Flash Foto

100 Mahasiswa STIT Hamzah Fansuri Ikuti TGTC

Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Subulussalam mengadakan Tax Goes to Campus (TGTC) 2017 di STIT Hamzah Fansuri (Selasa, 28/11). Kegiatan yang diikuti oleh hampir 100 orang mahasiswa ini berlangsung lancar dan meriah. 

Tax Goes to Campus merupakan kegiatan yang diadakan sebagai kelanjutan Pajak Bertutur melalui inklusi kesadaran pajak pada berbagai tingkat pendidikan. KPP Pratama Subulussalam berharap dengan kegiatan ini, seluruh mahasiswa STIT Hamzah Fansuri akan menjadi Future Tax Payers yang taat, sadar pajak, dan berperan serta aktif dalam budaya gotong-royong membangun bangsa.

Suasana kegiatan TGTC
Paparan narasumber
Dialog dan tanya jawab
Dialog interaktif
Tanggapan narasumber

Bendahara Desa Takalar Dalami Penghitungan Pajak

KPP Mikro Takalar bersama Account Representative KPP Pratama Bantaeng mengadakan kegiatan rekonsiliasi laporan keuangan bendahara dana desa di Kabupaten Takalar (Kamis, 16/11). “Kami disini untuk membantu Bapak Ibu bendahara desa agar penghitungan dan penyetoran pajaknya sesuai ketentuan,” kata Ardian, Account Representative KPP Pratama Bantaeng.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para bendahara dana desa beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Takalar dengan menyertakan laporan keuangan penggunaan dana desa. Acara tersebut dibuka dengan sambutan dan penjelasan penting atas penghitungan dan penyetoran pajak secara benar dilakukan oleh Zulfikar, Kepala KPP Mikro Takalar.

Masih terdapat bendahara dana desa yang salah dalam hal penghitungan dan cara penyetoran pajak. Berdasarkan laporan keuangan dana desa yang disusun oleh setiap bendahara itu sendiri, Account Representative KPP Pratama Bantaeng mengoreksi penghitungan pajak dan segera membuat ID Billing untuk pembayaran pajak yang kurang dibayar. KPP Mikro Takalar berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak khususnya para bendahara desa di wilayah Kabupaten Takalar. (rff/*)

Sambutan Kepala KPP Mikro Takalar
Pembawaan materi oleh Account Representative KPP Pratama Bantaeng
Suasana FGD Bendahara Dana Desa Kab upaten Takalar
Kegiatan asistensi oleh Account Representative

Peserta Rakorda Kemenkeu Jatim Adakan Jalan Sehat Bersama

Peserta Rakorda Kemenkeu Jatim mengadakan jalan sehat bersama di Kediri (Jumat, 8/12). Rute yang diambil : SMAN 5 Kediri - Brigif 16/Wira Yuda Kediri - Goa Selomangleng - Parkiran Wisata Goa Selomangleng. Acara jalan sehat ini kemudian diakhiri dengan sarapan bareng bersama.

Peserta rakor jalan sehat
Peserta rakor jalan sehat
Sarapan bareng

Kanwil DJP Sumselbabel Peringati HAKI dengan Longmarch dan Orasi

Kanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Babel bersama Kantor Pelayanan Pajak di Palembang melakukan longmarch dan orasi dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) di Taman Kambang Iwak Besak, Palembang (Jumat, 08/12).

Peringatan Hari Antikorupsi Internasional dilakukan setiap tahun di Kanwil DJP Sumsel Babel untuk mengingatkan pegawai agar senantiasa menjaga integritas pribadi, berperilaku terhormat, bersih dari suap, korupsi, dan penyalahgunaan wewenang serta kekuasaan dalam menjalankan tugas pengumpulan pajak.

Kegiatan peringatan yang dimulai dengan longmarch  serta orasi dari Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel, M. Ismiransyah M. Zain (Rendi), serta perwakilan pejabat eselon III yaitu Kepala Bidang Keberatan Banding dan Pengurangan Saefudin, dan Kepala Bagian Umum Richard Burton, serta perwakilan pejabat eselon IV Rice Wandasari Amir, Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi KPP Pratama Palembang Ilir Barat di Taman Kambang Iwak Besak, Kota Palembang, dilanjutkan dengan talkshow dengan narasumber Ketua Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya yang dilakukan di Aula Kanwil DJP Sumsel Babel.

Kakanwil saat berorasi Antikorupsi
Longmarch Antikorupsi
Orasi dari perwakilan Kantor Pelayanan Pajak Ilir Barat
Orasi dari Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel
Foto bersama narasumber dari Ombudsman dan Dekan Fakultas Hukum Unsri

Tingkatkan Spiritualitas, KPP Mamuju Peringati Maulid Nabi

Sejumlah pegawai KPP Pratama Mamuju berkumpul di ruang rapat KPP Pratama Mamuju untuk mengikuti tausiah yang dibawakan oleh ustadz H. Hajrul Malik, S.Ag. dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di KPP Pratama Mamuju (Kamis, 8/12). Selain tausiah, dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian tali asih kepada pegawai honorer di lingkungan KPP Pratama Mamuju dan juga pembacaan ayat suci Al-Quran.

Dalam tausiah tersebut disampaikan bahwa keteladanan sifat Nabi Muhammad SAW bukan hanya perlu dipelajari, namun harus juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari, khususnya dalam pelayanan di kantor berupa sifat ramah, sabar, dan murah senyum harus ditunjukkan oleh pegawai pajak dalam menjalankan layanan kepada para wajib pajak,” ungkap Hajrul. (sam/*)

Kepala KPP Pratama Mamuju membuka acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Pemberian tali asih kepada pramubakti (Honorer)
Ust. H. Hajrul Malik S. Ag. menyampaikan tausiah tentang keteladanan Rasulullah

Cegah Korupsi Dengan Integritas, Kanwil Riau Kepri Jaga Komitmen

Dalam rangka menjaga komitmen seluruh pegawai, Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau mengadakan kegiatan peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2017 di aula Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau lantai 4 (Jumat, 8/12). Acara dihadiri oleh seluruh pegawai yang diawali dengan kegiatan senam pagi dan sarapan bersama.

Seluruh bidang di Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau diharuskan memberikan performance dengan tema "Cegah Korupsi dengan Integritas". Penampilan dari setiap bidang berbentuk drama, musik, atau bentuk lain yang sesuai dengan tema kegiatan dengan penampilan maksimal sepuluh menit. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kekompakan pegawai antar bidang serta sebagai dukungan untuk memberantas korupsi.

Setelah seluruh penampilan selesai dilaksanakan, dilakukan pengecapan tinta di gambar pohon integritas yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau Jatnika sebagai bentuk simbolis komitmen seluruh pegawai dalam meningkatkan integritas untuk memberantas korupsi. 

Bidang P2IP sedang unjuk gigi dalam acara Hari Antikorupsi
Bidang PEP mengajak seluruh pegawai untuk meningkatkan integritas
Bidang Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal bersama-sama memerankan drama kerajaan di acara Hari Antikorupsi International 2017
Kepala Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau bersama Kepala Bidang berpose bersama disamping gambar pohon integritas
Berfoto bersama seluruh pegawai selepas acara berlangsung

Kanwil Kalbar Peringati HAKI dengan Jalan Santai

Kanwil DJP Kalimantan Barat memilih jalan sehat sebagai cara untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 2017 di sekitar Kanwil DJP Kalbar (Jumat, 8/12). Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat, Slamet Sutantyo. Dalam sambutannya, Slamet mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk tetap menjaga integritas dan harus berani mengingatkan sesama pegawai untuk menjunjung nilai antikorupsi. 

Kanwil DJP Kalbar berharap acara ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat sekitar bahwa Kanwil DJP Kalimantan Barat berkomitmen untuk memerangi korupsi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh wajib pajak.

Kanwil DJP Kalimantan Barat memilih jalan sehat sebagai cara untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 2017
Kanwil DJP Kalbar berharap acara ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat sekitar bahwa Kanwil DJP Kalimantan Barat berkomitmen untuk memerangi korupsi
Pemberian kupon doorprize kepada peserta jalan santai peringatan HAKI 2017
Foto bersama peserta jalan santai peringatan HAKI 2017
Pemberian hadiah kepada peserta jalan santai

Developer dan PPAT Mamuju Pahami PER-18/PJ/2017

Bertempat di ruang rapat, KPP Pratama Mamuju mengundang developer dan PPAT yang berada di wilayah kerja KPP Pratama Mamuju untuk memberikan sosialisasi PER-18/PJ/2017 tentang tata cara penelitian bukti pemenuhan penyetoran PPh (Kamis, 7/12). Sosialisasi ini berisi tata cara penelitian bukti pemenuhan penyetoran PPh yang belakangan ini menimbulkan reaksi dari beberapa PPAT karena ada beberapa hal baru yang sebelumnya belum mereka ketahui sehingga ada beberapa pekerjaan mereka yang perlu dilakukan penyesuaian.

Kepala KPP Pratama Mamuju menegaskan aturan ini dibuat bukan untuk menyusahkan pekerjaan PPAT atau pihak lain. Namun, dengan munculnya aturan ini DJP ingin mengajak PPAT, Developer, dan wajib pajak lainnya atau lebih khususnya untuk mereka yang melakukan transaksi pengalihan harta berupa tanah dan bangunan agar sama-sama mengerti tentang kewajiban perpajakannya serta menghindari permasalahan di kemudian hari. (sam/*)

Kepala KPP Pratama Mamuju memberikan paparan pembuka tentang PER-18/PJ/2017
Kepala Seksi Pelayanan, Normanthias, menyampaikan materi PER-18/PJ/2017
Suasana sesi tanya jawab
Sesi diskusi Kepala Kantor, PPAT, dan developer sebagai acara penutup

Anak Muda Parepare Zaman Now Ngerti Pajak

Sebagai bentuk edukasi dalam rangka menyebarluaskan pengetahuan perpajakan sejak dini, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare mengadakan kegiatan penyuluhan bertajuk Tax Goes To Campus (TGTC) di Universitas Muhammadiyah Parepare (Senin, 27/11). Tidak kurang dari 200 mahasiswa/i yang merupakan perwakilan dari seluruh program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Parepare hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan TGTC merupakan bagian dari program rutin Direktorat Jenderal Pajak (DJP) setiap tahunnya sebagai saluran edukasi yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dimulai dari generasi muda yang sadar pajak.

Beberapa pemahaman awal tentang perpajakan diberikan dalam TGTC yang dilaksanakan di penghujung tahun 2017 ini, di antaranya materi tentang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), jenis-jenis pajak, tarif pajak hingga manfaat pajak bagi pembangunan negara. Seusai materi, kegiatan ditutup dengan kuis ala Ranking Satu yang diikuti oleh hampir setengah dari jumlah peserta yang kemudian dimenangkan oleh 3 (tiga) mahasiswi terbaik. Apresiasi yang tinggi pun patut diberikan melihat antusiasme mahasiswa/i selama mengikuti TGTC ini. Hal ini dibuktikan dengan sikap aktif, interaktif, dan kritis para peserta selama sesi tanya jawab dan kuis berlangsung.

Lebih dari sekadar penyuluhan, TGTC merupakan aktualisasi sinergi antara pemerintah melalui DJP dengan institusi pendidikan dalam memberikan pengetahuan pajak sejak dini kepada mahasiswa/i Indonesia. Harapannya, sebagai agen perubahan, mahasiswa mampu membangun kesadaran pajak mulai dari diri sendiri. Dengan demikian, ke depan mereka bisa berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dengan menjadi warga negara yang tidak hanya mengerti, tetapi juga taat dan patuh pajak, karena pajak kita untuk kita. (vpn/*)

Suasana di aula sebelum acara TGTC dimulai
Pemberian materi perpajakan oleh Muh. Mushlih
Prosesi tanya jawab oleh salah satu mahasiswa
Keseruan saat kuis Rangking 1 bersama sebagian mahasiswa/i
Foto bersama Tim TGTC dan sebagian mahasiswi

Kantor Pajak Pekanbaru Perang Lawan Korupsi

Sehubungan dengan peringatan hari Antikorupsi Internasional, KPP Madya Pekanbaru bersama KPP Pratama Pekanbaru Tampan melaksanakan kegiatan funwalk di Pekanbaru (Jumat, 8/12). Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan teaterikal mengarak koruptor. Tujuan kegiatan teaterikal diadakan agar KPP Madya Pekanbaru serta KPP Pratama Pekanbaru Tampan menolak serta melarang segala bentuk tindakan korupsi. Kegiatan funwalk dipimpin langsung oleh Kepala KPP Madya Pekanbaru Harri Hermawan Soelias dan Kepala KPP Pratama Pekanbaru Tampan Sony Sujati di barisan depan.

Setelah kegiatan funwalk selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar serta penandatanganan yang dipimpin langsung oleh Kepala KPP Madya Pekanbaru dan KPP Pratama Pekanbaru Tampan. Acara dilanjutkan dengan pemusnahan segala bentuk tindakan KKN dengan peletusan balon yang dianalogikan sebagai KKN dan juga teaterikal pemberian hukuman kepada para koruptor. Dalam pelaksanaan peringatan Hari Antikorupsi Internasional ini, juga diadakan pembagian hadiah menarik. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh pegawai KPP Madya Pekanbaru dan KPP Pratama Pekanbaru Tampan.

Kepala KPP Madya PKU dan KPP PKU Tampan memimpin kegiatan funwalk
Teaterikal pengarakan koruptor sebagai bentuk penolakan terhadap tindakan KKN
Kepala KPP Madya Pekanbaru menandatangani Ikrar Antikorupsi
Pemecahan balon bersama sebagai lambang pemusnahan tindakan KKN
Foto bersama pegawai KPP Madya Pekanbaru dan KPP Pratama Pekanbaru Tampan