Penetapan Tempat Tertentu sebagai Tempat Penyampaian Surat Pernyataan Harta dalam Rangka Pengampunan Pajak

Dalam rangka lebih memberikan kemudahan kepada Wajib Pajak untuk mengikuti program Amnesti Pajak, telah diterbitkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 689/KMK.03/2016 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 656/KMK.03/2016 tentang Penetapan Tempat Tertentu sebagai Tempat Penyampaian Surat Pernyataan Harta dalam Rangka Pengampunan Pajak.

Dengan berlakunya aturan ini, Surat Pernyataan Harta dalam Rangka Pengampunan Pajak juga dapat disampaikan di lokasi-lokasi berikut:

No Tempat Tertentu
1

Kantor Pusat Bank Mandiri
Corporate Lounge Lobby Utara, Gedung Plaza Mandiri Jalan Jenderal Gatot Subroto Kavling 36-38, Jakarta

2

Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Sentra Layanan Prioritas
Jalan Jenderal Sudirman Kavling 44-46, Jakarta

3

Kantor Pusat Bank Negara Indonesia (BNI) Jakarta Pusat
Jalan Jenderal Sudirman Kavling 1, Jakarta

4

Kantor Bursa Efek Indonesia
Jalan Jenderal Sudirman Kavling 52-53 Jakarta


Khusus untuk Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) berlaku ketentuan Standard Operation Procedures (SOP) sebagai berikut:

  1. Wajib Pajak mengirimkan email pendaftaran dengan format:
    • NAMA<spasi>NOMOR KTP<spasi>NOMOR TELEPON<spasi>TANGGAL KEDATANGAN
    Lalu dikirimkan ke email: komunikasi@idx.co.id
  2. Wajib Pajak yang telah mengirimkan email pendaftaran akan menerima konfirmasi jadwal untuk tanggal kedatangan dari tim Komunikasi BEI
  3. Wajib Pajak dipersilahkan untuk datang pada tanggal yang telah dikonfirmasi tersedia. Pastikan sebelum datang ke kantor BEI, Surat Pernyataan Harta dan Dokumen Pendukung dalam rangka pengampunan pajak, sudah lengkap.
  4. Ketika sudah datang ke kantor BEI pada tanggal yang dijadwalkan, Wajib Pajak melakukan registrasi ulang di Meja Pendaftaran Penyampaian Dokumen Amnesti Pajak.
  5. Petugas dari Direktorat Jenderal Pajak akan mendampingi Wajib Pajak ke Fasilitas TA Viewer, untuk pengecekan softcopy dokumen Amnesti Pajak.
  6. setelah dilakukan pengecekan, dokumen Amnesti Pajak akan diterima oleh Petugas Penerima.
  7. Petugas Peneliti akan menganalisa dokumen Amnesti Pajak. Sementara itu, wajib Pajak dipersilahkan menunggu di ruang tunggu Wajib Pajak yang telah disediakan.
  8. Apabila ada informasi yang harus dikonfirmasi Petugas Peneliti, Wajib Pajak akan menerim panggilan ke ruang Peneliti.
  9. Apabila dokumen Amnesti pajak telah dinyatakan selesai oleh Petugas, Wajib Pajak akan menerima Tanda Terima Amnesti Pajak.
  10. Surat Keterangan akan diterbitkan maksimal 10 hari setelah tanda terima diserahkan kepada Wajib Pajak.
  11. Surat Keterangan akan dikirimkan ke alamat masing-masing Wajib Pajak.

Demikian informasi ini kami sampaikan.

 

Direktorat Jenderal Pajak