Acara yang diselenggarakan bertempat di aula KPP Pratama Tabanan dihadiri oleh 63 Bendaharawan Pemerintah dengan jumlah penyetoran pajak terbesar tahun 2016 yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan. Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan arahan oleh Kepala Kantor KPP Pratama Tabanan, Made Widana. Dalam pembukaan dan arahannya, Made Widana menyampaikan Bendaharawan berkontribusi sebesar 25% terhadap penerimaan di Kabupaten Tabanan oleh karenanya diharapkan kerjasama dan kepatuhan Bendaharawan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tim Penyuluh Kanwil DJP Bali, Dian Anggraini, Eka Widyastuti dan Woldy Paradisa. Materi yang disampaikan merupakan kewajiban perpajakan bagi Bendaharawan, e-biling dan Tata Cara Penyampaian SPT secara e-filing. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dari para Bendaharawan.

Pembukaan Acara Peserta Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Pembukaan dan Arahan dari Kepala Kantor KPP Pratama Tabanan
Paparan Materi oleh Tim Penyuluh Kanwil DJP Bali, Dian Anggraeni
Para Peserta aktif dalam sesi tanya jawab

PT. Telkom Indonesia Setia Dukung Amnesti Pajak dan e-Filing

Dalam rangka kerjasama antara Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Indonesia dengan PT. Telkom Indonesia, untuk kesekian kalinya PT. Telkom Indonesia mengadakan sosialisasi Amnesti Pajak dan Penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing bagi para pegawai PT. Telkom yang berada di wilayah Indonesia Timur. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Februari 2017 di Aula Lantai III Gedung Telkom Indonesia Jalan Serma Gede Nomor 13 Denpasar, Bali. Acara yang diikuti oleh lebih dari 100 pegawai PT. Telkom Indonesia dari wilayah Indonesia Timur dibuka oleh Nur Hidayat, Head of Tax, PT. Telkom Indonesia yang memberikan semangat bagi para pegawai PT. Telkom untuk segera memanfaatkan program Amnesti Pajak yang akan segera berakhir pada tanggal 31 Maret 2017 dan juga menyampaikan SPT Tahunan PPh nya melalui e-Filing karena lebih cepat, praktis dan aman.

Hadir sebagai narasumber dari Kanwil DJP Wajib Pajak Besar adalah Raden Aris Setyadi Handono, Kepala Bidang P2Humas dan juga Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat. Hadir sebagai moderator adalah S. Kompiang Muliartawan dari PT Telkom dan selama lebih dari tiga jam, seluruh pegawai diberikan paparan mengenai Amnesti Pajak yang disertai dengan anjuran bahwa program ini akan segera berakhir dan tidak akan terulang lagi. Selain itu, seluruh pegawai yang hadir juga diberikan paparan mengenai proses penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing dan bagaimana praktisnya penyampaian SPT melalui e-Filing karena para pegawai  tidak perlu mengantri di KPP dan berkas SPT pun akan tersimpan dengan aman dan rapi di Direktorat Jenderal Pajak. Acara yang dibuka pada jam 09.00 WITA berakhir pada jam 12.15 WITA setelah para pegawai PT. Telkom mendapatkan paparan juga bertanya kepada para narasumber. Semoga kegiatan kerjasama seperti ini bisa selalu dilakukan untuk membantu pencapaian target penerimaan DJP di tahun 2017 ini.(aw/*)

Nur Hidayat, Head of Tax PT. Tekom Indonesia membuka acara Sosilisasi Amnesti Pajak dan e-Filing
Narasumber, Aris Handono memberikan paparan mengenai Amnesti Pajak
Suasana Sosialisasi Amnesti Pajak dan e-Filing
Narasumber menyampaikan materi e-Filing
Foto Bersama di Akhir Acara dengan Head of Tax PT. Telkom Indonesia

KPP LTO Dua Adakan Diseminasi PMK-213

KPP Wajib Pajak Besar Dua (KPP LTO 2) menyelenggarakan acara diseminasi Peraturan Menteri Keuangan mengenai Transfer Pricing Documentation bertempat di Aula Gedung Pajak Sudirman, Senin (13/2). Materi disampaikan oleh Bapak Achmad Amin (Kasubdit Pencegahan dan Penanganan Sengketa Perpajakan Internasional) dan tim. Acara dihadiri oleh 325 tamu undangan.(d/*)

Bapak Eko Widodo (Kepala KPP LTO2) menyampaikan kata sambutan
Penampilan Paduan Suara LTO 2 dalam pembukaan acara Diseminasi PMK
Bapak Achmad Amin dan tim menyampaikan materi PMK 213
Wajib Pajak yang hadir antusias mengikuti acara
Penyerahan souvenir kepada Wajib Pajak yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab

Sosialiasi Amnesti Pajak Sentuh Pejabat Pemda Kulon Progo

Program Amnesti Pajak telah memasuki periode III atau periode terakhir, KPP Pratama Wates masih gencar melakukan sosialisasi. Kali ini sosialisasi ditujukan kepada pejabat eselon II & III di lingkungan Pemda Kulon Progo yang diadakan di Aula Adikarta Gedung Kaca Komplek Pemda Kulon Progo, Rabu (8/2).

Acara dibuka oleh Kepala KPP Pratama Wates dan Plt. Bupati & Wakil Bupati Kulon Progo. Acara ini dijadwalkan mulai dari jam 09.00 – 12.00 WIB. Sebagai narasumber sosialisasi dari Tim Penyuluhan KPP Pratama Wates, sedangkan materi yang disampaikan mengenai Amnesti Pajak. Dalam kesempatan ini dari 194 peserta yang hadir masih banyak yang mengajukan pertanyaan seputar Amnesti Pajak.(bth/*)

Pidato dan pembukaan sosialisasi Amnesti Pajak oleh Kepala KPP Pratama Wates Herlin Sulismiyarti
Narasumber memberikan penjelasan mengenai Amnesti Pajak
Peserta sosialisasi menyimak penjelasan yang diberikan oleh narasumber
Banyak peserta sosialisasi yang mengajukan pertanyaan seputar Amnesti Pajak
Setelah sosialisasi selesai banyak Peserta Sosialisasi yang memanfaatkan helpdesk yang disediakan oleh panitia

Ke-12 Kalinya di 2017, KP2KP Pariaman Gelar Edukasi e-FIling

Untuk kedua belas kalinya KP2KP Pariaman kembali melaksanakan Edukasi Pembuatan Bukti Potong 1721 A2 dan Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Melalui e-Filing. Edukasi kali ini dilaksanakan di Kantor Koperasi Pegawai Negeri Lubuk Alung pada hari Senin (13/2). Kegiatan edukasi diikuti oleh 70 peserta perwakilan dari UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai. Kepala KP2KP Pariaman, Dina Andreati, menjadi narasumber pada edukasi ini dan berharap peserta yang hadir dapat melakukan Transfer of Knowledge bagi pegawai lain di unit kerja masing-masing.(nsy/*)

Peserta Mengikuti Edukasi e-Filing
Kepala KP2KP menyampaikan materi Bukti Potong 1721 A2 dan e-Filing
Semangat Para Peserta bersama Pegawai KP2KP