Flash Foto

Patur KPP Kembangan Usung Bhinneka Tunggal Ika

Kegiatan Pajak Bertutur (Patur) KPP Pratama Jakarta Kembangan diadakan serentak dengan unit-unit DJP lainnya se-Indonesia dengan mengusung semangat Bhinneka Tunggal Ikadi Ballroom PX Pavilion Lippo Mall Puri (Jumat, 11/8). Peserta Patur berjumlah 472 siswa/i dari 4 sekolah negeri (SMAN 85 Jakarta, SMAN 101 Jakarta, SMAN 112 Jakarta dan MAN 10 Jakarta) dan 4 sekolah swasta (SMA Notre Dame Jakarta, SMA Ipeka Puri Jakarta, SMA Global Sevilla Jakarta dan SMA Springfield Jakarta).

Sebagai undangan VIP nampak hadir Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Barat dan Camat Kembangan. Panitia Pajak Bertutur KPP Pratama Jakarta Kembangan digawangi oleh Petrus Samusamu, Budi Setyo Suhartanto, Yoseph Nugroho Kumoro Susanto, Ferni, Suzanna Faurita Tambunan, Lina Iswari, Heru Alfyanto Malay, Indra Kusuma, Budi Pratikno, Zulfiyansah, Mukhriza Arief, Febri Eriyanto, Krisna Erlangga Putra, Didik Yandiawan, Arief Sulistiadhi, Latifah, Made Adi Guna Mertawan, Syahirul Alim, Budiyana dan Sutiono. (ma/*)

Menyanyikan Indonesia Raya dipimpin Robby Tampubolon Kepala KPP Pratama Jakarta Kembangan, Pembacaan doa oleh Budi Setyo Suhartanto, Kata Sambutan oleh Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakbar dan Penyerahan Plakat kepada Undangan VIP dan Guru Pendamping dari 8 sekolah undangan.
Pementasan Choir SMA Notre Dame Jakarta. Seru dan haru saat Indonesia Pusaka dinyanyikan bersama. PIC Ferni
Penyampaian materi oleh Febri Eriyanto dan Kuis Pajak oleh Krisna Erlangga Putra
Pementasan Gambang Kromong oleh SMAN 112 Jakarta. SERU! Peserta dari 8 sekolah bergabung bernyanyi bersama. PIC Petrus Samusamu dan Mukhriza Arief
Pementasan Gitar Akustik SMA Global Sevilla dan Tari Saman MAN 10 Jakarta. Semoga menjadi bagian Generasi Emas Indonesia 2045. PIC Petrus Samusamu dan Mukhriza Arief

KPP Madya Batam Gelar IHT Komunikasi dan Menulis

Komunikasi merupakan hal terpenting dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari khususnya rutinitas pekerjaan. Oleh karena itu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Batam mengadakan In House Training (IHT) Communication Skill dan Kiat-Kiat Menulis di Aula Lantai 3 KPP Madya Batam pada 20-21 Juli 2017.

Ani Natalia, Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan DIrektorat P2Humas didatangkan sebagai pembicara. IHT juga dihadiri oleh perwakilan dari KPP Pratama Batam Utara, KPP Pratama Batam Selatan, KPP Pratama Tanjungpinang, KPP Pratama Bintan, dan KPP Pratama Tanjung Balai Karimun. Dolly Wildan Hamdani dari Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau didaulat memandu jalannya acara.

Berbagai pengalaman serta cara dalam berhubungan verbal maupun non-verbal dengan pihak lain khususnya wajib pajak disampaikan dengan gamblang oleh Ani Natalia. Dalam kesempatannya wanita yang akrab disapa Kak Ani ini mengajak hadirin untuk menciptakan Ditjen Pajak selayaknya keluarga bagi diri sendiri. Ia menambahkan bahwa tugas kehumasan bukan hanya milik Direktorat P2Humas saja, melainkan setiap pegawai turut ikut membawa citra Ditjen Pajak ke masyarakat.

Acara juga diisi materi Kiat-kiat Menulis dari Kepala Seksi Pengelolaan Situs Riza Almanfaluthi. Pria yang hobi lari ini membeberkan cara menulis yang baik serta memberikan sedikit tugas kepada para peserta. Kepala KPP Madya Batam Arman Imran berharap ilmu yang didapat selama IHT ini mampu diaplikasikan para peserta dengan baik khususnya ketika menjalankan profesionalitas kerja. (mya/*)

Salah seorang peserta berusaha mengabadikan pemarapan materi oleh Ani Natalia
Sambutan Kepala KPP Pratama Batam Utara
Riza Almanfaluthi memberikan kiat-kiat menulis yang baik
Pemberian plakat kenang-kenangan kepada Kak Ani
Foto bersama adalah hal yang wajib dalam setiap kegiatan

Pajak Bertutur KPP Pratama Dumai Gemparkan Sekolah

Pajak bertutur merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan memecahkan Rekor MURI dimana kegiatan ini akan diadakan secara serempak dan diikuti lebih dari 110.000 peserta, Jumat (11/8).

Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari agenda Menteri Keuangan dalam rangkaian perayaan Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan pembuka kampanye program inklusi kesadaran pajak di dunia pendidikan. Pajak Bertutur diadakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan serta menumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran pajak melalui jalur pendidikan. Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, serta mempersiapkan generasi emas untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

KPP Pratama Dumai ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pajak Bertutur dengan Ketua Penyelenggara Kegiatan Dhiyah Rosalina selaku Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Dumai, bekerja sama dan berkordinasi dengan pihak sekolah, diantaranya Drs. Yulizar selaku Kepala Sekolah SMA Binaan Khusus yang diikuti oleh 200 peserta didik, Drs. H. Auzar, M.si. selaku Kepala Sekolah SMA N 1 Dumai yang diikuti oleh 100 peserta didik, Drs. Sukaini, M.M. selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Dumai yang diikuti oleh 337 peserta didik, dan Dra. Hj. Rosmawati Lubis, Spd selaku Kepala Sekolah SMP N 2 Dumai.

Kegiatan dirangkai semenarik mungkin, disesuaikan dengan peserta acara yaitu peserta didik, agar menarik minat mereka dan ikut berpartisipasi secara aktif dalam keberlangsungan acara. Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak sekolah, dilanjutkan kata sambutan dari Ridho Syafruddin selaku Kepala KPP Pratama Dumai yang akan berkeliling ke tiap tempat diadakannya acara, pemberian materi dengan tema Peduli Pajak yang diselipkan dengan quiz, games yang bersifat team building, dan kegiatan menarik lainnya yang tidak lepas dari tema.

Dalam sambutannya, Ridho Syafruddin menyampaikan, “Peran penting pajak saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga kepatuhan baik pembayaran maupun kepatuhan pelaporan pajak masih sangat rendah. Untuk itu, menyongsong Indonesia Emas pada 2045, DJP menginisiasi untuk mengintegrasikan materi kesadaran pajak dengan kurikulum pendidikan. Dengan diperkenalkannya pajak dan manfaatnya sejak dini, maka pada saatnya nanti mereka akan menjadi wajib pajak yang tertib. Wajib Pajak adalah pahlawan." (gyt/*)

Foto Bersama Siswa Siswi SMA N 1 Dumai
Bebas Berekspresi, Bebas Bergaya ala Siswi SMA N 2 Dumai
Semangat Siswa Siswi, Komitmen Peduli Pajak
Foto Bersama Siswa Siswi SMA Binaan Khusus
Bayar Pajak Keren, Bersama Siswa Siswi SMP N 2 Dumai

Tingkatan Kepatuhan Perpajakan, Kanwil DJP Kaltimra Gelar Dialog Perpajakan

Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara bersama Kanwil DJPB Kalimantan Timur melakukan dialog perpajakan dengan Inspektorat dan BPKAD tingkat Kota dan Provinsi Kalimantan Timur serta Bank Kaltim di ruang rapat Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara (Selasa, 15/8). Dialog Perpajakan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran permasalahan dan merumuskan langkah bersama agar pemenuhan kewajiban perpajakan bendahara pemerintah daerah dapat dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.  

Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, Kanwil DJPB Kalimantan Timur, Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Inspektorat Daerah Kota Samarinda, Inspektorat Daerah Balikpapan, BPKAD Provinsi Kalimantan Timur, BPKAD Kota Samarinda, BPKAD Kota Balikpapan serta Direktur Bank Kaltim. Dialog tersebut memiliki arti yang sangat bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Samarinda serta Balikpapan terkait peningkatan pendapatan daerah dan pengelolaan keuangan daerah. (as/*)

Tanggapan dari Kepala BPKAD Provinsi Kalimantan Timur
Dialog Kewajiban Perpajakan Bendahara atas Belanja Daerah
Foto Bersama Para Peserta Dialog Perpajakan
Paparan Kepala Inspektorat Daerah Provonsi Kalimantan Timur
Paparan Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara

Tingkatkan Kesadaran Pajak, Kanwil DJP Banten Gelar Pajak Bertutur

Kanwil DJP Banten bekerjasama dengan Tax Center di seluruh wilayah Banten menggelar Kegiatan Pajak Bertutur, Jumat (11/8). Acara diadakan di Ruang Pertemuan Matana University serta dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari perwakilan Universitas di wilayah Kantor Wilayah DJP Banten yang diantaranya adalah Universitas Pelita Harapan, Matana University, Universitas Multimedia Nusantara, STIE Akhmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah, dan Universitas Pamulang.

Acara dibuka oleh sambutan dari Rektor Matana University dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan mengenai Pajak Bertutur oleh Catur Rini Widosari Kepala Kantor Wilayah DJP Banten. Acara berlangsung sangat meriah ditandai dengan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan dari seluruh mahasiswa dan panitia. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Pajak Bertutur, seluruh mahasiswa dapat menyebarluaskan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya pajak serta menjadi pembayar pajak yang patuh setelah memasuki dunia kerja.(yh/*)

foto bersama
ice breaking
tanya jawab
suasana kegiatan

Semarak, Kanwil DJP Kaltimra Gelar PORSENI

Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara mengadakan ICV bertajuk peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) antar unit di lingkungan Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara yang berkantor di Balikpapan yang puncak acaranya diadakan setelah melaksanakan upacara bendera sekaligus pembagian dorprize dan hadiah bagi pemenang perlombaan (Kamis, 17/8).

Unit kerja yang terlibat dalam acara tersebut adalah Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, KPP Madya Balikpapan. KPP Pratama Balikpapan dan KPP Pratama Penajam. Perlombaan dilaksanakan setiap sore setelah jam kerja selama satu minggu. Berbagai macam kegiatan diperlombakan dalam kegiatan tersebut, seperti Badminton, Futsal, Bola Voly, Catur, Gaple, Karaoke hingga permainan tradisional. (as/*)

 

Lomba tradisional
Pertandingan Futsal antar Unit Kerja di lingkungan Kanwil DJP Kalimantan Timur yang berkantor di Balikpapan
Lomba Karaoke antar Unit Kerja di lingkungan Kanwil DJP Kalimantan Timur yang berkantor di Balikpapan
Pertandingan Badminton antar Unit Kerja di lingkungan Kanwil DJP Kalimantan Timur yang berkantor di Balikpapan
Pertandingan Volly antar Unit Kerja di lingkungan Kanwil DJP Kalimantan Timur yang berkantor di Balikpapan

Tim IMF Kunjungi Kanwil DJP Wajib Pajak Besar

Kanwil DJP Wajib Pajak Besar menerima kunjungan dari perwakilan International Monetary Fund (IMF), yaitu John Brondolo, Senior Economist dan Annette Chooi, Advisor yang didampingi oleh tim dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Rabu, 16/8). Kunjungan tim IMF tersebut adalah dalam rangka kerjasama Indonesia dan IMF di bidang Kebijakan dan Administrasi Perpajakan. Dalam kunjungannya ke Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, tim IMF disambut oleh Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama beserta jajaran.

Dalam sesi diskusi, tim IMF diberikan penjelasan antara lain mengenai profil Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, mulai dari struktur organisasi, proses bisnis, kinerja penerimaan sampai dengan komposisi sumber daya manusia (SDM). Tim IMF juga diberikan paparan mengenai kondisi lapangan oleh Kepala KPP Wajib Pajak Besar, Dody Herawan, Kepala Seksi Pengawasan Konsultasi  KPP Wajib Pajak Besar Dua, Joko Galungan dan Kepala KPP Penanaman Modal Asing (PMA) Dua, Rafael Alun Tri Sembodo yang kebetulan juga hadir dalam acara tersebut. Selain diberikan paparan serta penjelasan dalam sesi tanya jawab, Tim IMF juga diajak meninjau (office tour) ke KPP Wajib Pajak Besar Empat. (aw/*)

Tim IMF disambut saat tiba di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar
Kakanwil DJP Wajib Pajak Besar memimpin diskusi dengan tim IMF
Annette Choii, salah satu Tim IMF menyimak penjelasan dari Tim Kanwil DJP Wajib Pajak Besar
Kunjungan ke KPP Wajib Pajak Besar Empat
Foto Bersama saat akhir kunjungan tim IMF

Gelegar, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Tutup Porseni

Menutup rangkaian acara Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) di gedung Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan untuk meningkatkan kerjasama antar pegawai, pada hari Rabu, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar mengadakan acara penutupan yang berlangsung dengan sangat meriah di aula lantai 2 Gedung Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, Jakarta (Rabu, 16/8).

Penutupan Porseni oleh Kakanwil DJP Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama ini juga sekaligus memperingati hari Kemerdekaan RI sehingga penuh dengan penampilan yang berwarna-warni dan semarak. Porseni diikuti oleh semua satuan kerja (satker) yang berada di Gedung Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, yaitu mulai dari Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, KPP Wajib Pajak Besar Satu sampai Empat, KPP Perusahaan Masuk Bursa dan KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Satu. Porseni yang dibuka pada tanggal 28 Juli 2017 yang lalu diberi tema Raih Prestasi Dalam Semangat Sinergi dan Kebersamaan.

Terdapat banyak pertandingan di PORSENI ini antara lain bulu tangkis, tenis meja, futsal, tenis lapangan, catur, gaple dan juga pertandingan ringan seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng dan permainan tradisional lainnya. Untuk kesenian, lomba yang dipertandingkan antara lain Radjiman Got Talent, menghias gapura kantor dan lomba film pendek bertema Hari Kemerdekaan. Berhasil menjadi juara umum dalam Porseni ini adalah KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Satu, disusul oleh Kanwil DJP Wajib Pajak Besar dan juara umum ketiga adalah KPP Wajib Pajak Besar Satu. Berikut adalah rekapitulasi pemenang lomba Porseni:

Kantor

Lomba

Rekapitulasi

JUARA

Catur

Gaple

Futsal

Bulutangkis

Tenis Meja

Tenis

Gapura

Film

RGT

Emas

Perak

Perunggu

Kanwil LTO

 

 

 

 

                    3

 

                1

                3

                1

                2

               -  

                2

                2

KPP WP Besar Satu

 

 

                2

                     1

                    2

 

 

 

 

                1

                2

               -  

                3

KPP WP Besar Dua

 

         3

                1

 

 

 

 

 

 

                1

               -  

                1

 

KPP WP Besar Tiga

 

 

 

                     2

 

 

                3

                1

 

                1

                1

                1

 

KPP WP BesarEmpat

           3

 

 

 

 

         2

                2

                2

 

               -  

                3

                1

 

KPP PMB

 

 

                3

                     3

 

         1

 

 

                2

                1

                1

                3

 

KPP KB I

           1

         1

 

 

                    1

 

 

 

                3

                3

               -  

                1

                1

Building Management

           2

         2

 

 

 

 

 

 

 

               -  

                2

               -  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga acara seperti ini bisa menambah kebersamaan dan semangat bagi para pegawai yang berada di gedung Radjiman untuk terus bekerja dan mencapai target penerimaan yang telah diamanahkan. (aw/*)

Acara Penutupan Porseni Kanwil LTO
Penampilan Kanwil DJP WP Besar di Radjiman Got Talent
Penyerahan Piala ke Pemenang
Pihak Building Management juga menjadi juara Porseni
Kakanwil DJP WP Besar, Mekar Satria Utama secara resmi menutup Porseni

Kanwil DJP Banten Gelar POR

Kantor Wilayah DJP Banten mengadakan pembukaan Pekan Olahraga (POR) di Moderland Sport Club yang dilaksanakan dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan untuk meningkatkan kebersamaan dan kerjasama antar seluruh pegawai (Kamis, 17/8). Acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan mulai dari Kanwil DJP Banten, KPP Madya Tangerang, KPP Pratama Tangerang Timur, KPP Pratama Tangerang Barat, KPP Pratama Kosambi, KPP Pratama Tigaraksa, KPP Pratama Cilkupa, KPP Pratama Serpong, KPP Pratama Serang, KPP Pratama Cilegon, KPP Pratama Pandeglang, dan KP2KP Rangkasbitung.

Olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga (POR) Kanwil DJP Banten 2017 ini antara lain bulu tangkis, tenis meja, futsal, bola volley, dan senam. Disamping itu pada acara pembukaan setiap kantor harus memperagakan yel-yel terbaiknya yang langsung dinilai oleh Kepala Kanwil DJP Banten, pada Jumat (18/8) acara Pekan Olahraga (POR) Kanwil DJP Banten 2017 ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yel-yel dan seluruh cabang olahraga. (yh/*)

suasana pembukaan
yel-yel
suasana kegiatan
lomba senam
suasana kegiatan

KPP Pratama Cibitung Meriahkan HUT RI 72

KPP Pratama Cibitung menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia pada 18 Agustus 2017. Bertempat di Aula KPP Pratama Cibitung, seluruh pegawai yang mengenakan kaos berwarna merah sangat antusias dalam mengikuti setiap perlombaan. Ada enam perlombaan yang dipertandingkan, yaitu lomba yel-yel, lomba menggiring bola, lomba meniup bola pingpong, lomba menyuapi pisang, lomba kelereng, dan lomba makan kerupuk.

Semangat kerja bersama dapat diimplementasikan pada setiap perlombaan untuk menciptkan lingkungan kerja yang penuh kekeluargaan dan sinergi. (wan/*)

Seluruh pegawai KPP Pratama Cibitung memeriahkan acara
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Lomba Menggiring Bola dengan Terong.
Lomba Makan Kerupuk.
Lomba Menyuapi Pisang. Seorang pemimpin harus mampu mengarahkan anggotanya untuk mencapai tujuan bersama.