Tax Market Day, KPP Pontianak Gelar BDS Bagi UKM

Tax Market Day, KPP Pontianak Gelar BDS Bagi UKM

KPP Pratama Pontianak mengambil peran untuk ikut serta melakukan pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  melalui Business Development Services (BDS) di halaman KPP Pratama (Jumat, 8/12). Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah meningkatkan kinerja pengusaha UKM. UKM yang kuat tentu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka luas kesempatan kerja, menanggulangi kemiskinan, serta memperbaiki tujuan-tujuan sosial lainnya.


Pada umumnya, BDS meliputi pelatihan, jasa konsultasi dan saran, bantuan pemasaran, informasi pengembangan usaha, alih teknologi, manajemen pembukuan, dan laporan pajak, serta promosi jaringan usaha. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman KPP Pratama Pontianak mulai pukul 07.30 – 10.00 WIB menekankan pada fungsi pengembangan, khususnya pada pemberian informasi pengembangan usaha dan promosi jaringan usaha.


“Peningkatan kinerja UKM memerlukan banyak langkah, kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu langkah menuju keberhasilan UKM, utamanya UKM di Kota Pontianak. KPP Pratama Pontianak dan Ditjen Pajak secara luas memiliki komitmen untuk terus memberikan BDS yang berkelanjutan yang akan diberikan dalam beragam bentuk,” papar Kepala KPP Pratama Pontianak, Nurbaeti Munawaroh.


Mengusung tema Tax Market Day, sekitar 150 UKM di Kota Pontianak dengan beragam jenis usaha dipertemukan dengan 50 Satuan Kerja (Satker)  Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Pemerintah, dalam hal ini Pemkot Kota Pontianak sebagai pengelola keuangan daerah mempunyai peran yang sangat strategis, tidak hanya berfungsi sebagai pengembang UKM tetapi sekaligus juga sebagai salah satu pasar yang sangat potensial.


Belanja Pemerintah baik dalam bentuk belanja modal dan barang tentu dapat menggerakkan dan menggairahkan ekonomi. Melalui kegiatan ini, pengusaha UKM dapat mempromosikan produk maupun jasa yang mereka hasilkan, membangun jaringan, serta bertukar pengalaman dengan pelaku usaha lainnya. Di lihat dari sisi Pemerintah sebagai pengguna barang dan jasa, kegiatan ini dapat menambah referensi penyedia barang dan jasa yang tersedia di Kota Pontianak.


Memiliki usaha yang kuat dan berkembang, merupakan  impian dari semua pengusaha, tidak hanya pengusaha  UKM.  Berkaitan dengan itu, untuk  pemberian informasi pengembangan usaha, KPP Pratama Pontianak menghadirkan pembicara yang juga salah satu pelaku UKM yang telah sukses menjalankan bisnis kulinernya, Imanullah. Pemilik rumah makan Pegasus ini secara gamblang akan memberikan kiat-kiat  dan tips agar UKM bisa naik kelas dengan cepat dan dahsyat.