SDN 002 Tanjung Pinang Ikuti Kemenkeu Mengajar 2

KPP Tanjung Pinang dalam program Kemenkeu Mengajar 2

Dalam rangka memperingati Hari Oeang yang ke-71, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjungpinang turut serta dalam program Kementerian Keuangan Mengajar 2 yang diadakan di SD Negeri 002 Bukit Bestari, Tanjungpinang (Senin, 23/10). Kemenkeu Mengajar merupakan program dari Kementerian Keuangan sebagai sarana penebar inspirasi profesi kepada anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan pertama kali pada tanggal 24 Oktober 2016 yang diselenggarakan di 35 Sekolah Dasar yang tersebar di enam kota.

Seiring bertambahnya antusiasme relawan yang ingin berkontribusi pada tahun kedua pelaksanaan program ini, terdapat 51 kota yang menyelenggarakan KM 2 di seluruh Indonesia. Selama satu hari, para relawan menggantikan guru-guru di sekolah untuk mengajar, bukan tentang mata pelajaran yang biasa mereka terima setiap harinya melainkan memperkenalkan dan menceritakan tentang Kementerian Keuangan serta jenis-jenis profesi yang tercakup di dalamnya.

Anak-anak mendapatkan wawasan baru mengenai instansi pengelola keuangan negara dan juga mengenal berbagai macam profesi baru yang selama ini mungkin tidak pernah mereka ketahui. Metode pengajaran yang dilakukan juga berbeda dari biasanya sehingga mereka dapat mengikuti sekaligus bersenang-senang selama materi disampaikan oleh para relawan. Di kota Tanjungpinang, relawan yang ikut program ini datang dari berbagai macam daerah seperti Jakarta, Palembang, Tanjung Balai Karimun, dan Batam.

Selain Direktorat Jenderal Pajak (DJP), unit eselon I lainnya seperti Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga turut serta meramaikan kegiatan ini. Kolaborasi antar dua unit eselon I menghasilkan 16 relawan yang terdiri dari relawan panitia, relawan pengajar, dan juga relawan dokumentator. Acara dimulai saat upacara bendera berlangsung pukul 07.00 WIB. Seluruh murid, guru, dan relawan mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Cuaca mendung dan lapangan sekolah yang basah pun tidak mengurangi semangat para petugas upacara bendera melaksanakan perannya sampai akhir.

Setelah upacara bendera selesai, kepala sekolah memperkenalkan para relawan kepada siswa-siswi sekaligus menjelaskan tujuan kedatangan relawan Kemenkeu Mengajar 2. Suasana perkenalan semakin seru saat KOJIB, yang merupakan maskot DJP, hadir menceriakan suasana. Anak-anak terlihat antusias dan berebut untuk menyapa KOJIB. Setelah seluruh relawan selesai memperkenalkan diri, seluruh siswa memasuki kelas untuk memulai kegiatan mengajar. Pada sesi pertama mengajar, para relawan memberikan materi tentang Kementerian Keuangan. Murid-murid diperkenalkan instansi pengelola keuangan Indonesia yang dianalogikan sebagai bendahara pengumpul uang kas kelas.

Relawan pengajar yang bekerja di DJP menjelaskan tentang arti pajak, fungsi pajak bagi negara Indonesia, bagaimana para petugas pajak mengumpulkan pajak, efek jika pajak tidak dikumpulkan, serta hal lain dengan tujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini. Anak-anak di kelas diajak membayangkan apa jadinya Indonesia jika pelabuhan, bandara, jalan raya, jembatan, tidak dibangun di seluruh provinsi. Selain itu relawan juga menerangkan bahwa pajak dikumpulkan dan dikelola oleh negara untuk menyediakan sarana dan prasarana publik, membangun infrastruktur negara, dan meratakan kesejahteraan sosial rakyat Indonesia.

Selain relawan DJP, relawan pengajar dari DJBC juga mengenalkan profesi mereka salah satunya dengan atribut yang biasa mereka pakai yaitu rompi CUSTOMS kepada siswa. Ragam cara yang dipakai oleh para relawan untuk menyampaikan materi kepada anak-anak di kelas, ada yang mendongeng, mengajarkan lagu tentang Kementerian Keuangan, memutarkan video animasi tentang pajak, dan melakukan permainan. Cara-cara ini dipilih para relawan pengajar agar murid-murid tidak merasa bosan di kelas ketika menerima materi yang disampaikan.

Setelah istirahat, dilanjutkan dengan sesi kedua. Pada sesi ini, para relawan pengajar pindah kelas dari kelas sebelumnya. Tujuannya adalah agar anak-anak dapat diajar oleh para relawan dengan profesi berbeda dari relawan sebelumnya. Melalui program ini, murid-murid SDN 002 Bukit Bestari telah mengenal dua profesi yang ada di Kementerian Keuangan yaitu Petugas Pajak dan Petugas Bea dan Cukai.

Acara Kemenkeu Mengajar 2 diakhiri di lapangan sekolah dengan memberikan plakat ucapan terima kasih kepada pihak sekolah atas kesempatan yang diberikan kepada Kementerian Keuangan untuk mengajar. Di lapangan sekolah juga dilaksanakan foto bersama dengan guru-guru, relawan, dan murid-murid. Para siswa juga melakukan sesi cap tangan pada backdrop Kemenkeu Mengajar 2 sebagai bagian dari penutupan acara.