KPP Pratama Bantaeng Gelorakan Semangat Antikorupsi

KPP Pratama Bantaeng melaksanakan kegiatan fun walk antikorupsi yang diselenggarakan di pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng (Jumat, 08/12).

 “Semangat anti korupsi harus dimulai dari diri sendiri, yakni dengan menjaga integritas. Nilai Saudara ditentukan oleh integritas. Kita berharap Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dapat menjadi institusi terbaik dan terbersih seperti yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam peringatan hari Internasional Anti Korupsi tahun 2017,” Demikian diungkapkan Agus Kuncara, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantaeng dalam acara tersebut.

Nilai-nilai antikorupsi memang selalu ditekankan kepada segenap pegawai DJP pada umumnya dan KPP Pratama Bantaeng pada khususnya. Hal ini tidak terlepas dari sejarah reformasi pajak pada tahun 2002, dimana DJP memulai reformasi pajak. Gerakan yang dikenal juga dengan modernisasi pajak ini, telah mengakarkan karakter integritas kepada pegawai DJP pada umumnya. Laksana kepompong yang mengubah dirinya menjadi kupu-kupu, reformasi pajak memberikan ruang  kepada pegawai-pegawai yang berjuang dalam kebaikan hingga perubahan besar pun terjadi. Gerakan antikorupsi ditabuh bak genderang yang tak berhenti berdendang.

Semangat itu juga selalu dijaga oleh segenap pegawai KPP Pratama Bantaeng. Hal ini salah satunya melalui penguatan mental antikorupsi melalui pesan pimpinan di berbagai kegiatan, misalnya kegiatan inspirasi pagi yang diikuti seluruh pegawai kecuali yang bertugas di  bagian pelayanan wajib pajak. Dalam kegiatan-kegiatan yang lain, pimpinan KPP Pratama Bantaeng selalu menekankan pegawainya untuk menjaga nilai-nilai integritas.

Berdasarkan hal tersebut, KPP Pratama Bantaeng berkeinginan agar masyarakat mengetahui dan ikut mendukung gerakan antikorupsi di DJP pada umumnya dan KPP Pratama Bantaeng pada khususnya. Salah satu momentumnya adalah pada perayaan Hari Anti Korupsi Internasional 2017, melalui gerakan funwalk antikorupsi. Kegiatan yang bertemakan “Cegah Korupsi, Mulai dari Diri Sendiri” ini, dilakukan dengan membagi-bagikan pin antikorupsi kepada masyarakat sembari mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi korupsi.

Dalam kegiatan tersebut dirangkai juga dengan pelepasan balon yang membawa banner antikorupsi. Pelepasan balon ke udara tersebut sebagai pemisalan semangat antikorupsi KPP Pratama Bantaeng yang selalu menggelora sehingga kelak KPP Pratama Bantaeng bisa menjadi bagian dari institusi yang terbersih dan terbaik seperti yang diharapkan bersama. (anz/*)