Pasukan Biru, Serbu KPP Pratama Jakarta Cengkareng

KPP Pratama Jakarta Cengkareng

Memasuki masa Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2016 yang dimulai dari tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan 31 Maret 2017, KPP Pratama Jakarta Cengkareng mulai dipenuhi oleh Wajib Pajak yang datang untuk mendapatkan layanan aktivasi Electronic Filing Identification Number (e-Fin), agar mereka dapat melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi-nya melalui sistem pelaporan via Online yakni e-Filing.

Sejak Rabu, 4 Januari 2017 KPP Pratama Jakarta Cengkareng diserbu rombongan karyawan dan karyawati berseragam biru dari PT. Sinta Pertiwi, salah satu perusahaan yang berlokasi di daerah Kapuk Kamal,  untuk melakukan aktivasi e-Fin.

PT Sinta Pertiwi meminta para pekerjanya untuk segera aktivasi e-Fin, agar mereka dapat memenuhi kewajiban perpajakannya yaitu melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang dilakukan setiap tahun. Sebagai pihak pemotong pajak penghasilan, hal ini merupakan salah satu tanggungjawab perusahaan untuk mengingatkan kepada para pekerja agar memenuhi kewajiban perpajakannya.

Sistem pelaporan e-Filing banyak diminati oleh Wajib Pajak untuk melaporkan SPT Tahunan mereka, karena e-Filing merupakan cara yang mudah, cepat, dan aman, serta Wajib Pajak dapat melakukan pelaporan kapan saja dan dimana saja, hanya membutuhkan media dengan akses internet tanpa perlu mengantri.

Untuk dapat menyampaikan SPT melalui Layanan Pajak Online, Wajib Pajak hanya membutuhkan tiga langkah, yaitu Aktivasi e-Fin di KPP/KP2KP yang lokasinya terdekat dengan Wajib Pajak, registrasi pada Layanan Pajak Online (http://djponline.pajak.go.id), dan terakhir buat dan kirim SPT melalui DJP Online.