Flash Foto

Bendahara se-Kabupaten Banyumas Hadiri Edukasi Bea Meterai

KPP Pratama menyelenggarakan Sosialisasi Kepatuhan Kewajiban kepada Bendahara Instansi Vertikal dan Bendahara OPD Kabupaten Banyumas di Banyumas (Selasa, 13/2). Narasumber berasal dari KPP Pratama Purwokerto dan Wakil Pimpinan Kantor Pos Cabang Purwokerto.

Sesi tanya jawab ketiga dibanjiri pertanyaan dar para bendahara
Account Representative Waskon I KPP Pratama Purwokerto Menyampaikan Materi Kepatuhan Kewajiban Bea Meterai
Sigit, Wakil Pimpinan Kantor Pos Purwokerto menyampainkan materi terkait identifikasi meterai palsu
Sesi tanya jawab dibanjiri pertanyaan dar para bendahara (1)
Sesi tanya jawab dibanjiri pertanyaan dar para bendahara (2)

Ajak Pengusaha Sadar Isi SPT, KP2KP Malinau Sebar Undangan

KP2KP Malinau menyebarkan undangan bimbingan teknis pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi kepada para pengusaha yang masuk kategori memliki peredaran bruto tertentu di Malinau (Selasa, 30/1). Seorang Pelaksana KP2KP Malinau ditemani dua orang honorer berkeliling ke seluruh penjuru kota di Kabupaten Malinau menyisir beberapa toko, bengkel, dll. Wajib Pajak merespon dengan baik dan sesekali mereka memanfaatkan pertemuan ini untuk berkonsultasi.

Wajib Pajak yang memiliki usaha bengkel sedang menandatangani tanda terima undangan
Wajib Pajak yang memiliki usaha perdagangan sembako sedang menandatangani tanda terima undangan
Wajib Pajak yang memiliki usaha perdagangan sembako dan berbagai keperluan rumah tangga sedang menandatangani tanda terima undangan
Wajib Pajak yang memiliki usaha rumah makan sedang menandatangani tanda terima undangan
Wajib Pajak memanfaatkan pertemuan untuk berkonsultasi

11 Pengusaha Malinau Ikuti Bimtek Pengisian SPT Tahunan

KP2KP Malinau mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi di Aula Hotel Mahkota (Rabu, 31/1). Acara ini dikhususkan untuk para pengusaha yang masuk dalam kategori peredaran bruto tertentu, yaitu sejumlah 11 pengusaha. 

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 11.15 WITA. Diawali dengan sambutan Kepala KP2KP Malinau, para peserta selanjutnya dipimpin dan dibimbing untuk melakukan pengisian SPT Tahuan mereka.

Kepala KP2KP beri sambutan sebelum dimulainya pemaparan
Para peserta antusias mndengarkan sambutan dari Kepala KP2KP Malinau
Para pegawai KP2KP Malinau melakukan bimbingan pengisian SPT Tahunan
Foto bersama peserta dengan Kepala dan pegawai KP2KP Malinau

Amankan Penerimaan, 506 Pegawai Jatim Bersatu Hadiri Rakorgab I

Kanwil DJP Jatim Bersatu yang digawangi oleh Kanwil DJP Jawa Timur I, II, dan III melaksanakan Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) I Tahun 2018 di Kertanegara Hall and Convention Singhasari Resort, Batu (Senin, 29/1).

Rakorgab yang berlangsung selama dua hari hingga 30 Januari 2018 ini mengusung tema “Satukan Langkah Satukan Strategi untuk Pengamanan Penerimaan Tahun 2018”. Jumlah peserta Rakorgab yang hadir sebanyak 506 pegawai yang terdiri dari seluruh pejabat eselon II dan III, perwakilan pejabat fungsional, pejabat eselon IV serta perwakilan pelaksana dari Kanwil DJP Jawa Timur I, II, dan III.

Pengarahan dari Staf ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak, Awan Nurmawan Nuh beserta Kakanwil DJP Jawa Timur I, II, III didampingi oleh masing-masing Liaison Officer dari Kantor Pusat berlangsung berturut-turut di hari pertama pelaksanaan Rakorgab. Fokus pengarahan yang diberikan berupa evaluasi kinerja di tahun 2017 dan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan untuk pengamanan target penerimaan pajak di tahun 2018.

Direktur P2Humas, Hestu Yoga Saksama juga menyampaikan arahan kepada peserta rakorgab tentang pentingnya peningkatan citra DJP dan Netralitas pegawai dalam menyikapi suasana pilkada di tahun 2018. Turut hadir di hari pertama Rakorgab Kakanwil DJP Banten, Catur Rini Widosari, yang berkesempatan membagi success story nya sebagai kantor wilayah dengan pencapaian penerimaan pajak tertinggi di tahun 2017.

Agenda di hari kedua Rakorgab Jatim Bersatu yaitu pembacaan executive summary dan pengarahan langsung dari Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan. Lima hal penting yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pajak adalah Pencapaian target penerimaan dan pertumbuhan di tahun 2018, Maksimalisasi data dan potensi perpajakan, Pengawasan kinerja, Pelayanan Prima khususnya pada penerimaan SPT Tahunan, dan Sinergi dengan DJBC yang berkesinambungan.

Dengan adanya Rakorgab I tahun 2018, diharapkan dapat memupuk semangat para pegawai khususnya di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur I, II, dan III untuk menyatukan langkah dan strategi demi tercapainya target penerimaan di tahun 2018.

#pajakkitauntukkita

Arahan Dirjen Pajak, Robert Pakpahan kepada seluruh peserta Rakorgab
Staf Ahli Menkeu Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak ingatkan untuk tetap fokus capai target 2018
Hestu Yoga Saksama, Direktur P2Humas menegaskan pentingnya peningkatan citra DJP dan Netral terhadap suasana pilkada 2018
Kakanwil DJP Banten, Catur Rini Widosari berbagi success story dalam Rakorgab I Jatim Bersatu
Jatim Bersatu siap amankan penerimaan pajak tahun 2018

KPP Pamekasan Gelar Aksi Rutin Donor Darah

KPP Pratama Pamekasan bekerja sama dengan UTDPMI Kab. Pamekasan kembali melaksanakan kegiatan sosial Donor Darah yang dilaksanakan di Aula KPP Pratama Pamekasan (Selasa, 23/1).

Kegiatan  donor darah ini merupakan suatu acara rutin dalam memupuk rasa kesetiakawanan di lingkungan KPP Pratama Pamekasan. Menurut data yang ada, kebutuhan darah Kabupaten Pamekasan rata-rata per bulan adalah 1400 kantong dan sekarang baru terpenuhi rata-rata 1000 kantong. Oleh karena itu, di tahun 2018  ini setiap 3 bulan sekali akan diadakan kegiatan donor darah di KPP Pratama Pamekasan.

Para pegawai sedang menunggu giliran untuk mendonorkan darahnya.
Suasana saat salah satu pegawai mendonorkan darahnya.
Salah satu AR, Loanita tampak asyik menikmati proses donor darah.

KPP Pratama Tenggarong Bahas Strategi Pengamanan Pajak

KPP Pratama Tenggarong mengadakan Rapat Pembinaan I dalam rangka pembahasan tantangan dan strategi pengamanan penerimaan pajak tahun 2018 di aula KPP Pratama Tenggarong (Selasa, 23/1).

Kepala KPP Pratama Tenggarong, Widodo, menyampaikan hasil Rapat Pimpinan Nasional tahun 2018 dan pesan-pesan dari Menteri Keuangan. Selain itu, Widodo membahas pengelolaan SDM dan organisasi di Direktorat Jenderal Pajak.

Kepala KPP Pratama Tenggarong menyampaikan materi tantangan dan strategi penerimaan pajak.
Seluruh pegawai menghadiri rapat pembinaan.
Seluruh pegawai menghadiri rapat pembinaan.

STIE Muhammadiyah Asahan Gelar Rapat Pembentukan Tax Center

Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II melalui Bidang P2Humas bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Asahan menggelar Rapat Persiapan Tax Center di gedung lantai 2 STIE Muhammadiyah Asahan, Kisaran (Kamis, 1/2). Acara dihadiri oleh perwakilan dari Kanwil DJP Sumut II dan KPP Pratama Kisaran, Ery Sunandar dan Jafar Siregar. Dari pihak kampus turut hadir Ketua STIE Syafrial Syah dan para dosen.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua STIE Muhammadiyah Asahan yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara adminisitratif, STIE Muhammadiyah Asahan dapat memenuhi syarat tempat dan siap unutk membentuk Tax Center dengan tujuan mengembangkan pengetahuan di bidang perpajakan khususnya bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus.

"Kami juga berharap dengan terbentuknya Tax Center ini sebagai modal bagi mahasiswa untuk mengerti dan menguasai informasi tentang perpajakan selama ini," ucap Ery. Selanjutnya, Ery Sunandar juga menjelaskan dalam pengantar pembahasan bahwa penerimaan negara 80% bersumber dari pajak, letak geografis wilayah Kanwil DJP Sumut II yang luas terdiri dari 29 Kabupaten/Kota menyebabkan perlunya perpajangan tangan masyarakat bahwa tidak semua daerah terjangkau informasi perpajakan, dan DJP dalam hal ini sangat membutuhkan feedback dari masyarakat terhadap perpajakan, salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi.

Ery berharap perguruan tinggi dapat memasukkan perpajakan ke dalam mata kuliah umum sebagai implementasi terhadap inklusi pajak yang merupakan pelajaran yang wajib harus diikuti seluruh civitas akademik. "Setelah pembahasan ini akan dilakukan kegiatan lanjutkan dengan Penandatanganan MoU Kerjasama dan Peresmian Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Asahan yang akan diselenggarakan dengan jadwal yang akan ditentukan segera mungkin," ucap Ery.

STIE Muhammadiyah Asahan menggelar Rapat Pembentukan Tax Center
Penyerahan konsep MoU Kerjasama pembentukan Tax Center
Foto Bersama

Pegawai KPP PMA Lima Berkomitmen Cegah dan Berantas Korupsi

Memiliki komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi menjadi kewajiban bersama, setiap aparatur sipil negara. Tidak terkecuali, pegawai Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Lima (KPP PMA Lima). Perwakilan pegawai KPP PMA Lima, yang terdiri atas kepala seksi, ketua kelompok, fungsional pemeriksa pajak, Account Representative, dan pelaksana mengikuti acara “Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2018” di aula rapat KPP PMA Lima, Jakarta (14/2).

Selepas penandatanganan, dilanjutkan dengan rapat pembinaan. Dalam arahannya, Kepala KPP PMA Lima Ana Astuti Nugrahaningsih berpesan, "Pakta integritas berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, juga  kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Poin-poin pakta integritas itu harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh." Selain itu, "Langkah-langkah mencapai target 2018 harus dipersiapkan lebih baik,” tambahnya. Selanjutnya, seluruh pegawai KPP PMA Lima menandatangani pakta integritas.

Tujuan penandatanganan pakta integritas adalah yang pertama, memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Kedua, untuk menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran, serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel. Ketiga, mewujudkan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggung jawab dan bermartabat dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya bangsa, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan Pancasila. Hal ini sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2011.

Komitmen Antikorupsi oleh Perwakilan Account Representative
Penandatanganan Pakta Integritas Bersama oleh Para Perwakilan Pegawai
Komitmen Antikorupsi oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV
Komitmen Antikorupsi oleh Perwakilan Ketua Kelompok Fungsional Pemeriksa Pajak
Komitmen Antikorupsi oleh Perwakilan Pelaksana

Bersinergi, Kanwil Jaksel I dan Jakpus Gelar Rakorgap

Kanwil DJP Jakarta Selatan (Jaksel) I dan Kanwil DJP Jakarta Pusat (Jakpus) melaksanakan Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) I tahun 2018 selama 3 (tiga) hari di gedung Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta (Rabu,14/2).

Tema yang diusung pada Rakorgab kali ini adalah “Bersinergi Mencapai Target Penerimaan Pajak 2018”. Peserta dari Rakorgab terdiri dari seluruh pejabat eselon II dan III, perwakilan pejabat fungsional, pejabat eselon IV, serta perwakilan pelaksana dari masing-masing Kanwil.

Para Pejabat Eselon II berfoto bersama
Kakanwil Jaksel I Sakli Anggoro menyerahkan cinderamata kepada Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Angin Prayitno Aji
Sambutan Kakanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta Dionysius Lucas Hendrawan
Paparan dari Kakanwil DJP Jakarta Pusat Wahju Karya Tumakaka
Foto bersama seluruh peserta Rakorgab

Bupati Tasikmalaya Lapor SPT via e-Filing

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, melaporkan SPT Tahunannya melalui fasilitas e-Filing pada Selasa (13/2). Pelaporan SPT orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya itu dilakukan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Tasikmalaya. Proses pelaporan berjalan dengan lancar dan tidak memakan waktu lama.

Kepala KPP Pratama Tasikmalaya, Erry S. Dipawinangun menyambut baik kehadiran Uu. "Pelaporan SPT Tahunan di awal waktu seperti yang dilakukan oleh Pak Uu patut menjadi teladan bagi wajib pajak lainnya, terlebih warga Tasikmalaya," ujar Erry. "Ini merupakan pemenuhan kewajiban kita sebagai warga negara. Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Tasikmalaya untuk menyampaikan SPT-nya sebelum 31 Maret 2018," sambung Yogi selaku Kasi Pelayanan.

Penyampaian melalui e-Filing ini dapat dilakukan dengan mengakses situs Ditjen Pajak dengan alamat www.djponline.pajak.go.id.

Uu Ruzhanul Ulum sedang melaporkan SPT via E-filing
Uu Ruzhanul Ulum tiba di KPP Pratama Tasikmalaya
Erry S. Dipawinangun memberikan kenang-kenangan kantor
Uu Ruzhanul Ulum beserta pejabat KPP Pratama Tasikmalaya berfoto bersama