KPP PMA Lima Sosialiasikan PMK-213

Wajib Pajak KPP PMA Lima menghadiri sosialisasi PMK TP Doc

Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Lima (KPP PMA Lima) menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 213/PMK.03/2016 tentang Transfer Pricing Documentation (TP Doc) Selasa pagi, 14 Maret 2017 di Aula Cakti Budhi Bakti, Gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat Direktorat Jenderal pajak, Jakarta.

Dalam pembukaannya, Kepala Kanwil DJP Jakarta Khusus, Muhammad Haniv mengapresiasi kehadiran  394 Wajib Pajak dan mengungkapkan bahwa yang hadir di sini adalah Wajib Pajak terpilih yang menjadi sasaran prioritas sosialisasi PMK TP-Doc ini, yaitu Wajib Pajak yang sering melakukan transaksi afiliasi dan memiliki omzet di atas 50 milyar.

Sosialisasi diikuti oleh Wajib Pajak dengan antusias karena paparan komunikatif dibawakan oleh narasumber dari Direktorat Perpajakan Internasional yaitu Achmad Amin (Kasubdit Pencegahan dan Penanganan Sengketa Perpajakan Internasional) beserta Kepala Seksi Edi Sihar Tambunan. 

Amin menjelaskan bahwa TP Doc ini akan menjadi pedoman bagi Wajib Pajak yang melakukan transaksi afiliasi dan memberikan budaya baru untuk selalu mendokumentasikan mengapa Wajib Pajak menetapkan harga tertentu dalam bertransaksi dengan afiliasi. PMK TP Doc ini merupakan komitmen negara Indonesia untuk melaksanakan BEPS action 13 yang disepakati oleh negara-negara OECD dan G20.

Menutup acara, Kepala KPP PMA Lima, Ana Astuti Nugrahaningsih mengingatkan kembali kepada Wajib Pajak untuk menjalankan PMK TP Doc ini. Ana tak lupa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wajib Pajak KPP PMA Lima atas  kontribusi pembayaran pajaknya sebesar Rp15,681T, sehingga pencapaian penerimaan KPP PMA Lima menempati ranking pertama di Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus, tahun 2016.