e-Filing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang
dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online, yang dapat diakses pada tautan berikut:

DJP Online



 

 

Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya, e-Filing di DJP Online menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa Loader e-SPT. Melalui Loader e-SPT ini, SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Untuk saat ini, SPT yang dapat diunggah pada Loader e-SPT DJP Online adalah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 dan Formulir 1770S, SPT Masa PPh Pasal 21/26, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2), SPT Tahunan PPh Badan Formulir 1771 dan SPT Masa PPN dan PPnBM.

Informasi lengkap pelaporan e-SPT melalui e-Filing dapat diperoleh pada tautan berikut ini:

e-SPT melalui e-Filing


 


Untuk informasi lengkap terkait tata cara pelaporan SPT melalui e-Filing ASP, dapat diperoleh di website masing-masing ASP tersebut. Adapun ASP yang telah ditunjuk Direktorat Jenderal Pajak adalah sebagai berikut:


Untuk informasi tambahan dalam menggunakan fasilitas E-Filing silakan unduh Leaflet Petunjuk Penggunaan E-Filing.

 


Iklan Layanan Masyarakat : e-Filing


 







Dengan e-Filing, penyampaian SPT Tahunan menjadi lebih Mudah, Cepat dan Aman