Flash Foto

IPPAT Bekasi Gelar Seminar Bahas PP 36/2017

Kanwil DJP Jawa Barat II menjadi narasumber dalam seminar bertajuk "Aspek Legal dan Administrasi Pendaftaran Peralihan Hak atas Tanah dalam Rangka Pengampunan Pajak dan Perlindungan hukum Bagi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)" yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Bekasi di Hotel Horison, Bekasi (Rabu, 18/10).

Seminar ini dihadiri oleh Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi, dan beberapa pejabat lainnya.

Kanwil DJP Jawa Barat II diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dedi Suartono, memberikan materi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2017 dalam kaitan pendaftaran tanah dalam rangka pengampunan pajak serta tatacara permohonan SKB PPh bagi peserta Amnesti Pajak.

Peserta seminar yang didominasi oleh Notaris/PPAT terlihat aktif mengikuti acara tersebut dengan menanyakan banyak hal kepada para narasumber. Diharapkan seminar ini dapat memperkuat hubungan antara Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak dengan para Notaris/PPAT dan praktisi hukum lainnya yang membantu wajib pajak melengkapi dokumen dalam rangka memenuhi kewajiban perpajakannya.(*)

Seminar dibuka oleh Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang
Narasumber Kanwil DJP Jabar II memaparkan PP 36 Tahun 2017
Narasumber menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para peserta
Piagam berupa ucapan terima kasih diberikan kepada Pengurus Daerah IPPAT Kabupaten Bekasi kepada Kanwil DJP Jawa Barat II

Taxmin Aceh Semangat Ikuti Workshop Penulisan, Fotografi, dan Medsos

Satu rangkaian dalam acara Forum P2Humas, Kanwil DJP Aceh mengundang taxmin KPP dan KP2KP mengikuti Workshop Penulisan, Fotografi, dan Media Sosial di Aula Gedung Arsip GKN Banda Aceh (Selasa, 10/10).

Agenda hari pertama workshop adalah materi penulisan dan kontribusi konten yang disampaikan oleh Riza Almanfaluthi, Kepala Seksi Pengelolaan Situs Direktorat P2Humas. Materi selanjutnya adalah Aturan Dasar Media Sosial dan Cerdas dalam Mengelola Konten Media Sosial yang dipaparkan oleh Meidiawan Cesarian Syah, Pelaksana Seksi Pengelolaan Situs Direktorat P2Humas.

Materi dan praktek fotografi adalah agenda hari kedua workshop. Pelaksana Seksi Hubungan Internal Direktorat P2Humas, Arif Nur Rachman, mengedukasi peserta dengan pengenalan dasar, tips dan trik serta praktek fotografi. Taxmin Aceh mengikuti rangkaian acara dengan penuh semangat, terutama pada saat Kasubdit Humas Perpajakan Direktorat P2Humas, Ani Natalia, menutup dan memberikan hadiah bagi taxmin yang memenangkan caption dan foto terbaik dalam praktek fotografi.(*)

Foto Bersama Taxmin Aceh dan Panitia
Riza menyampaikan materi Penulisan dan Kontribusi Konten
Memed menyampaikan Aturan Dasar Media Sosial
Arif menyampaikan aturan Pengenalan Dasar, Tips dan Trik Fotografi

Kanwil Aceh Bangun Citra Positif DJP lewat Tulisan

“Tulis saja, masalah edit belakangan,” ujar Riza Almanfaluthi, Kepala Seksi Pengelolaan Situs Direktorat P2Humas, selaku narasumber Workshop Penulisan, Fotografi dan Media Sosial Bidang P2Humas Kanwil DJP Aceh di Gedung Keuangan Negara (GKN) Banda Aceh (Selasa, 10/10).

Riza mengajak para taxmin di KPP dan KP2KP Aceh untuk aktif memposting informasi perpajakan dan kegiatan yang dilakukan di kantor masing-masing pada akun media sosial yang dimiliki tiap kantor. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal pemberian informasi perpajakan dan transparansi kegiatan kantor pajak kepada masyarakat luas.

Sebagai kekuatan baru di era digital, media sosial memegang peran penting. Sorotan publik pada suatu hal dapat diarahkan oleh konten yang ada dalam suatu artikel Hebatnya, media dapat mempengaruhi pembaca pada baik atau buruknya citra yang diciptakan berdasarkan perspektif penulisnya. Oleh karena itu, melalui workshop ini Bidang P2Humas Kanwil DJP Aceh mengajak seluruh taxmin Aceh untuk aktif memposting berita yang bersifat positif dalam membangun citra baik DJP.(*)

Kepala Seksi Pengelolaan Situs Direktorat P2Humas sebagai narasumber teknis penulisan
Topi Hitam Taxmin Aceh
Riza Almanfaluthi berikan tips dan trik penulisan

Pengurus Koperasi Kabupaten Gowa Makin Sadar Pajak

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa bekerja sama dengan KP2KP Sungguminasa menyelenggarakan Sosialisasi Hak dan kewajiban Perpajakan bagi Koperasi di Hotel Prima Makassar (Sabtu, 14/10). Sejumlah pengurus Koperasi Simpan Pinjam /Unit Simpan Pinjam se-Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terlihat antusias mendengarkan pemaparan tersebut. Hari Sabtu tidak menjadi halangan bagi pengurus KSP/USP untuk menghadiri kegiatan yang merupakan rangkaian dari Pelatihan Penerapan Standarisasi Tata Kelola Simpan Pinjam KSP/USP.

Kasubag Perencanaan & Pelaporan Keuangan, Amiruddin menerangkan pada pelatihan terkait tata kelola simpan pinjam, tetap harus diberikan materi perpajakan. Hal ini dikarenakan para pengurus koperasi masih minim ilmu pajak baik dalam hal pemotongan/pemungutan maupun penyetorannya sedangkan kewajiban perpajakannya tetap harus dilakukan.

Acara dibuka pukul 09.45 WITA oleh Ikhwan Latief, Account Representative KPP Pratama Bantaeng. Ikhwan memaparkan mengenai Hak dan Kewajiban Perpajakan Koperasi. Berbagai pertanyaan yang diajukan oleh peserta saat sesi tanya jawab dibuka, menandakan niat dan antusiasme mereka untuk lebih mengerti dan lebih baik lagi dalam menjalankan kewajiban yang berkaitan dengan pajak untuk kedepannya. (aif/*)

Moderator membuka acara sosialisasi perpajakan bagi koperasi
Narasumber menjelaskan aspek-aspek perpajakan untuk koperasi
Para peserta larut dalam materi yang diberikan oleh narasumber
Antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan seputar pajak bagi koperasi

SMAN 2 Limboto Terima Edukasi Generasi Muda Sadar Pajak

KP2KP Limboto mengadakan kegiatan Tax Goes to School (TGTS) di SMA Negeri 2 Limboto (Kamis, 28/9). Kegiatan ini ditujukan untuk memberi pemahaman kesadaran pajak bagi generasi muda. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan pajak dan menanamkan kesadaran pajak bagi generasi muda yang nantinya akan menjadi pembayar pajak,” ungkap pembawa materi pelaksana KP2KP Limboto, M. Hanif Naufal, dalam pembukaan awal pemberian materi. TGTS ini dikemas sangat menarik dengan games dan pemberian hadiah kepada siswa yang aktif. Pihak sekolah berharap kegiatan ini akan terus berlanjut mengingat pentingnya kesadaran pajak sejak dini bagi generasi muda.

Penyampaian materi oleh pelaksana KP2KP Limboto
Antusias mengikuti games oleh peserta dari SMAN 2 Limboto
Pemberian hadiah kepada siswa yang aktif
Foto bersama menutup acara TGTS SMAN 2 Limboto
Pembukaan secara resmi oleh Kepala KP2KP Limboto & Kepala Sekolah SMAN 2 Limboto

Bendahara di Bangka Antusias Ikut Edukasi Perpajakan

KPP Pratama Bangka, berkerjasama dengan KP2KP Sungailiat, mengadakan edukasi/sosialisasi perpajakan bagi Bendahara Pemerintah di lingkungan Kabupaten Bangka di aula Kantor Kabupaten Bangka (Rabu, 18/10). Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Bendahara mengenai aspek-aspek perpajakan atas kegiatan pengadaan barang dan jasa.(*)

Bendahara Pemerintah di lingkungan Pemkab Bangka yang menghadiri acara.
Marwan Zahfari (Asisten Bupati Bangka Bidang Administrasi Umum), Kepala KPP Pratama Bangka dan Kepala KP2KP Sungailiat sedang membuka acara.
Peserta Acara Sosialisasi kepada Bendahara
Rekanan Bendahara Pemerintah yang mengikuti Sosialisasi
Kepala Seksi Ekstensifikasi, Kepala KP2KP Sungailiat dan Kepala KPP Pratama Bangka berfoto bersama setelah acara selesai.

KP2KP Limboto Tingkatkan Pengetahuan Pajak Generasi Muda

Untuk mewujudkan generasi penerus yang sadar pajak, KP2KP Limboto mengadakan "Tax Goes To School" di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara (20/9). Tema yang diusung kali ini adalah Pajak Kita Untuk Kita. Materi tersebut sesuai untuk generasi muda karena menanamkan pemahaman akan pentingnya pajak untuk negeri ini. Selain materi ada juga games berupa tebak gambar. Para peserta tampak antusias mengikuti acara ini. Hal itu terbukti dengan banyaknya siswa yang terlibat tanya jawab dalam acara tersebut.

Foto bersama diakhir pemberian materi
Pembukaan secara resmi TGTS oleh kepala KP2KP dan wakil kepala sekolah
Penyampaian materi oleh pelaksana KP2KP Limboto
Peserta antusias mendengarkan penyampaian materi
Pemberian hadiah kepada siswa yang aktif dalam tanya jawab

SMKN Ngadirojo Cetak Generasi Emas Sadar Pajak

KP2KP Pacitan mengusung tema "Cinta Negeri Peduli Generasi, Membangun Kesadaran Pajak Sejak Dini' dalam kelas pajak di SMKN Ngadirojo (Kamis, 28/9). KP2KP Pacitan berupaya memberikan pengetahuan tentang kesadaran pajak sejak dini, untuk mencetak "Generasi Emas Sadar Pajak". Acara tersebut disambut meriah dan diikuti dengan antusias oleh peserta yang berasal dari murid kelas XII dari semua jurusan. KP2KP Pacitan berharap kegiatan seperti ini dapat menanamkan manfaat pajak sebagai tulang punggung dalam pembiayaan pembangunan kepada para siswa sehingga di masa depan nanti, mereka diharapkan menjadi pelopor kesadaran membayar pajak bagi lingkungan disekitarnya.

Peserta Kegiatan Cinta Negeri Peduli Generasi, Membangun Kesadaran Pajak Sejak Dini
Antusiasme Murid SMKN Ngadirojo
Afrian Dita Angriwan, pelaksana KP2KP Pacitan saat memberikan materi
Afrian Dita Angriwan, pelaksana KP2KP Pacitan saat memberikan materi

KPP Sidoarjo Selatan Serius Gali Potensi Pasca TA

KPP Sidoarjo Selatan dalam kegiatan forum Account Representative, melakukan pembahasan terkait Piloting Compliance Risk Management (CRM) dan Implementasi Galpot Pasca Tax Amnesty di Kantor Pelayanan Pajak Sidoarjo Selatan (Rabu, 18/10). Materi disampaikan oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II, Agus Subagio terkait Piloting Compliance Risk. Materi kedua adalah Implementasi Penggalian Potensi Pasca Program Tax Amnesty (PP No. 36 Tahun 2017). Forum tersebut dihadiri oleh para Account Representative di KPP Sidoarjo Selatan.

Bapak Agus Subagio Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II sebagai narasumber dalam Forum Account Representative (AR) mengenai Pelaksanaan Piloting Compliance Risk Management
Penyampaian materi mengenai Piloting Compliance Risk Management (CRM)
Penjelasan mengenai tata cara Compliance Risk Management (CRM) melalui aplikasi Approweb
Materi dalam kegiatan Forum Account Representative (AR) selanjutnya adalah Implementasi Penggalian Potensi Pasca Program Tax Amnesty (PP No.36 Tahun 2017)
Peserta Forum Account Representative (AR) menyimak dengan seksama penjelasan dari narasumber

Tim Kanwil Aceh Raih Medali Emas Pertama

Dalam rangka peringatan Hari Oeang ke-70, Perwakilan Kementerian Keuangan Aceh membuka PORSENI antar Eselon II yang diikuti oleh DJP, DJBC, KPKNL, dan DJPB di lapangan Gedung Keuangan Negara (GKN), Banda Aceh (Jumat, 8/9). Tarik tambang merupakan cabang olahraga pertama yang dilombakan pada hari pembukaan ini. Kanwil DJP Aceh berhasil meraih medali emas untuk cabang tarik tambang . Kemenangan Tim Kanwil Aceh dalam merebut medali emas pertama ini diharapkan dapat menjadi pemompa semangat tim untuk merebut kembali piala bergilir juara umum Hari Oeang ke-70.

Pelepasan balon menandai dimulainya PORSENI dalam rangka Hari Oeang ke 71
Para peserta pembukaan PORSENI Hari Oeang
Tim tarik tambang Kanwil DJP Aceh
Para pendukung tim tarik tambang Kanwil DJP Aceh
Foto beserta tim tarik tambang beserta pegawai Kanwil DJP Aceh