Mobile Tax Unit Selong Kini Mudahkan Layanan Pajak

Mobile Tax Unit Selong Kini Mudahkan Layanan Pajak

Untuk lebih memudahkan Wjib Pajak (WP) dalam mendapatkan layanan perpajakan, KP2KP Selong telah membuka layanan Mobile Tax Unit (MTU) pertama kali di Selong (Kamis, 20/10). MTU merupakan program pelayanan perpajakan di luar lingkungan kantor, biasanya dilaksanakan di tempat yang umum dikunjungi oleh masyarakat, seperti tempat perbelanjaan, tempat wisata, atau kantor pemerintah.

KP2KP Selong berinisiatif untuk melaksanakan layanan MTU karena kegiatan ini dirasa akan sangat membantu WP atau masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya cukup jauh dari KP2KP Selong, sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan informasi perpajakan terbaru atau informasi lainnya.

Persiapan yang dilakukan dalam pelaksanaan MTU yaitu koordinasi dengan berbagai pihak seperti KPP Pratama Praya selaku induk dari KP2KP Selong, Inspektorat Daerah, kantor kecamatan untuk menyediakan tempat pelaksanaan MTU, dan desa-desa terkait pelayanan pajak yang akan diselenggarakan. Penyusunan jadwal MTU di tiap-tiap daerah, penyiapan materi, peralatan, dan anggaran serta pembentukan satuan tugas (satgas) MTU telah dilakukan dalam tahap persiapan. Sesuai jadwal, program ini dilaksanakan setiap hari Rabu, di kantor kecamatan yang berbeda setiap minggunya sesuai jadwal yang telah disusun.

Layanan MTU meliputi pembuatan NPWP Orang Pribadi Karyawan maupun non-Karyawan, pelaporan SPT Masa dan SPT Tahunan, penerbitan e-fin, dan pemberian konsultasi perpajakan serta pelayanan lainnya. Sejauh ini, MTU KP2KP Selong telah dilaksanakan di beberapa kantor kecamatan, seperti kecamatan Suralaga (20 September 2017), kecamatan Sukamulia (27 September 2017), kecamatan Sembalun (4 Oktober 2017), kecamatan Pringgabaya (11 Oktober 2017), kecamatan Sikur (18 Oktober 2017), kecamatan Keruak (25 Oktober 2017), dan kecamatan Suralaga (1 November 2017).

Selain memberikan layanan perpajakan, MTU mengemban tugas untuk melakukan penggalian potensi pajak, yaitu dengan menghimpun data dari tiap-tiap kantor kecamatan dan juga melalui pengamatan langsung potensi yang ada di sekitar lokasi tersebut. Data dan informasi yang diperoleh kemudian dikirim ke KPP Pratama Praya untuk ditindaklanjuti.

Layanan MTU KP2KP Selong mendapat respon positif dari masyarakat, terbukti dengan semakin banyaknya jumlah wajib pajak yang datang ke lokasi MTU. Kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak atas hasil kegiatan usahanya juga mulai tumbuh, termasuk penyetoran pajak oleh bendahara desa.

KP2KP Selong berharap bahwa ke depannya program ini dapat memberikan dampak yang positif dan signifikan bagi penerimaan negara serta meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya. KP2KP Selong berharap kegiatan MTU ini dapat menjadi inspirasi untuk KP2KP lainnya.