KP2KP Toboali Semarakkan “Pajak Bertutur” di 3 Sekolah

SMK Yapentob Toboali, SMK Negeri 1 Toboali, dan SMA Negeri 2 Toboali menjadi 3 sekolah yang terpilih untuk dilakukan Pajak Bertutur oleh KP2KP Toboali, Jumat (11/08/2017). Kegiatan yang secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia ini dihadiri oleh sebanyak 100 siswa dan dilakukan di masing-masing sekolah yang terbagi atas 35 siswa di SMK Yapentob Toboali, 30 siswa di SMK Negeri 1 Toboali, dan 35 siswa di SMA Negeri 2 Toboali.

Kepala KP2KP Toboali Erwin Siahaan mengaku telah melakukan pendekatan dengan sekolah-sekolah tersebut sejak akhir bulan Juni. “Saya ingin agar informasi tentang pentingnya pajak ini tidak hanya tersebar di satu atau dua sekolah, dengan memanfaatkan momentum besar ini, kita akan mengadakan di 3 sekolah sekaligus. Kita akan minta bantuan dari KPP untuk dapat melancarkan kegiatan ini,” ungkap Erwin Siahaan.

Sebagai satu dari tiga sekolah yang melaksanakan Pajak Bertutur, Kepala Sekolah SMK Yapentob Toboali, Sunnaidi Solihin, dengan terbuka menerima kegiatan ini. Pria yang kagum terhadap Menteri Keuangan Sri Mulyani ini dengan antusias menyambut kegiatan Pajak Bertutur yang ditujukan bagi para peserta didik. Dalam sambutannya, ia mengajak para peserta didik agar sadar pajak dimulai dari sekarang. “Contoh paling dekat yang dapat kita rasakan adalah dana bos yang telah kita terima. Kita dapat bantuan dari pemerintah. Itu merupakan uang dari pajak”, jelas Sunnaidi. Mengawali pemberian materi Pajak Bertutur, peserta didik terlebih dahulu diajak bermain, mulai dari menari bersama sampai menyusun kalimat pengertian pajak. Hal ini dilakukan untuk memberi kesan positif kepada para peserta didik, bahwa pajak itu tidak menyeramkan. Terbukti, kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut dihiasi dengan canda tawa dan banyak peserta yang tidak sungkan untuk bertanya tentang pajak. (vs)