Masyarakat Galis Belajar Pajak dan Pengelolaan Keuangan Desa lainnya

Account Representative KPP Pratama Pamekasan memberikan materi penyuluhan DD ADD

Seluruh bendahara desa Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan berkumpul mengikuti sosialisasi terkait pengelolaan keuangan desa yang dilaksanakan di Yayasan Nurul Anwar, Desa Tobungan, Kecamatan Galis (Selasa, 10/10). Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan diundang untuk menjadi salah satu narasumber dalam acara yang diberi judul Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Se-Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan tersebut.

Selain KPP Pratama Pamekasan, dalam acara yang digagas oleh Inspektorat Kabupaten Pamekasan tersebut dihadirkan dua narasumber lain terkait pengelolaan dana desa yaitu Inspektorat Kabupaten Pamekasan sendiri selaku pengawas pelaksanaan pengelolaan keuangan desa dan Pendamping Desa sebagai tenaga ahli perencanaan kegiatan desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Plh. Kepala Inspektorat Kabupaten Pamekasan Nurrahmat Munir membuka acara pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya Nurrahmat mengharapkan adanya peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa baik itu Dana Desa (DD) ataupun Alokasi Dana Desa (ADD). Ditambahkan bahwa hal itu dapat dilakukan dengan kerja sama dari seluruh pihak yang terkait. Selain bendahara desa acara ini juga dihadiri oleh Camat Galis M. Farit, seluruh kepala desa, dan pemilik pondok pesantren di wilayah Kecamatan Galis.

Okki Prasetyo Priyambodo, Account Representative KPP Pratama Pamekasan, diberikan kesempatan paling akhir untuk memaparkan aspek perpajakan dari DD dan ADD. Para peserta terlihat sangat antusias menerima materi tentang perpajakan. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Sebagian besar menanyakan mengenai jenis pajak terkait dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

Acara ditutup tepat pada pukul 13.00 WIB. Saat penutupan Nurrahmat Munir menegaskan bahwa pengelolaan keuangan desa harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berharap tidak ada penyalahgunaan DD dan ADD terutama di Kecamatan Galis Pamekasan.(*)